Error “The game installer freezes or crashes” saat menjalankan installer game

The game installer freezes

Pada saat sedang asik bermain game atau menjalankan tugas yang sudah deadline, tiba-tiba 10 menit kemudian mengalami the game installer freezes or crashes. Ini menjadi salah satu hal sangat mengesalkan. Tidak jarang juga pekerjaan tidaka akan tersimpan, ketika perihal tersebut terjadi.

Memang, ada beberapa penyebab dari the game installer freezes or crashes. Anda yang penasaran mengenai penyebab dan cara mengatasi perihal tersebut bisa simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Penyebab The game installer freezes or crashes

1. RAM atau Motherboard Bermasalah

Penyebab the game installer freezes or crashes pertama, yaitu terjadi masalah di RAM atau Motherboard. Biasanya, untuk masalah tersebut ditandai dengan keluar pesan “Fatal Exception Error”. Artinya, mungkin ada bagian Motherboard yang rusak, RAM kotor dan masih banyak lainnya lagi.

Untuk mencegah kerusakan di bagian komponen tersebut, Anda harus rutin membersihkan dengan hati-hati agar tidak terjadi kerusakan fisik. Jangan lupa juga membersihkan RAM dengan menggunakan penghapus karet di bagian kuningannya.

2. Driver Bermasalah

Software ini sangat penting dan fungsinya, yaitu untuk melakukan sinkronisasi hardware yang terhubung dengan sistem perangkat tersebut. Dengan begitu, perangkat bisa melakukan deteksi dan bisa berjalan dengan lancar.

Untuk setiap hardware pada umumnya mempunyai aplikasi driver dan masing-masing sudah di install secara default. Akan tetapi, tidak jarang juga terjadi masalah di bagian driver yang sudah diinstall.

Sehingga, dengan hal tersebut membuat masalah the game installer freezes or crashes. Untuk cara mengatasi permasalahan satu ini adalah pergi ke Driver Manager dan melakukan pengecekan apakah ada ikon tanda seru di bagian drivernya. Ketika ada tanda tersebut, maka bisa melakukan update terbaru. Bahkan, Anda juga bisa saja melakukan install ulang driver di perangkat yang sedang digunakan.

3. Harddisk Bermasalah

Selain dari komponen driver, hard disk yang bermasalah ini juga menjadi salah satu penyebab the game installer freezes or crashes. File atau data yang terkait dengan sistem, tentu saja akan tersimpan rapi di dalam hard disk.

Maka dari itu, ketika ada salah satu file tersebut error ini bisa memberikan pengaruh secara keseluruhan terhadap harddisk yang ditandai dengan sistem tidak responsif. Bahkan, bisa saja aplikasi tiba-tiba keluar sendiri atau loading semakin lama.

4. Overheat atau Kepanasan

Overheat atau kepanasan ini menjadi penyebab the game installer freezes or crashes yang juga tidak jarang terjadi. Pada saat menggunakan perangkat komputer atau laptop terlalu lama, maka suhu perangkat akan semakin naik dan menjadi salah satu penyebab overheat. Kalau tidak segera diatasi, maka bisa membuat sistem menjadi crashes.

Alasan lainnya, ketika terjadi overheat adalah kipas prosesor sudah rusak atau berdebu. Maka dari itu, Anda disarankan untuk membersihkan kipas prosesor perangkat dan ventilasinya agar tidak mudah cepat panas.

Dari sisi lain, ketika thermal paste CPU sudah mulai kering maka bisa mengoleskannya lagi. AKan tetapi, ketika tidak bisa dilakukan sendiri dan harus membawanya ke tempat service terpercaya.

5. Infeksi Malware

Virus tidak hanya saja menyerang manusia. Akan tetapi, perangkat komputer atau laptop ini juga ada virus yang membuat the game installer freezes or crashes. Virus atau malware ini akan menyerang dibagian belakang layar, seperti membuat duplikat file, mencoba akses internet dan masih banyak lainnya lagi.

Apabila dibiarkan semakin lama, maka bisa membuat perangkat tersebut menjadi lebih berat dan crashes. Sebaiknya, Anda pasangkan antivirus terbaik supaya terhindar dari serangan virus. Dengan hal tersebut, maka perangkat komputer atau laptop akan tetap aman. Lebih pentingnya lagi data tidak hilang.

6. Kesalahan Melakukan Registry

Setiap perangkat pastinya mempunyai sistem registry untuk melakukan pendaftaran di semua driver atau aplikasi. Maka dari itu, dengan adanya kesalahan atau muncul the game installer freezes or crashes ini bisa membuat blue screen.

Biasanya, kesalahan registry ini juga disebabkan karena sering melakukan install atau uninstall program. Kalau sudah terjadi, maka untuk jalan terbaiknya adalah melakukan restart atau install ulang.

7. Konflik Pada Komponen Software

Ada beberapa software yang ingin membutuhkan spek perangkat laptop tertentu. Ketika tidak terpenuhi, maka bisa menjadi salah satu penyebab crashes, meski sudah berhasil di install. Hal tersebut juga bisa saja terjadi, ketika instalasi tidak sempurna atau programnya tidak cocok digunakan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka harus melakukan install ulang program yang bermasalah tersebut. Kalau masih tetap gagal, maka bisa menghapus aplikasi tersebut dan digunakan kembali.

8. PSU Sedang Bermasalah

Penyebab the game installer freezes or crashes adalah komponen PSU bermasalah. Biasanya, masalah ini juga sering terjadi karena asupan daya listrik dari PSU tidak tercukupi. Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membeli SPU yang baru dengan daya lebih besar.

Memang, terkadang ada beberapa komponen yang membutuhkan daya listrik lebih banyak. Mulai dari CPU, VGA dan HDD. Apabila menggunakan banyak HDD, artinya untuk daya asupan yang dibutuhkan juga jauh lebih banyak daripada menggunakan 1 HDD saja.

Cara Mengatasi The Game Installer Freezes or Crashes

Terkadang ada kalanya juga aplikasi atau game yang digunakan secara tiba-tiba mengalami the game installer freezes or crashes. Perihal ini juga terjadi di smartphone.

Ada banyak sekali alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi dan sudah dijelaskan secara jelas diatas. Ada beberapa cara yang tepat untuk mengatasi the game installer freezes or crashes :

1. Melakukan Install Ulang Aplikasi atau Game

Menghapus dan memasang kembali game atau aplikasi ini menjadi solusi paling terbaik. Selain itu, game atau aplikasi ini juga terkadang tidak terpasang dengan benar atau terjadi error di dalam sistemnya. Maka dari itu, dengan hal tersebut membuat game atau aplikasi tidak bisa berjalan dengan stabil.

2. Melakukan Update Aplikasi

Seperti yang diketahui, ada kalanya ketidakstabilan di dalam aplikasi atau game ini memang berasal dari pengembangnya. Di dalam artian ada bug maupun struktur kode yang salah. Maka dari itu, bisa membuat aplikasi tersebut tidak stabil digunakan.

Ketika mengetahui perihal tersebut, maka pihak pengembang akan melakukan perbaikan struktur kode aplikasi dan merilis versi terbaru dari game atau aplikasi buatannya. Segera juga melakukan upgrade, ketika sudah tersedia. Di dalam hal ini juga meminimalisir terjadi the game installer freezes or crashes.

3. Menonaktifkan Aplikasi Sistem yang Menggunakan Banyak RAM

Alasan lain kenapa game atau aplikasi mengalami the game installer freezes or crashes, karena kapasitas RAM tidak dapat menampung semua aplikasi sedang berjalan. Karena, aplikasi tersebut tidak akan mendapatkan jatah RAM dan langsung mengalami crashes.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut caranya juga sangat mudah. Anda bisa mencari tahu aplikasi apa saja yang sedang berjalan di latar belakang menggunakan banyak RAM. Setelah itu, nonaktifkan aplikasi tersebut dengan menggunakan Link2SD.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi permasalahan the game installer freezes or crashes. Semoga bisa membantu.

Exit mobile version