Cara Mengatasi Hp Bootloop Tanpa Menghapus Data, Mudah!

mengatasi HP bootloop

Palingit.com – Bagi Anda pengguna handphone Android pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah bootloop. Menariknya sekarang Anda bisa menggunakan cara mengatasi HP bootloop tanpa menghapus data, supaya mempermudah penggunaannya.

Bootloop sendiri merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna handphone Android. Pengertian bootloop sendiri dikenal sebagai suatu proses booting yang bisa terjadi hingga berulang kali.

Apa Yang Dimaksud HP Bootloop?

Apa yang dimaksud dengan HP bootloop? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa bootloop merupakan suatu masalah yang sering terjadi pada handphone Android. HP bootloop sendiri bisa ditandai dengan kegagalan masuk dalam sistem.

Ciri khas dari HP bootloop ini bisa ditandai dengan perangkat yang hanya menampilkan logo Android secara berulang-ulang. Secara umum terdapat empat penyebab utama HP mengalami bootloop.

Pengertian bootloop sendiri berasal dari bahasa Inggris boot dan loop, yang berarti suatu kondisi dimana perangkat ponsel bersiap untuk menyala sempurna. Penggunaan handphone dengan perawatan yang kurang bisa menjadi faktor HP mengalami bootloop.

4 Cara Mengatasi HP Bootloop Anti Gagal

Potensi terjadinya bootloop sangat mungkin terjadi kepada handphone, baik itu sistem Android maupun IOS. Cara mengatasi HP bootloop tanpa menghapus data sebenarnya mudah dilakukan. Bahkan Anda tidak perlu sampai ke service center hanya untuk memperbaiki HP bootloop.

Anda bisa mengatasi HP bootloop sendiri dirumah dengan catatan handphone yang mengalami bootloop tidak begitu parah. Akan tetapi sebelum mengenal jauh mengenai penanganan HP bootloop, sebaiknya Anda menyimak berbagai cara mengatasi HP bootloop melalui penjelasan berikut ini.

1. Hapus Aplikasi Mod

Tahukah Anda bahwa mengunduh aplikasi Mod ternyata bisa menyebabkan HP bootloop. Kebanyakan dari aplikasi Mod sering dilengkapi dengan fitur tertentu, sehingga bisa mengintai berbagai kegiatan dan privasi pengguna.

Oleh sebab itu Anda perlu berhati-hati serta memastikan handphone yang Anda gunakan sesuai jika ingin memasang aplikasi Mod.

2. Mengunduh Flashing Custom ROM

Cara mengatasi HP bootloop tanpa menghapus data selanjutnya dengan mengunduh flashing custom ROM. Custom ROM sendiri merupakan firmware berbasis operasi Android yang bisa memberikan berbagai manfaat.

Berbagai manfaat tersebut bisa Anda rasakan ketika mengunduh fitur-fitur canggih dalam flashing custom ROM. Namun Anda juga perlu berhati-hati karena paket custom ROM yang rusak bisa mengakibatkan HP bootloop setelah Anda mengunduhnya.

3. Restore System Backup

Salah satu penyebab HP mengalami bootloop adalah dengan pemulihan sistem backup. Maka dari itu Anda perlu melakukan restore system backup. Biasanya hal ini diakibatkan adanya dalvik cache yang sebelumnya belum terhapus secara sempurna.

Sehingga adanya penumpukan dari operasi sistem Android yang lama dengan sistem terbaru. Adanya penumpukan sistem Android dari yang lama dan baru tersebut bisa mengakibatkan HP mengalami bootloop.

4. Memperbaiki Pengaturan Permission Yang Salah

Faktor penyebab HP mengalami bootloop yang terakhir adalah pengaturan permission salah. Sehingga Anda perlu memperbaiki pengaturan permission yang salah sebagai cara mengatasi HP bootloop.

Jika Anda merupakan pengguna handphone Android, maka pengaturan permission yang salah perlu diwaspadai. Pasalnya sistem pengaturan Android akan bergantung kepada permission sistem yang benar.

Jadi sebaiknya Anda mengecek dan memperbaiki sistem permission supaya berjalan dengan benar. Biasanya sistem permission akan mempengaruhi kapasitas dari processor, atau cara mudah dalam mengatasi bootloop adalah dengan merestart HP.

Cara mengatasi HP bootloop tanpa menghapus data sebenarnya mudah dilakukan secara mandiri. Namun jika perangkat yang Anda miliki memang sudah rusak sehingga menyebabkan bootloop, sebaiknya bawa ke service center.

Exit mobile version