Solusi Layar HP Berkedip-Kedip Saat Digunakan

Layar HP berkedip-kedip

Palingit.com – Layar HP berkedip-kedip dapat mengganggu kenyamanan Anda ketika menggunakan ponsel. Penyebabnya pun macam-macam, namun, ada solusi mudah untuk mengatasinya. Solusi dari permasalahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan melakukan beberapa cara yang akan diulas, sebagai berikut.

Menggaransikan Ponsel

Rata-rata penyebab layar ponsel berkedip-kedip yaitu dari LCD. Dengan digaransikan, maka komponen layar ponsel yang mengalami kerusakan akan diganti.

Anda bisa memeriksa masa garansi ponsel. Jika masa garansi masih berlaku, maka bawa saja langsung menuju service center.  Kerusakan komponen ini tidak dapat dibetulkan dari segi software (lewat sistem), jadi, perlu diperbaiki fisiknya.

Menonaktifkan Kecerahan Layar Otomatis

Jika pengaturan yang satu ini diterapkan, maka brightness dapat berubah-ubah dengan otomatis, menyesuaikan waktu serta lokasi ponsel berada. Pencahayaan akan cerah ketika ponsel berada di luar ruangan, sementara, pencahayaan redup ketika ponsel berada di ruangan agak gelap.

Terkadang, layar ponsel kedip-kedip dapat diatasi melalui penonaktifan kecerahan layar otomatis. Untuk menonaktifkannya, Anda bisa mengunjungi setelan pada ponsel Android, lalu, pilih opsi tampilan. Jika Anda sudah menemukan menu kecerahan, silahkan nonaktifkan kecerahan otomatis.

Menonaktifkan Face Unlock

Salah satu penyebab layar HP berkedip-kedip yaitu bug dalam fitur face unlock ponsel. Untuk memastikan permasalahan layar kedip-kedip disebabkan face unlock, maka Anda dapat menonaktifkan sementara fitur face unlock. Jika ponsel mendukung fitur pengenalan wajah.

Caranya bisa dengan membuka setting pada ponsel, kemudian, menuju menu biometrik, lalu, memilih opsi pengenalan wajah. Anda akan menemukan pilihan yang membuat pengguna ponsel dapat menonaktifkan fitur face unlock.

Jika layar ponsel tidak berkedip lagi, setelah fitur face unlock dimatikan, maka seterusnya bisa diterapkan. Opsi lainnya, pengguna ponsel bisa mengupdate sistem, agar bug menghilang.

Menghentikan Pemakaian Ponsel yang Sudah Panas

Beberapa tipe ponsel, ada yang suhunya terasa hingga bagian layar, ketika panas. Tingginya suhu dapat menyebabkan kemunculan layar kedip-kedip. Umumnya, hal seperti ini dijumpai pada ponsel yang jangka penggunaannya menahun, sudah lebih dari satu maupun dua tahun.

Ponsel dengan jangka penggunaan menahun ini, keadaan komponennya pun telah mulai melemah. Jadi, hentikan penggunaan ponsel sementara, agar suhunya kembali stabil. Anda bisa mengikuti tips, seperti, mematikan ponsel menggunakan tombol power (bukan opsi power off) ketika ponsel terasa hangat.

Tips lainnya, jangan charge ponsel terlalu lama. Tidak jarang aktivitas yang satu ini mengakibatkan peningkatan suhu komponen. Pakailah charger original. Selain itu, coba mematikan (power off), kemudian, tunggu beberapa saat, ketika layar ponsel mulai berkedip di kala suhunya meningkat.

Diharapkan, tips-tips itu dapat mengurangi serta mengatasi layar perangkat Android yang suka kedip-kedip, ketika penyebabnya terkait masalah suhu.

Melakukan Reboot Ponsel

Cara yang satu ini bisa dikatakan praktis dan hampir semua orang bisa melakukannya. Faktanya, tidak sedikit permasalahan ponsel Android yang mendadak hilang, sesudah ponsel pintar di restart ulang.

Untuk melakukannya, tekanlah tombol power beberapa detik, kemudian, memilih reboot atau restart. Anda bisa membiarkan ponsel sampai kembali menyala dan lihatlah layar ponsel masih suka kedip-kedip atau tidak.

Mungkin Anda bisa mematikan ponsel, kemudian, mencabut baterainya dan diamkan beberapa menit. Hal ini dilakukan jika layar masih kedip-kedip.  Selanjutnya, memasang kembali baterai ponsel dan aktifkan ponsel dengan cara biasa.

Beberapa cara yang sudah dipaparkan bisa Anda coba sebagai solusi untuk mengatasi layar HP berkedip-kedip. Seperti yang diketahui, layar ponsel Android berkedip dan bergaris bisa disebabkan sistem operasi atau kerusakan fisik maupun komponen.

Exit mobile version