Cara Upgrade Processor Laptop Dengan Mudah dan Aman

cara upgrade processor laptop

Palingit.com – Cara upgrade processor laptop sebenarnya sangat mudah, akan tetapi perlu melakukan penyesuaian untuk menghubungkan beberapa komponen sehingga dapat merakit dan juga mempermudah proses upgrade.

Mungkin ada beberapa yang bertanya apa yang dimaksud processor pada laptop?. Sebelum memperbaikinya tentu kamu harus mengetahui hal ini dengan baik.

Prosesor merupakan inti dari sebuah perangkat komputer baik itu berupa laptop, PC, dan lain sebagainya. Untuk bisa membuat komputer berjalan sesuai dengan fungsinya, maka prosesor memiliki peranan yang sangat penting.

Hal Penting Sebelum Mengetahui Cara Upgrade Processor Laptop

Processor adalah otak dari laptop atau komputer. Sehingga, dalam melakukan upgrading harus mengetahui beberapa komponen penting yang bisa kamu perhatikan untuk selanjutnya.

Cara mengetahui processor laptop bisa diupgrade sebenarnya sangat mudah yaitu hanya dengan melakukan pengecekan beberapa komponen penting. Beberapa komponen tersebut akan membutuhkan pengamatan terlebih dahulu.

Beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan adalah kesesuaian perangkat dengan komponen luar yang akan melakukan pemasangan. Sehingga, selanjutnya harus lebih melakukan beberapa pemeriksaan berikut ini.

1. Periksa Processor Laptop yang Lama

Perlu kamu ketahui bahwa ada 2 pabrikan processor laptop besar yang saat ini beredar di pasaran yakni Intel dan juga amd. Keduanya bersaing untuk mendapatkan pembeli dengan memiliki berbagai jenis keunggulan.

Untuk processor Intel tentunya sudah terlebih dahulu memiliki pangsa pasar karena memulai bisnisnya terlebih dahulu. Sedangkan Amd awalnya merupakan pabrikan kartu grafis yang akhirnya merambah ke bisnis prosesor belakangan ini.

Pertama-tama perhatikan jenis prosesor yang kamu gunakan. Pastikan bahwa prosesor tersebut memiliki jenis soket yang bisa lepas, tidak menggunakan socket tanam. Processor yang menempel
langsung dengan perangkat tidak bisa terganti.

Apabila menggunakan jenis intel, maka kamu bisa mengunjungi https://ark.intel.com/id/ untuk dapat mengecek semua jenis processor Intel yang tersedia.

Sedangkan untuk cara upgrade processor amd bisa langsung mengunjungi situsnya.

2. Menyiapkan Pengganti Socket

Memang bukan perkara mudah untuk bisa menyiapkan berbagai pengganti socket yang sesuai dengan keperluan. Misalnya processor Intel dari seri sebelumnya, bisa kamu lakukan upgrading
dengan menggunakan versi yang lainnya.

Untuk itulah kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu atau bertanya kepada orang yang memahami hal ini. Misalnya spesifikasi laptop Intel Pentium tertentu bisa kamu upgrade dengan menggunakan Core-i3 karena harus berasal dari jenis sama.

Biasanya processor laptop tidak terjual secara massal dengan segel yang asli, karena sebenarnya material ini tidaklah terjual secara massal di pasaran. Sehingga, kamu harus menggunakan bekas tapi dalam kondisi yang masih baik.

3. Melakukan Update BIOS Laptop

BIOS merupakan sistem perangkat lunak pada komputer atau laptop yang fungsinya melakukan proses input dan juga output dalam sebuah data komputer. Hal ini penting untuk melakukan
deteksi jenis hardware terbaru yang akan kamu pasang.

Processor merupakan salah satu komponen baru sehingga perlu melakukan update dengan baik agar fungsinya maksimal. Memang, melakukan upgrade ini berfungsi opsional yakni bisa kamu lakukan atau tidak.

Hal itu bergantung kepada kebutuhan laptop, apakah masih bisa menggunakan BIOS yang lama atau harus melakukan upgrade terlebih dahulu. Caranya, kamu bisa mencoba melakukan
penggantian processor terlebih dahulu.

Apabila masih bisa terbaca oleh BIOS, maka dapat langsung kamu gunakan karena biasanya perangkat langsung menyala. Sedangkan apabila perangkat mati, maka kau bisa mengupgradenya
terlebih dahulu karena tidak terbaca.

Cara Upgrade Processor Laptop Dengan Mudah

Kamu bisa mengatakan bahwa benda ini adalah otak dari semua proses yang ada di laptop. Untuk itulah fungsi dan peranannya menjadi sentral utamanya untuk berbagai jenis perangkat dengan
spesifikasi default terbatas.

Akan tetapi, dalam melakukan upgrading tidak bisa sembarangan untuk melakukannya. Kamu harus mengetahui seluk beluk dan beberapa hal penting yang harus diketahui agar tidak
menimbulkan kerusakan yang lebih parah nantinya.

Jika kamu ragu, bisa melakukan update BIOS terlebih dahulu. Akan tetapi, apabila masih yakin BIOS tersebut mampu membaca, maka kamu bisa langsung melakukan upgrade processor dengan mudah dengan mengikuti langkah berikut.

1. Buka Case Laptop

Orang yang seringkali memperbaiki laptop tentu sudah terbiasa dengan pekerjaan ini yakni membuka casing laptop. Caranya adalah kamu harus mengetahui terlebih dahulu komponen
baut yang ada.

Selanjutnya gunakan obeng atau peralatan yang sesuai untuk bisa membuka casing laptop bagian belakangnya. Setelah terbuka, maka cari letak processor biasanya letaknya adalah pada bagian atas dari bagian thermal pasta.

Cara membukanya adalah dengan memutar ke kiri pengunci socket sehingga dapat terlihat dan processor juga terangkat dengan sendirinya. Perlu kamu ingat bahwa ada komponen processor yang letaknya berbeda.

Sehingga, harus melakukan riset terlebih dahulu tentang perangkat yang sedang kamu perbaiki. Cara upgrade processor laptop ini merupakan poin pertama yang harus kamu ketahui.

2. Tambahkan Pasta Processor

Thermal paste atau pasta processor mampu membantu untuk mendinginkan kerja prosesor dan juga sekaligus sebagai pendingin ketika fan atau cooling meniupkan angin yang dingin kearah heatsink.

Heatsink akan meniupkan angin yang dingin kepada prosesor. Kerja prosesor harus selalu dingin agar laptop tidak mudah panas. Hal ini penting sebelum melakukan pemasangan BIOS karena
membantu kinerja laptop.

Hal ini tentunya akan memperpanjang umur laptop kamu sehingga tidak mudah rusak kedepannya.

3. Masukkan Processor yang Sudah Kamu Siapkan

Selanjutnya adalah memasukkan processor pengganti ke dalam perangkat atau motherboard yang sesuai dengan socket. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa hal ini penting untuk
mengetahui kesesuaian socketnya.

Selanjutnya, jika semua sudah terpenuhi, maka kamu bisa memasang processor dengan melakukan penyesuaian ada tanda segitiga pada sudut processor. Selanjutnya pastikan bahwa semua kaki-kaki processor harus bisa masuk ke socket.

Lalu, pastikan bahwa processor sudah terpasang dengan baik dan kembali tutup casing dan bagian laptop lainnya sehingga dapat terpasang dengan baik.

4. Hidupkan Kembali Laptop

Langkah selanjutnya adalah menghidupkan laptop untuk mengetahui sudah bisa terupgrade dan juga hidup atau memang masih belum bisa menggunakannya.

Apabila hal tersebut sudah kamu lakukan, maka seharusnya laptop sudah bisa kembali hidup dengan baik. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan semua kebutuhannya sebelum melakukan
upgrade.

Biaya Upgrade Processor Laptop

Apabila kamu tidak yakin dan juga tidak mengerti untuk melakukan upgrade sendiri, maka kamu bisa meminta bantuan profesional yang memang ahli dan bisa membuat upgrade processor untuk
laptop kamu.

Sekarang ini banyak tersedia jasa upgrade, atau berbagai hal yang berhubungan dengan komputer dengan harga bersaing. Akan tetapi, kamu sebaiknya mengetahui kisaran harga processor dan juga biaya kerja standar saat itu.

Sehingga kamu tidak tertipu oleh teknisi laptop atau perangkat elektronik yang mematok tarif melebihi batas. Biasanya harga pasang processor laptop bervariasi tergantung kepada jenis prosesornya.

Misalnya saja harga upgrade processor laptop Core-i5 tentu akan berbeda jika menggunakan Core-i3.

Penutup

Itulah beberapa cara upgrade processor laptop dan termasuk beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum melakukan upgrade processor. Sehingga, kamu bisa melakukan upgrade tanpa harus mengalami berbagai macam kendala.

Exit mobile version