Cara Mengatasi Error “Unable to write to disk” saat mencoba menginstal game

Unable to write to disk

Ketika mencoba menginstal game, sering kali pengguna menghadapi masalah yang mengganggu seperti “Unable to write to disk”. Kesalahan ini muncul ketika sistem tidak dapat menulis data yang diperlukan ke disk yang dituju. Akibatnya, proses instalasi game pun tidak bisa berjalan lancar.

Masalah Unable to write to disk cukup sering dialami oleh pengguna komputer. Meski nampaknya sederhana, namun pesan eror ini menandakan adanya kesalahan pada sistem. Sehingga pengguna tidak bisa menginstal program maupun aplikasi baru di komputer. Tentunya termasuk juga tidak bisa menginstal game.

Agar tidak bingung lagi ketika mendapatkan pesan eror ini saat sedang melakukan instalasi. Simak dulu penyebab dan juga cara mengatasi eror Unable to Write Disk ini.

Penyebab Umum Error “Unable to write to disk”

Error “Unable to write to disk” memang bukan hanya terjadi ketika sedang menginstal game. Kesalahan ini juga sering kali terjadi ketika hendak melakukan instalasi program maupun aplikasi di komputer.

Secara umum, kesalahan ini disebabkan karena tidak adanya ruang kosong di penyimpanan. Disk yang dituju untuk menginstal progrma dan game sudah melebihi kapasitas. Bisa diduga, masalah ini menyebabkan proses instalasi gagal.

Berikut ini merupakan uraian mengenai masalah eror Unable to Write Disk yang menyebabkan tidak bisa menginstal game.

1. Kapasitas Ruang Penyimpanan Terbatas

Seperti disebutkan di atas, kapasitas ruang penyimpanan menjadi penyebab utama mengapa disk tidak bisa menambahkan instalasi aplikasi maupun game. Bukan hanya karena kapasitas penyimpanan di disk tersebut yang sudah penuh. Bisa juga karena ukuran file program dan game yang akan diinstal melebihi kapasitas yang tersedia.

2. Tidak Ada Izin Akses

Tidak semua disk di komputer bisa diisi dengan aplikasi maupun game. Beberapa disk justru menutup akses untuk menghindari adanya file-file berisi virus maupun malware.

Selain pengaturan akses dari disk tersebut, tidak adanya izin akses juga bisa jadi karena Anda tidak menggunakan profil Administrator. Beberapa sistem komputer diatur hanya pengguna di akun Administrator saja yang bisa menginstal aplikasi dan game baru.

Sehingga bisa ditebak, bila Anda menggunakan profil di akun Guest, maka Anda akan mendapatkan pesan Unable to Write Disk ketika hendak menginstal game.

3. Disk Overdrive

Masalah satu ini tidak disadari bisa menjadi penyebab kegagalan ketika hendak menginstal sebuah aplikasi maupun game baru. Disk yang terlalu sibuk digunakan beberapa program sekaligus biasanya tidak akan bisa memasukkan file aplikasi baru.

Disk yang overdrive ini ditandai dengan kerja komputer yang lebih lambat. Akses ke beberapa program menjadi lebih lama dari biasanya. Selain itu tanda terakhir tentu saja kegagalan proses instalasi.

4. Kerusakan Disk

Pesan eror Unable to Write Disk juga muncul bila terdapat kerusakan pada disk. Baik itu kerusakan yang pengguna sadari maupun tidak. Disk yang mengalami kerusakan bukan hanya mengganggu kerja program yang berada di dalamnya. Melainkan juga menyebabkan kegagalan ketika proses instalasi game dan program baru.

Menariknya, penyebab kerusakan ini bukan hanya terjadi pada keseluruhan disk saja. Kerusakan pada sistem partisi di disk tersebut juga akan bisa menyebabkan kegagalan ketika proses instalasi sedang berjalan.

5. Diblokir Sistem Keamanan

Sistem keamanan komputer secara aktif memeriksa adanya file-file dan program bermasalah. Jadi bila Anda terus menerus gagal ketika hendak menginstal sebuah program, maka bisa saja penyebabnya karena program tersebut diblokir oleh sistem keamanan komputer.

Ada berbagai alasan mengapa sistem keamanan memblokir sebuah program. Sistem keamanan bisa saja membaca program tersebut bermasalah. Selain juga alasan lain seperti adanya virus hingga malware di game yang hendak diinstal.

Cara Atasi Error “Unable to write to disk” Saat Menginstal Game

Setelah memahami penyebab-penyebabnya di atas, berikut ini merupakan cara untuk mengatasi error “Unable to write to disk” saat menginstal game. Langkah-langkah berikut bisa dilakukan ketika Anda berkali-kali mengalami pesan eror yang sama setiap kali hendak melakukan proses instalasi.

1. Periksa Kapasitas Penyimpanan Disk

Salah satu penyebab mengapa gagal menginstal sebuah aplikasi dan game di disk adalah karena tidak adanya ruang di penyimpanan. Untuk itu, bila Anda mendapatkan pesan eror Unable Write to Disk, cara pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa kapasitas penyimpanan yang tersedia di disk.

Pastikan disk memiliki ruang penyimpanan yang lebih dari cukup untuk menginstal program dan game baru. Sebaiknya, kapasitas ruang penyimpanan lebih besar 25% dari besarnya file. Hal ini dilakukan demi memastikan tidak ada masalah pada proses instalasi. Terutama untuk menginstal semua file dari game tersebut.

2. Cek Izin Akses Disk

Penyebab kedua di daftar di atas adalah mengenai akses di disk. Seperti dijelaskan di atas, izin di disk bisa tertutup karena berbagai penyebab. Mulai dari pengaturan dari akses disk tersebut sendiri. Hingga karena penggunaan profil dan akun yang tidak mendapatkan izin ke akses disk tersebut.

Untuk mengatasi penyebab ini, Anda hanya perlu memastikan menginstal game di disk yang sudah memberikan akses. Biasanya disk C: di komputer tidak akan bisa diinstal dengan sembarang program aplikasi maupun game. Terlebih bila aplikasi dan program tersebut dari pihak ketiga.

Sedangkan bila penyebabnya karena Anda menggunakan Guest Profil, maka pastikan untuk masuk ke akun Administrator lebih dulu. Anda juga bisa memilih untuk menjalankan proses instalasi sebagai Administrator dengan opsi Run As Administrator.

Kedua cara di atas akan memastikan Anda mendapatkan izin akses ke disk untuk melakukan instalasi.

3. Jangan Membuka Banyak Program

Proses instalasi juga bisa menjadi gagal karena disk mengalami overdrive. Seperti dijelaskan dalam daftar di atas, penyebab disk overdrive salah satunya karena banyaknya program yang bekerja di satu waktu.

Untuk memastikan proses instalasi berlangsung lancar, pertama-tama pastikan sudah menutup semua program yang sedang berjalan. Terutama program yang berasal dari disk yang sama. Setelah menutup semua program tersebut, ulangi untuk menjalankan proses instalasi game sekali lagi.

4. Perbaiki Masalah Kerusakan Disk

Kerusakan disk sayangnya menjadi penyebab terbesar mengapa proses instalasi gagal. Dibandingkan dengan cara-cara di atas, Anda mungkin harus menjalankan langkah di bawah ini bila mendapatkan pesan eror “Unable to write to disk” saat sedang menginstal game.

Untuk memperbaiki kerusakan disk, pastikan untuk membuat backup lebih dulu. Salinan ini penting bila nantinya Anda harus melakukan perbaikan menyeluruh pada disk. Setelah itu periksa bila ada kerusakan fisik. Seperti misalnya saja bagian disk mengalami bengkok. Bahkan juga komputer mengalami kerusakan fisik lain.

Setelah itu, jalankan program Check Disk. Program di Windows OS ini akan memeriksa bila terdapat masalah pada disk dan juga semua partisinya. Anda bisa mengikuti perintah yang muncul di layar. Kemudian pilih disk yang bermaslalah.

Cara di atas bisa dilakukan untuk memastikan proses instalasi game berjalan tanpa masalah error Unable to write to disk.

Exit mobile version