Cara Menghubungkan HP ke TV dengan dan Tanpa Kabel

Cara menghubungkan HP ke TV

Palingit.com – Saat ini, TV yang ada di pasaran mempunyai fitur dukungan yang memungkinkan layar TV terhubung dengan perangkat elektronik lain, seperti ponsel. Dengan begitu, siapa pun bisa melihat koleksi foto atau video pada ponsel melalui TV. Namun, sebelumnya kamu harus menyambungkan kedua perangkat tersebut.

Nah, untuk memahami cara menghubungkan HP ke TV, simak panduan selengkapnya berikut ini.

Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Kabel Data

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan kabel data. Cara menghubungkan HP ke TV dengan kabel USB biasa sebenarnya tidak sulit dilakukan. Apa yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan perangkat dukungan serta mengikuti langkah-langkahnya.

Apa yang Harus Kamu Siapkan?

Untuk menghubungkan ponsel dengan TV, kamu harus menyiapkan perangkat dukungan yang terdiri atas:

Bagaimana Langkah-langkahnya?

Berikut ini cara menghubungkan HP ke TV dengan kabel data:

Cara Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel

Selain cara di atas, kamu juga bisa menyambungkan HP ke TV tanpa menggunakan kabel. Di bawah ini beberapa cara menghubungkan HP ke TV tanpa kabel.

Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Bluetooth

Untuk bisa menghubungkan ponsel ke TV dengan bluetooth, kamu harus memastikan TV kamu memiliki fitur bluetooth. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti panduan cara menghubungkan HP ke TV dengan bluetooth berikut ini:

Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Fitur Dukungan Lainnya

Menghubungkan HP ke TV tanpa kabel juga bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur perangkat elektronik seperti yang akan disebutkan di bawah ini. Syaratnya yaitu baik ponsel maupun TV terhubung pada jaringan internet, misalnya Wifi.

Screen Mirroring

Screen mirroring sudah bisa diaplikasikan pada hampir semua jenis ponsel. Hanya saja, setting atau pengaturan screen mirroring pada satu merek perangkat dengan merek lainnya belum tentu sama. Di bawah ini pengaturan screen mirroring berdasarkan beberapa merek perangkat di pasaran.

1. Pada TV Sony, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

2. Pada ponsel Samsung, langkah panduannya adalah sebagai berikut:

3. Pada ponsel OPPO, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

4. Pada ponsel Vivo, langkah-langkah pengaturannya adalah sebagai berikut:

Chromecast

Kamu juga bisa menggunakan fitur dari Google bernama Chromecast untuk menghubungkan HP ke TV tanpa kabel. Cara menghubungkan HP ke TV Android dengan Chromecast adalah sebagai berikut:

Miracast

Fitur Miracast atau yang sebelumnya bernama Wi-Di tersedia pada merek TV seperti LG dan Polytron. Untuk lebih jelasnya, berikut ini langkah-langkah mengatur Settings sambungan HP pada masing-masing merek TV tersebut.

1. Pada TV LG

Untuk menghubungkan handphone dengan TV LG, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

2. Pada TV Polytron

Cara menyambungkan HP ke TV Polytron bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Mi TV Stick

Perangkat Android box yang berasal dari Xiaomi ini memungkinkan TV LED biasa kamu bisa memiliki fitur setara smart TV. Sekilas device ini mirip seperti flashdisk atau modem. Berikut ini cara menghubungkan HP ke TV biasa menggunakan Mi TV Stick.

AirPlay

Bagi yang menggunakan ponsel iPhone atau perangkat lainnya dari Apple, kamu bisa menggunakan fitur AirPlay untuk menghubungkan HP dengan TV. Namun, tidak semua perangkat TV bisa kompatibel dengan AirPlay. Beberapa perangkat TV yang kompatibel antara lain:

Sementara itu, cara menghubungkan video HP ke TV dengan AirPlay adalah sebagai berikut:

Itulah beberapa cara menghubungkan HP ke TV. Dengan teknologi seperti ini, kamu bisa streaming video hingga bermain games dengan layar yang lebih besar dan jelas. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Exit mobile version