Error “Insufficient disk space” meskipun masih ada ruang penyimpanan yang cukup

Insufficient disk space

Insufficient disk space menjadi masalah yang cukup mengganggu. Terlebih bila pengguna memastikan masih memiliki ruang penyimpanan yang cukup. Namun pesan eror tidak adanya ruang penyimpanan di disk terus muncul.

Tidak bisa dibantah, permasalahan pada ruang penyimpanan di perangkat memang paling mengesalkan. Bukan hanya di perangkat mobile seperti smartphone saja. Masalah mengenai ruang penyimpanan di komputer akan lebih menyebalkan lagi.

Permasalahan mengenai ruang penyimpanan ini bukan hanya mengesalkan bila Anda tidak memiliki kapasitas yang cukup. Namun ketika Anda memastikan masih memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang lega, namun pesan eror Insufficient disk space terus muncul.

Pesan eror ini membuat beberapa program tidak bisa berjalan. Anda juga kemungkinan besar tidak bisa menyimpan file baru di komputer.

Bila penasaran mengapa eror ini terus muncul, berikut ini merupakan penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Error Insufficient Disk Space

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya error Insufficient Disk Space pada komputer. Di bawah ini deretan penyebab terjadinya eror disk tidak memiliki kapasitas penyimpanan lagi.

1. Banyak File-file yang Tersimpan

Anda mungkin tidak menyadari, ada banyak sekali file tersimpan di komputer. File-file yang diunduh, pindahan dari perangkat lain, maupun backup file memakan ruang penyimpanan yang cukup besar di disk. Terlebih bila file-file tersebut memiliki ukuran yang sangat besar.

Banyaknya file-file yang tersimpan ini tentu saja membuat disk menjadi penuh. Meskipun Anda tidak menyadari adanya file ini, namun kapasitas ruang yang diambil justru cukup banyak.

2. Banyak Program yang Terinstal

Ketika berbicara mengenai ruang penyimpanan, sebagian besar orang mungkin hanya mengaggap mengenai file-file seperti foto dan video. Padahal file-file dari program yang terinstal juga memakan cukup banyak bagian di ruang penyimpanan.

Sehingga, semakin banyak program yang terinstal di komputer, akan semakin besar pula ruang penyimpanan di disk yang terpakai. Menariknya program yang terinstal ini bukan hanya mengisi ruang penyimpanan dengan file dari aplikasi saja. Melainkan juga banyak file-file konfigurasi lain.

Jadi jangan heran. Bila komputer Anda memiliki banyak sekali aplikasi dan program, maka ruang penyimpanan di disk pun akan lebih cepat penuh.

3. File Berukuran Besar

Anda mungkin merasa hanya menyimpan file dan aplikasi secukupnya saja di komputer. Namun tanpa disadari, file dan aplikasi ini memiliki ukuran yang besar. Bayangkan saja, satu video dengan kualitas HD 4K bisa memiliki ukuran hingga beberapa Giga Bytes. Belum lagi program-program dengan ukuran yang tidak kalah besar juga memilikiu file yang menghabiskan cukup banyak ruang penyimpanan.

Akumulasi dari file berukuran besar dalam jumlah banyak ini pastinya akan membuat disk terus saja penuh. Akibatnya penggunaan komputer menjadi terganggu karena seringnya muncul pesan eror penyimpanan yang sudah maksimal.

4. Sistem Operasi Berukuran Besar

Harus diakui, beberapa sistem operasi menghabiskan ruang penyimpanan yang cukup besar. Terlebih bila sistem operasi tersebut sering kali melakukan update. Akan semakin banyak file menumpuk di disk dan menghabiskan ruang penyimpanan.

Saat ini, sistem operasi yang dianggap memiliki ukuran paling besar adalah Windows 11. Sistem operasi seri terbaru dari Windows ini memiliki konfigurasi yang juga tidak kalah memakan cukup banyak kapasitas ruang di disk.

5. File Sementara atau Cache

Penyebab satu ini terjadi bila Anda terus menerima pesan eror “Insufficient disk space” tapi yakin masih ada ruang penyimpanan cukup. Ini bisa saja terjadi karena banyaknya file sementara atau cache di dalam penyimpanan.

File sementara memang dibutuhkan untuk hampir semua program aplikasi. Bahkan file seperti foto dan video akan memiliki cache tersendiri. Namun di sisi lain, banyaknya file sementara ini akan menyebabkan ruang penyimpanan penuh tanpa disadari.

Tips Mengatasi Insufficient Disk Space

Masalah “Insufficient disk space” memang mengesalkan. Bila sudah memahami penyebabnya di atas, berikut ini cara-cara untuk mengatasi permasalahan ini.

1. Hapus File yang Tidak Dibutuhkan

Cara pertama ketika Anda terus mendapatkan pesan eror bahwa ruang penyimpanan penuh adalah menghapus file yang tidak dibutuhkan.

Anda mungkin menyimpan banyak foto-foto maupun dokumen yang sudah tidak lagi diperlukan. Sekarang bukan waktunya untuk mempertahankan file tersebut. Langsung saja menghapus semua file yang tidak lagi diperlukan ini.

2. Backup File Ke Penyimpanan Eksternal

Namun bila Anda masih membutuhkan file-file tersebut dan tidak ingin menghapus, cara yang bisa dilakukan dengan melakukan backup. Namun jangan melakukan backup di komputer yang sama meskipun di disk berbeda!

Sebaliknya lakukan backup di penyimpanan eksternal. Anda bisa menggunakan harddisk eksternal demi keamanan file. Bisa juga Anda menggunakan penyimpanan tipe Cloud yang saat ini sudah semakin banyak digunakan pula.

Penyimpanan Cloud juga akan memberikan kapasitas yang tidak kalah besar. Meskipun untuk memaksimalkan kapasitas ruang di Cloud Anda mungkin harus berlangganan terlebih dulu.

3. Hapus File Sementara dan Cache

Cara berikutnya ini bisa dibilang merupakan langkah sementara. Terlebih bila Anda besikeras untuk tidak menghapus maupun menguninstal program dan aplikasi yang ada di komputer. Pasalnya nantinya, file sementara dan cache dari program serta file tersebut akan kembali memenuhi penyimpanan di disk.

Walau sementara, cara ini bisa dilakukan bila Anda masih memerlukan waktu untuk melakukan backup file. Maupun belum bisa memutuskan program dan aplikasi mana yang akan dihapus dari komputer. Menghapus cache dan file sementara akan membebaskan ruang penyimpanan dalam waktu singkat. Sehingga Anda akan bisa menjalankan program maupun mengunduh file-file baru.

Saat menghapus cache dan file sementara, pastikan juga menghapus semua hidden files yang ada. Seperti juga cache, hidden files menghabiskan ruang yang cukup besar di dalam penyimpanan. Meski seringnya tidak disadari oleh pengguna.

4. Gunakan Disk Cleaner

Untuk menghapus file sementara, cache, dan juga hidden files di disk tentu akan menghabiskan waktu yang cukup banyak. Untuk mempersingkat waktu, Anda bisa menggunakan aplikasi disk cleaner.

Seperti namanya, aplikasi ini bekerja dengan membersihkan disk di komputer. File-file yang tidak lagi digunakan, files sementara, cache, hingga hidden files akan terhapus. Anda bahkan juga bisa memilih untuk menghapus file berukuran besar dengan sangat mudah.

Cara menjalankan disk cleaner pun sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan pemindai di disk. Kemudian tunggu hingga aplikasi selesai bekerja. Disk cleaner akan memberikan pilihan file dan program apa saja yang ingin Anda hapus.

5. Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara satu ini merupakan solusi terbaik untuk permasalahan Insufficient disk space. Pastikan untuk menguninstall semua aplikasi yang tidak lagi digunakan. Terlebih bila program dan aplikasi tersebut berukuran besar. Anda juga bisa menghapus games yang tidak lain dimainkan di komputer.

Setelah uninstall semua aplikasi ini, jalankan kembali disk cleaner untuk memastikan semua cache dan hidden files dari aplikasi tersebut sudah terhapus.

Cara di atas akan membantu mengatasi masalah Insufficient disk space di komputer. Semoga solusi tersebut berguna untuk Anda!

Exit mobile version