Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Secara Mudah

cara mengembalikan foto terhapus

Palingit.com – Banyak orang yang mencari informasi bagaimana cara mengembalikan foto terhapus di HP karena berbagai faktor. Bisa karena tidak sengaja menghapusnya, atau handphone yang di install ulang. Bisa jadi foto tersebut dikembalikan karena memang menyimpan momen atau data yang penting.

Handphone memang sekarang ini menjadi barang yang banyak dipakai untuk mengabadikan momen-momen berharga dalam kehidupan. Akan tetapi, bisa saja anda tidak sengaja menghapus foto tersebut. Anda mungkin bingung dan panik karena tidak tahu bagaimana cara mengembalikannya.

Namun jangan khawatir, karena untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP sekarang ini mudah dilakukan. Ada beberapa langkah praktisnya yang akan menghemat biaya, karena tidak perlu untuk memakai aplikasi berbayar atau ke tukang servis handphone.

Cara Mengembalikan Foto Terhapus di Handphone Android Secara Mudah

Cara mengembalikan foto di handphone Android sebenarnya sangat mudah dilakukan, dan dapat mengikuti langkah-langkah seperti berikut:

Menggunakan Google Foto

Cara pertama mengembalikan foto yang terhapus dari perangkat yaitu menggunakan Google photo. Sebelumnya, harus terlebih dahulu mencadangkan foto yang terhapus dari perangkat tersebut ke Cloud atau server penyimpanan. Langkahnya sebagai berikut:

  1. Bukalah aplikasi Google photo.
  2. Tap tiga garis di kiri atas.
  3. Ketuk ikon tempat sampah.
  4. Klik foto yang hendak dipulihkan dengan menahan beberapa saat, sampai tanda centang timbul.
  5. Pilih opsi recovery atau pulihkan yang ada di sudut kanan atas.
  6. Tunggulah prosesnya selesai dan foto Anda sudah kembali ke galeri.

Memakai Aplikasi Untuk Mengembalikan Foto

Cara mengembalikan foto yang terhapus di HP juga bisa dilakukan melalui beberapa aplikasi. Berikut sejumlah aplikasi tersebut:

Deleted Photo Recovery

Aplikasi pertama yang bisa digunakan adalah deleted foto recovery. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 60 ribu kali. Kecepatan dan kemudahan yang ditawarkan, untuk mengembalikan foto terhapus bahkan yang tersembunyi dalam perangkat. Tidak memerlukan proses rooting maupun terhubung dengan PC dan laptop untuk mengembalikan foto yang terhapus.

Aplikasi Dumpster

Dumpster bisa membantu Anda mengembalikan foto yang terhapus secara permanen. Aplikasi ini akan bertindak seperti Cloud storage, yang secara otomatis menyimpan foto di handphone. Keamanan datanya juga terjamin. Untuk memakainya, anda hanya perlu mengecek folder bin. Selanjutnya, memulihkan foto yang terhapus dengan cara klik restore.

DiskDigger Photo Recovery

DiskDigger juga dapat menjadi langkah mengembalikan foto yang terhapus di HP. Cara kerjanya yaitu dengan merestore atau mengembalikan foto yang sudah terhapus di ponsel. Jika handphone sudah di-root, Anda dapat lebih leluasa menggunakan fitur di aplikasi.

DigDeep Image Recovery

DigDeep Image Recovery juga bisa menjadi cara mengembalikan foto yang terhapus di HP. Anda dapat melakukan restore baik itu di memori internal ataupun eksternal. Jadi, anda tidak usah bingung lagi jika tidak mengetahui langkah mengembalikan foto yang terhapus tersebut. Cukup melakukan proses scanning di aplikasi, dan berikutnya akan bisa menemukan foto yang terhapus itu.

Aplikasi Restore Image

Aplikasi Restore image dapat menjadi teknik mengembalikan foto yang terhapus dari android. Tidak berbeda signifikan dengan aplikasi yang lainnya, dengan restore image anda dapat mengembalikan foto yang terhapus baik itu secara sengaja maupun tidak.

Akhir Kata

Informasi tentang bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di HP sudah dijelaskan dan pastinya akan membantu anda untuk mengembalikan momen-momen penting tersebut. Jika memang dengan aplikasi diatas belum bisa dikembalikan, dapat mengulanginya. Atau agar lebih jelas, bisa melihat panduannya di YouTube terlebih dulu.

Exit mobile version