Layanan Google Play Telah Berhenti, Begini Cara Mengatasinya!

Layanan Google Play telah berhenti

Palingit.com – Pernah mendapat notifikasi “Layanan Google Play telah berhenti”? Jangan khawatir, ini memang menjadi permasalahan yang sering terjadi. Biasanya, kondisi HP yang kepenuhan memori ataupun error pada aplikasi menjadi penyebab utama layanan Google Play terhenti.

Gejala awalnya, biasanya layanan Google Play akan lemot, kemudian mengalami perlambatan, dan seketika terhenti. Namun sebelum mencari soluasi mengapa layanan Google Play berhenti terus, alangkah baiknya kamu mengenali apa saja penyebabnya.

Penyebab Layanan Google Play Berhenti

Google Play adalah layanan yang tersedia dalam bentuk toko khusus untuk mengunduh game, lagu, film, buku di HP Android. Bentuknya adalah semacam aplikasi dan sudah digunakan oleh milyaran orang di seluruh dunia. Fungsi Google Play dalam HP Android adalah sebagai toko resmi yang dikembangkan oleh Google.

Sehingga apabila kamu mengunduh atau mengakses aplikasi yang ada di Google Play, tidak perlu merasa khawatir akan keamanan datamu. Dengan kemudahan seperti itu, Google Play kini menjadi sistem yang sangat penting dalam HP. Khususnya HP Android.

Akan tetapi kendala yang paling sering dialami oleh pengguna Google Play adalah berhentinya layanan saat digunakan. Hal ini sangat menjengkelkan, karena tentu saja proses pengunduhan aplikasi yang sedang kamu lakukan akan tersendat.

Berikut beberapa penyebab Google Play yang kamu gunakan berhenti:

1. Pengaturan Tanggal dan Waktu Tidak Sesuai

Penyebab pertama yang mungkin terjadi adalah kamu tidak menggunakan pengaturan waktu yang sesuai. Bisa jadi kamu lupa mengatur tanggal dan waktu secara otomatis. Untuk itu, lakukan pengubahan peraturan dalam perangkat menjadi otomatis.

2. Koneksi Internet Bermasalah

Faktor lain yang bisa menyebabkan layanan Google Play terganggu adalah koneksi internet yang bermasalah. Mungkin saja terdapat gangguan sinyal ataupun jaringan yang menghubungkan perangkatmu. Ada baiknya cek dulu jaringan internetmu, sebelum mengakses layanan Google Play.

3. Terdapat Crash pada Google Play

Adanya crash dalam sistem Google Play juga mungkin terjadi. Hal ini disebabkan oleh memori yang penuh, kapasitas memori yang sudah usang, atau chipset yang memang sudah lama.

Nah, beberapa faktor di atas bisa menjadi penyebab utama mengapa Google Play yang kamu gunakan menutup secara tiba-tiba. Kamu harus menemukan salah satu faktor di antara penyebab-penyebab tersebut untuk mengatasi layanan Google Play yang selalu menutup mendadak.

Cara Mengatasi HP yang Layanan Google Play Terhenti

Mengingat pentingnya Google Play ini pada perangkat Androidmu, maka menjaga kestabilannya sangat penting. Apabila layanan Google Play berhenti selalu muncul, kamu bisa menggunakan 4 cara ini.

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Penyebab paling sering saat aplikasi Google Play tidak bisa digunakan adalah karena layanan internet yang tidak stabil. Maka, kamu harus terlebih dahulu memastikan semua layanan internet, baik yang tersambung melalui Wifi ataupun data seluler, dalam kondisi yang stabil.

Untuk mengeceknya, kamu bisa membuka laman Chrome, lalu mengetikkan sesuatu pada halaman pencarian. Apabila kata tersebut muncul, berarti jaringan internet kamu dalam keadaan yang stabil. Akan tetapi, bila terjadi sebaliknya, berarti layanan internet kamu sedang dalam gangguan.

Carilah koneksi internet yang berasal dari sumber yang lain. Bisa dengan mengganti Wifi, data seluler, ataupun mencari lokasi sinyal yang lebih kuat.

2. Buka Ulang Aplikasi Google Play

Jika aplikasi Google Play menutup sendiri dan kondisi internet kamu dalam keadaan yang stabil, maka bisa jadi ada masalah dalam Google Play.

Apabila itu terjadi, kamu bisa menutup Google Play sebentar, kemudian membukanya kembali untuk mendapatkan hasil yang lebih lancar.

3. Restart Google Play

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan restart Google Play untuk menyegarkan layanan.

Caranya cukup sederhana.

4. Restart Ulang HP

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah restart HP. Tujuannya adalah untuk menyegarkan semua aplikasi yang ada di HP. Selain untuk menyegarkan, tujuan lain restart HP adalah membersihkan cache yang berasal dari aplikasi maupun ponsel itu sendiri.

Caranya cukup sederhana:

Bagaimana Menjaga Layanan Google Play agar Tidak Bermasalah Lagi?

 

Setelah kamu melakukan perbaikan terhadap layanan Google Play yang tertutup, ada baiknya kamu membuat strategi ke depannya. Agar tidak terjadi kembali hal yang sama, kamu bisa menjaga layanan Google Play menggunakan beberapa tips berikut.

1. Jaga Memori HP Tetap Stabil

Untuk menjaga layanan Google Play tidak bermasalah, kamu bisa membersihkan sampah-sampah yang menumpuk pada memori HP secara berkala. Sediakan ruang yang cukup untuk Google Play, agar layanannya tetap bekerja secara maksimal.

Apabila kamu mengunduh beberapa aplikasi, maka sesuaikanlah antara aplikasi yang kamu unduh dengan memori HP yang terpasang. Usahakan semuanya mendapat ruang yang cukup agar dapat berjalan normal.

Selain itu, jika kamu rasa memori HP yang ada pada perangkat spesifikasinya kurang, bisa kamu ganti dengan spesifikasi memori yang lebih tinggi.

2. Rajin Menghapus Cache yang Menumpuk di HP

Untuk mengatasi penumpukan sampah pada HP, kamu harus menghapus cache yang menumpuk.

Caranya cukup sederhana:

Lakukan langkah tersebut secara berkala untuk mencegah Google Play berhenti secara tiba-tiba.

3. Lakukan Update Aplikasi Google Play

Penyebab lain Google Play yang tidak berjalan secara normal adalah tidak terkoneksinya Google Play dengan perangkat yang digunakan. Maka usahakanlah selalu update aplikasi Google Play.

Google Play yang sudah di-update, akan lebih leluasa kamu gunakan dengan fitur yang lebih canggih. Sehingga kendala seperti layanan berhenti secara tiba-tiba, menghilangnya data, ataupun kendala lainnya, dapat teratasi dengan pembaruan aplikasi.

Selain dapat mengatasi kendala aplikasi, pembaruan layanan Google Play juga memungkinkan kamu untuk mengakses lebih banyak fitur yang menarik.

Biasanya dari pihak pengelola layanan, menyediakan pembaruan fitur yang bisa kamu gunakan untuk kenyamananmu berselancar di aplikasi Google Play. Maka, usahakanlah kamu selalu melakukan update aplikasi.

Itulah beberapa cara mengatasi HP yang layanan Google Play terhenti yang bisa kamu coba jika sewaktu-waktu jika ada kendala saat mengunduh. Selain itu, kamu juga perlu mengecek ponselmu untuk mengukur turun naiknya performa yang ada dalamnya.

Nah, sekarang kamu tidak akan khawatir lagi jika layanan Google Play telah berhenti, cukup gunakan 4 cara tersebut dan kamu akan dapatkan solusinya.

 

Exit mobile version