Mudah! Intip Cara Menghemat Baterai HP Oppo Lengkap

cara menghemat baterai HP Oppo

Palingit.com – Siapa yang tidak kenal brand ponsel Oppo? Salah satu produsen smartphone yang menawarkan kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Apalagi ponsel ini sudah dilengkapi dengan dukungan Artificial Intelligence yang memungkinkan pengguna menghemat baterai. Selain itu, cara menghemat baterai HP Oppo ada beragam.

Sebenarnya fitur yang tersemat dalam ponsel Oppo bernama Power Saving Mode dan Super Power Saving Mode. Kedua fitur tersebut akan membantu menghemat ketika baterai dalam kondisi tertentu, seperti baterai krisis pada titik 20 % hingga 5%.

Tentunya dengan fitur tersebut membuat kamu harus melakukan beberapa cara menghemat baterai HP Oppo sebagai pelengkap. Dengan begitu, ponsel Oppo yang kamu miliki akan selalu dalam kondisi baik dengan baterai yang stabil.

Cara Menghemat Baterai HP Oppo

Seperti yang diulas sebelumnya, bahwa pada Oppo terdapat fitur penghemat baterai. Sehingga, baterai yang kamu miliki akan cenderung lebih tahan lama dan awet dalam pemakaian.

Berikut beberapa cara menghemat baterai pada ponsel Oppo yang bisa kamu lakukan.

1. Mengaktifkan Fitur Hemat Baterai

Cara pertama ini bisa kamu lakukan pada semua type Oppo, termasuk A53.  Fitur yang sudah hadir pada ponsel Oppo harus kamu manfaatkan dengan sangat baik, salah satunya memaksimalkan penggunaanya. 

Biasanya ketika fitur ini kamu aktifkan, maka penggunaan perangkatnya bisa menjadi lebih panjang hingga 1 jam lebih.  Cara menghemat baterai HP Oppo A53 melalui fitur hemat baterai tinggal masuk ke
mode hemat daya. Lanjutkan ke perangkat atau setting. Setelah itu lanjutkan dengan memilih menu baterai.

Pada menu tersebut, kamu akan menemukan berbagai macam indikator seperti pemakaian baterai dalam persentase, screen on time, dan waktu lama pemakaiannya. 

Barulah pada menu indicator itu kamu akan melihat mode hemat daya, kamu bisa mengaktifkan mode tersebut dengan cara menggeser hingga berubah menjadi hijau.

2. Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Cara menghemat baterai HP Oppo A5S atau tipe lainnya yaitu dengan memperhatikan menu bawaan bernama fitur Auto Brightness. Fitur tersebut berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar kamu. 

Walaupun fitur tersebut terdengar praktis, akan tetapi justru menghabiskan energi baterai yang lebih besar. Alasannya karena terjadi perubahan tingkat kecerahan secara terus menerus yang beradaptasi
dengan kondisi cahaya sekitarnya. 

Oleh sebab itu, guna membantu menghemat baterai ada baiknya kamu menonaktifkan fitur Auto Brightness tersebut. Kamu lanjutkan untuk mengatur sendiri tingkat kecerahan sesuai kebutuhan pengguna masing-masing. 

Sebagai contoh jika kamu berada pada kondisi lingkungan yang terang, maka tingkat kecerahan bisa kamu tingkatkan.

Sebaliknya, jika kamu berada pada kondisi lingkungan yang gelap kamu bisa mengatur kecerahannya menjadi lebih rendah. Dengan begitu, maka rasa nyaman saat mata melihat layar pun juga akan teratasi.

3. Jangan Lupa Batasi Widget

Tidak dapat kamu pungkiri bahwa penggunaan widget tampilan utama layar akan memberikan jalan pintas tercepat dalam pencarian widget. Namun, banyaknya widget pada layar utama akan membuat baterai ponsel kamu menjadi cepat habis.

Hal tersebut karena setiap widget secara otomatis akan melakukan pembaruan, sehingga akan menguras banyak penggunaan baterai. Oleh sebab itu, kamu bisa membatasi widget tersebut, pilihlah widget yang memiliki kepentingan utama dalam hidupmu.

4. Mematikan Fitur GPS

Cara menghemat baterai HP Oppo selanjutnya yaitu mematikan fitur GPS. Sadar atau tidak, banyak orang yang mengaktifkan fitur GPS tanpa ada kegunaannya. Hal itu justru membuat ponsel yang kamu miliki cenderung kehabisan baterai.

Lantaran ponsel terus melakukan pembaharuan lokasi tempat kamu berada saat itu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kamu mematikan fitur GPS jika tidak kamu butuhnya.

5. Pengoptimalan Baterai pada Jam Tidur

Ketika masuk waktu tidur, baterai ponsel sebenarnya bisa berkurang persenannya karena beberapa hal termasuk notifikasi. Munculnya notifikasi pada layar itulah yang akan membuat daya baterai terus
berkurang.

Akan tetapi, ada beberapa ponsel Oppo yang memberikan fitur meminimalkan konsumsi baterai. Fitur tersebut bisa kamu realiasikan pada cara menghemat baterai HP Oppo A16, cara mengaktifkannya
sebagai berikut :

6. Menggunakan Wallpaper dengan Warna Gelap

Cara menghemat baterai HP Oppo berikutnya yaitu menggunakan wallpaper dengan warna gelap, khususnya pengguna Oppo layar AMOLED atau OLED. Penggunaan wallpaper yang gelap cenderung membantu mengurangi konsumsi daya baterai pada ponsel.

Hal tersebut karena teknologi AMOLED hanya mengaktifkan piksel berwarna saja. Dan warna hitam akan dibuat mati total untuk bisa memberikan warna hitam sebenarnya. Hal itu berlaku pula pada fitur Always
On Display yang berdominasi warna hitam saat layar istirahat.

7. Menggunakan Pemberitahuan Layar Kunci

Cara menghemat baterai HP Oppo yang tidak bisa kamu lewatkan yaitu menggunakan pemberitahuan layar kunci. Cara ini menjadi efektif karena dalam sekilas kamu bisa melihat pemberitahuan yang masuk tanpa harus membuka keseluruhan layar atau aplikasi.

Apalagi ponsel Oppo dengan versi Android terbaru, sangat bisa memanfaatkan cara ini untuk membantu menghemat baterai tersebut. Dengan demikian, mengaktifkan pemberitahuan layar kunci bisa kamu
coba untuk mengefektifkan waktu pula.

8. Menonaktifkan WiFi Ketika Tidak Terhubung

Kebiasan buruk yang orang banyak lakukan yaitu selalu mengaktifkan WiFi, padahal tidak ada WiFi yang terhubung atau tersambung. Kenyataannya mengaktifkan WiFi secara terus-menerus membuat baterai
ponsel akan cepat habis.

Oleh sebab itu, kamu harus pandai-pandai dalam melakukan pengontrolan. Lihat dan cek secara berkala apakah tempat kamu terhubung dengan WiFi, jika tidak kamu bisa menonaktifkan sementara waktu untuk membantu hemat baterai.

9. Hindari Fitur Getar

Cara menghemat baterai HP Oppo selanjutnya yaitu hindari penggunaan fitur getar. Walaupun memang fitur getar sangat membantu ketika sedang sibuk kerja,nyatanya fitur tersebut justru membuat konsumsi baterai menjadi boros.

Lantaran getaran fitur itu terjadi karena motor elektrik yang membutuhkan sumber daya baterai saat pengoperasiannya. Maka, jika kamu diamkan dalam waktu yang lama kemungkinan besar akan menghabiskan sumber daya baterai pada ponsel tersebut.

10. Gunakan Mode Pesawat

Fitur yang selalu ada pada ponsel jenis apapun ini nyatanya mampu membantu kamu untuk hemat penggunaan baterai. Hal tersebut karena koneksi internet bisa menguras baterai ponsel secara terus menerus.

Sehingga, fitur mode pesawat bisa kamu jadikan sebagai alternatif solusi untuk sementara waktu, Misalnya ketika kamu sedang berkendara, ataupun pada kondisi tertentu seperti offline.

11. Menghindari Aplikasi yang Berjalan

Cara menghemat baterai HP Oppo terakhir yaitu menghindari adanya aplikasi yang terus berjalan. Artinya, kamu perlu menghilangkan beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan. Periksa secara berkala guna mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan, kemudian nonaktifkan jika memang tidak berfungsi.

Itulah beberapa cara menghemat baterai ponsel Oppo yang bisa kamu lakukan. Mulai dari mengaktifkan fitur penghemat baterai, menurunkan kecerahan ponsel hingga menonaktifkan beberapa aplikasi yang tidak memiliki fungsi pada ponsel.

Tentu cara menghemat baterai HP Oppo tersebut bisa kamu lakukan sekaligus ataupun beberapa saja. Semua tergantung pada kebutuhan masing-masing pengguna. Terpenting realisasikan cara yang bisa
kamu terapkan pada ponsel masing-masing.

Exit mobile version