Manfaat Webcam dan Cara Menyambungkan Webcam ke Laptop

cara menyambungkan webcam ke laptop

Palingit.com – Work from home pernah menjadi opsi perusahaan saat pandemi Covid-19 melumpuhkan dunia. Pasca pandemi, banyak orang ketergantungan dengan laptop dan belajar untuk menguasai cara menyambungkan webcam ke laptop.

Webcam adalah penemuan teknologi yang sangat menarik karena dapat menghubungkanmu dengan berbagai orang di dunia secara visual. Media utama yang biasa digunakan webcam adalah komputer atau laptop.

Meeting atau belajar jarak jauh dahulu mungkin terasa mustahil namun semenjak teknologi webcam muncul semuanya terasa mudah. Kamu hanya perlu menyambungkan webcam dengan perangkat laptop.

Cara Menyambungkan Webcam ke Laptop

Apa yang dapat kamu lakukan untuk menyambungkan webcam ke laptop? Cara kerjanya cukup sederhana dan dapat kamu pelajari dengan cepat. Ikuti saja tutorial lengkapnya berikut ini:

1. Sambungkan USB Webcam ke Laptop

Dari ketiga jenis webcam yang ada, USB Webcam merupakan jenis yang paling umum dan populer di tanah air cocok sekali untuk para pemula. Langkah pertama, kamu cukup sambungkan USB webcam ke
laptop.

2. Instal Menggunakan CD Webcam

Setelah Webcam tersambung cara mengaktifkan webcam laptop Windows 7 selanjutnya adalah dengan menggunakan CD bawaan. Masukkan CD bawaan ke laptop dan tunggu selama beberapa saat hingga CD terbaca oleh sistem.

Bila secara kebetulan, laptop yang kamu gunakan tidak memiliki lubang CD atau memang tidak menyediakan CD Webcam-nya maka lewati tahapan ini. Yang perlu kamu lakukan hanya mencari salinan perangkat lunak Webcam yang diperlukan.

3. Ikuti Petunjuk Pemasangan

Proses pemasangan webcam akan langsung berjalan secara otomatis ketika program komputer menemukan perintahnya. Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk pemasangan yang muncul ke
layar.

Ikuti terus hingga masuk ke menu “Install.” Klik menu tersebut maka laptop akan melakukan proses instalasi sampai selesai.

4. Selesaikan Proses Penyambungan

Proses instalasi yang berjalan dengan lancar akan selesai tanpa masalah. Program webcam yang sudah berhasil kamu install dapat langsung digunakan untuk berbagai kegiatan baik yang sifatnya formal maupun santai.

Cara Setting Webcam  Laptop

Setelah berhasil dengan proses instalasi di atas dan laptopmu sudah tersambung dengan webcam maka lanjutkan dengan mempelajari cara setting-nya. Ikuti berbagai perintah berikut ini.

1. Buka Software Webcam

Belajar cara menggunakan webcam di laptop sangatlah membantumu terutama untuk mempermudah pekerjaan jarak jauh. Lantas, tahukah kamu bagaimana cara mengatur webcam yang baik dan benar?

Sebagai tahapan awal, kamu harus membuka software webcam terlebih dahulu. Program bisa kamu temukan dengan klik “Search” pada kolom pencarian.

2. Pasang Perangkat Webcam

Kedua, tempatkan webcam pada posisi terbaik. Beberapa webcam berkualitas terbaik memiliki klip di bagian bawahnya sehingga dapat kamu pasang pada bagian atas monitor komputer.

Namun karena lapisan atas laptop sangat tipis dan rentan, maka kamu bisa menampilkan webcam pada meja kerja atau tempat strategis lainnya. Pastikan kamera webcam bisa menangkap gambarmu dengan
jernih dan jelas.

3. Atur Perangkat sesuai Kebutuhan

Tutorial setting webcam sama mudahnya dengan cara menyambungkan webcam ke laptop. Pada tahapan berikutnya, kamu cukup atur perangkat webcam sesuai kebutuhanmu.

Kamu dapat mengatur arah kamera agar dapat membidik gambar pada bagian wajah saja atau secara keseluruhan. Atur perangkat sebaik mungkin hingga tampilan visualnya sesuai dengan seleramu.

4. Uji Audio Webcam

Setelah mengatur arah kamera hingga menemukan posisi terbaik selanjutnya kamu dapat menguji kualitas audio webcam. Ini penting guna memastikan suara yang kamu keluarkan dapat didengar jelas
dengan siapa pun yang terhubung.

Berlaku juga kebalikannya. Bagaimana pun juga fungsi utama webcam adalah media yang menangkap gambar berikut suara. Bila suaranya kurang keras, kamu bisa mengaturnya kembali sebelum digunakan.

4 Manfaat Menggunakan Webcam Eksternal

Kamu mungkin sudah menguasai bagaimana cara menggunakan webcam laptop Windows 10 tapi tahukah kamu apa saja manfaat dari perangkat tersebut?

1. Memungkinkan Perusahaan Melakukan Video Conferencing

Video conferencing atau meeting tidak harus perusahaan lakukan secara formal di dalam kantor. Lokasinya bisa berubah sesuai kebutuhan mulai dari rumah, restoran, hotel dan sebagainya.

Teknologi yang memungkinkan hal tersebut adalah webcam laptop. Dengan menghubungkan webcam ke laptop, kamu tetap bisa melakukan video conferencing atau meeting bersama klien.

2. Pembelajaran Jarak Jauh

Cara menyambungkan webcam ke laptop untuk anak sekolah sama saja dengan pekerja kantoran.
Kamu cukup mengikuti tutorial yang telah dijelaskan secara singkat pada pembahasan sebelumnya.

Bagi siswa atau mahasiswa, teknologi webcam membantu mereka untuk dapat melakukan pembelajaran jarak jauh. Misalnya les atau kerja kelompok yang area jangkauan antara satu dan lainnya tidak berdekatan.

3. Komunikasi dengan Keluarga yang Jauh

Webcam tidak melulu kamu gunakan untuk kepentingan bisnis atau formal saja tapi juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi. Seperti berkomunikasi secara rutin dengan anggota keluarga
yang jauh dari rumah.

Webcam juga bisa tetap menghubungkan kamu dengan sahabat, teman dekat atau rekan kerja. Hubungan jarak jauh tidak lagi terasa hampa dan kosong karena kamu masih bisa terhubung dengan mudah.

4. Kamera Pengawas

Dalam beberapa kasus, webcam juga sering dimanfaatkan sebagai kamera pengawas. Webcam yang canggih telah dipasangi program yang memungkinkanmu memperoleh email pemberitahuan saat mendeteksi sesuatu yang mencurigakan.

Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam Laptop

Sebagai pengguna webcam, tahukah kamu apa saja aplikasi webcam laptop yang bagus dan berkualitas? Berikut ini beberapa contoh aplikasi yang memungkinkanmu menggunakan kamera HP sebagai webcam laptop.

1. Camo

Apakah perangkat elektronik yang kamu gunakan adalah iPad atau iPhone? Aplikasi yang paling cocok untuk webcam dengan perangkat tersebut adalah Camo. Aplikasinya dapat kamu untuk di App Store.

Unduh aplikasi Camo dan lakukan pemasangan. Beri izin agar aplikasi tersebut dapat mengakses kamera dan microphone. Selanjutnya, hubungkan iPhone milikmu ke laptop memakai kabel USB dan proses pemasangan webcam pun selesai.

2. Droidcam

Merupakan aplikasi webcam yang paling direkomendasikan untuk para pengguna HP Android. Droidcam dapat kamu install secara gratis pada Google Play Store.

Sama seperti sebelumnya, kamu cukup unduh aplikasi pada ponsel Android kemudian hubungkan HP Android dan laptop dengan perangkat WiFi yang sama. Usai memasang mode WiFi lakukan start dan cara pemasangannya pun selesai.

3. iVCam

Rekomendasi aplikasi terakhir adalah iVCam yang cocok untuk HP iPhone maupun Android. Cara kerja iVCam sama seperti Droidcam dengan mengandalkan jaringan WiFi.

Dari ketiga aplikasi yang telah disebutkan tersebut, mana yang sekiranya cocok dengan kebutuhanmu?

Penutup

Ternyata, ada banyak sekali hal menarik yang bisa kamu pelajari tentang webcam. Mulai dari memahami apa saja manfaat webcam bagi laptop hingga mempelajari cara setting webcam.

Berkat informasi di atas kamu juga bisa belajar cara menyambungkan webcam ke laptop. Karena cara inilah yang paling kamu butuhkan terutama saat menggunakan webcam dan laptop menjadi kegiatan harian yang tak bisa kamu hindarkan.

Exit mobile version