Sering Susah Sinyal? Ini Cara Mengatasi HP Susah Sinyal [100% Ampuh!]

HP Susah Sinyal

Palingit.com – HP Susah Sinyal – Seluruh provider di Indonesia sudah tentu akan memberikan fasilitas layanan terbaik untuk para konsumennya, tidak lain di antaranya ialah kualitas jaringan stabil.

Namun sayangnya, seringkali sinyal hp mendadak hilang meskipun sebelumnya baik-baik saja. Terlebih jika sedang bermain game atau tengah mengunduh film, tentu sakit rasanya seperti di-ghosting seseorang. Wkwk.

Masalah sinyal hilang bisa dibilang hal sepele, tetapi kenyataannya merepotkan juga. Apabila sinyal hp mendadak lemah atau bahkan hilang, secara otomatis semua koneksi tak dapat berjalan semestinya. Entah untuk telepon maupun internet.

Nah, di artikel ini bakal menjelaskan cara mengatasi hp susah menangkap sinyal. Namun sebelum itu, alangkah baiknya kita mengenal dulu apa saja faktor penyebab hp susah sinyal. Simak artikel ini lebih lanjut ya!

Faktor Penyebab HP Susah Menangkap Sinyal

Sebagai gambaran sebelum memasuki trik mengatasi hp susah sinyal, berikut ini beberapa biang keladi HP sering sulit menerima sinyal.

Faktor Cuaca Ekstrem

Sering terjadi sinyal hilang timbul pada HP? Coba cek dahulu apakah cuaca di daerahmu tengah panas terik atau terlalu dingin karena hujan. Tentu kalian tahu sendiri, cuaca tidak mendukung dapat menghambat penerimaan sinyal pada smartphone.

Provider Internet dalam Perbaikan

Ketidaksempurnaan tentunya selalu ada selagi kita masih di dunia ini. Tidak lain di antaranya sinyal provider, kemungkinan butuh pemeliharaan dengan sedikit memadamkan atau memperbaiki BTS Tower di sana. Jadi, tidak usah mengeluh jika secara mendadak sinyal hp hilang, bisa jadi memang sedang dalam pembenahan.

Masalah pada HP

Sistem yang dibekali dalam smartphone juga bisa saja mengalami kerusakan. Mari diingat kembali apakah HP kesayanganmu pernah terkena air bahkan terjatuh? Apabila iya, tidak menutup kemungkinan IC Sinyal di HP mengalami ketidaknormalan. Cobalah untuk membenahinya ke gerai service center terdekat.

Cara Ampuh Mengatasi HP Susah Sinyal

Setelah memahami faktor penyebab hp susah sinyal, dilanjut dengan cara ampun memperbaikinya. Menguatkan hp yang sulit menjangkau sinyal, bukan hal tidak mungkin kita dapat mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi hp sulit menerima sinyal.

Cek Posisi SIM Card

Pertama, coba pastikan dulu posisi SIM Card benar-benar tepat. Karena ini bisa saja kamu terburu-buru menempatkan Kartu SIM ke slot HP sehingga penerimaan sinyal pun tidak stabil.

Selain itu, perhatikan juga lempengan emas (chip) pada SIM Card yang dipakai apakah terdapat kekotoran atau tidak. Jika iya, bersihkan menggunakan kain lembut kemudian masukkan kembali ke slot HP.

Atur Default Pengaturan Kartu SIM

Apabila kamu sering utak-atik pengaturan di HP, terutama bagian SIM Card. Maka bisa jadi ini yang membuat hilangnya sinyal HP.

Silakan lihat di pengaturan dan coba atur semula setelan kartu SIM HP Anda. Atau dapat mencoba ubah jaringan ke 2G/3G terlebih dahulu apabila sinyal 4G tidak stabil sama sekali. Karena ini mungkin jaringan 4G di daerah kamu sedang mengalami perbaikan.

Ganti Provider yang Lebih Optimal

Semua provider seperti Telkomsel, XL, Indosat, Axis, 3, dan Smartfren bisa saja mengalami masalah susah sinyal. Oleh karena itu, pastikan dulu apakah provider kamu pakai sedang gangguan atau tidak.

Meskipun sangat jarang terjadi, sinyal dari provider mungkin saja terdapat permasalahan entah karena faktor cuaca ataupun memang dalam perbaikan. Yang pasti, tunggu sampai provider dipakai normal kembali atau gunakanlah provider lain sementara waktu.

Bug Perangkat Lunak Sistem HP

Jika kamu baru saja membeli HP rilisan terbaru maka tidak ada yang tak mungkin terjadi kesalahan sistem (bug), salah satunya penyebab lemah/hilangnya sinyal HP.

Bug seperti ini sering kita temui di forum-forum seri HP tertentu di Facebook. Untuk masalah ini kamu hanya perlu menunggu informasi pembaruan dari pihak HP yang digunakan.

Namun apabila banyak user menyarankan untuk downgrade sistem patch ke yang sebelumnya (jika ada), maka lakukanlah sembari menunggu update terbaru dari officialnya langsung.

Reset Pabrik HP

Merasa sistem HP sudah diperbarui tapi bug sinyal masih belum hilang? Berarti update tersebut belum bisa mengatasi bug sebelum HP direset ulang.

Terkadang bug seperti ini, sangat disarankan untuk me-reset HP ke pengaturan pabrik. Dengan demikian, HP akan kembali ke awal semula. Namun sebelum itu pastikan data-data penting sudah dibackup ke Kartu SD. Berikut langkah mereset HP:

  1. Masuk ke Setelan HP.
  2. Pergi ke Backup and Reset. Jika tidak ada, cari dengan kata kunci “Reset”.
  3. Pilih “Reset ke Pengaturan Pabrik“.

Cek IMEI HP

IMEI menjadi salah satu bagian terpenting di semua jenis HP sebab ini merupakan identitas nomor resmi yang dimiliki HP. Ibaratnya, IMEI adalah KTP khusus bagi smartphone.

Sinyal hilang tentu juga berhubungan erat dengan IMEI. Ketika HP tidak mempunyai identitas nomor khusus, maka HP tidak akan bisa membaca Kartu SIM. Dan ini akan menghambat penerimaan sinyal. Karena itu, coba lihat dulu apakah IMEI di HP kamu ada atau tidak. Di bawah ini terdapat cara mengeceknya:

Nah, apabila semua cara telah dilakukan tetapi bertuliskan “IMEI Tidak Valid“, maka dapat disimpulkan bahwa faktor penyebabnya adalah:

  1. Sistem perangkat lunak rusak (bug), sehingga HP perlu di-flash ulang ke konter terdekat atau bisa juga kamu lakukan sendiri secara teliti dan hati-hati.
  2. Terjadi kesalahan pada hardware HP, misalnya karena bagian dalam HP sudah usang atau pernah air hingga bagian IMEI menjadi error.
  3. HP yang dibeli bukan HP resmi. Pemerintah Indonesia juga menyarankan untuk tidak membeli HP non-resmi, terlebih lagi aturan IMEI yang berlaku sejak tahun lalu membuat nasib Ponsel BM (blackmarket/ilegal) diblokir sepenuhnya.

Akan tetapi, jika kamu tetap bersikeras untuk mencoba memperbaikinya, cari saja berbagai tutorial memperbaiki masalah IMEI HP di forum Facebook atau Youtube. Sebab, untuk mengatasi IMEI HP ini gampang-gampang susah. Ada yang bisa diperbaiki, ada juga yang tidak sama sekali.

Servis ke Konter HP

Sudah melakukan semua cara di atas namun masih susah sinyal? Mungkin servis HP menjadi cara sekaligus jalan terakhir untuk masalah susah sinyal HP.

Hal ini mungkin saja ada kerusakan komponen HP, terutama bagian slot SIM Card bahkan juga penangkap sinyal. Maka dari itu segera minta perbaikan di Service Center untuk mengganti komponen yang rusak.

Sangat direkomendasikan servis HP di konter resmi, ya! (Jangan lupa pakai garansi selagi masih berlaku dan jika kerusakan ini benar-benar bukan kesalahan kamu)

Akhir Kata

Sekian artikel singkat mengenai cara mengatasi HP susah sinyal (lost signal). Dari beberapa cara di atas, semoga salah satu cara tersebut ampuh membantu kamu mengatasi masalah HP susah menerima sinyal.

Ada juga cara mudah lainnya seperti melakukan Mode Pesawat agar jaringan di HP kamu dapat disegarkan ulang. Dengan demikian, permasalahan susah sinyal mungkin dapat sedikit teratasi.

Exit mobile version