Cara Menghilangkan Virus di Laptop Windows 10 yang Praktis

cara menghilangkan virus di laptop Windows 10

Palingit.com – Ada banyak penyebab, mengapa laptop Windows 10 menjadi lola alias loading lama. Mengatasi laptop lola karena kehabisan kapasitas memori sangatlah mudah kamu cukup menghapus file-nya saja lantas bagaimana cara menghilangkan virus di laptop Windows 10?

Benar sekali, salah satu penyebab laptop lola adalah serangan virus. Virus yang masuk tidak hanya mempengaruhi sistem tapi juga kinerja dan fungsinya. Ketika laptop terserang virus, kamu harus segera mengambil beberapa tindakan perbaikan.

Pertama, kamu wajib menghilangkan virus terlebih dahulu. Solusi ini yang paling direkomendasikan. Dengan menghapus virusnya, kamu masih bisa menggunakan laptop dengan baik tanpa perlu khawatir kehilangan data.

Penyebab Virus masuk ke Sistem Laptop Windows 10

Saat menganalogikannya dengan tubuh manusia, virus bisa kamu samakan seperti penyakit. Penyakit bila tidak disembuhkan akan semakin parah begitu pula virus di dalam laptop. Agar laptop tidak terkena virus, hindari beberapa penyebabnya berikut.

1. Mengunduh dan Menjalankan Aplikasi Tidak Resmi

Melakukan aktivitas preventif jauh lebih baik daripada kamu mengobatinya. Sebelum mencoba berbagai cara menghilangkan virus Malware, hindari serangan virus dengan tidak menjalankan berbagai aplikasi tak resmi.

Mengunduh aplikasi tak resmi di laptop memang bukan perkara mudah karena sistem pengunduhannya tidak serapi Android atau iPhone. Bila ingin menggunakan aplikasi Microsoft misalnya, kamu harus membayar pembelian aplikasi tidak mendapatkan secara gratis.

2. Tidak Scan Flashdisk

Kebiasaan buruk lainnya yang bisa memasukkan virus pada laptop adalah mencolokkan flashdisk yang jarak di scan atau bersihkan. Flashdisk tidak memiliki sistem security yang baik sehingga sangat mudah disusupi virus.

Bersihkan flashdisk secara berkala agar tidak menularkan virus pada laptop. Jika konten yang kamu kirimkan kapasitas memorinya tidak terlalu besar, sangat dianjurkan untuk mengirim file via bluetooth.

3. Secara Tak Sengaja Klik Phising Email

Cara menghilangkan virus di laptop Windows 10 sesungguhnya tidak perlu kamu pelajari apabila menghindari kebiasaan ini. Phishing e-mail berisi konten persuasif yang berusaha untuk mengajak seseorang untuk membuka lampirannya.

Berbeda dari e-mail biasa, surat elektronik jenis ini mengandung konten yang berbahaya karena dapat mengambil data pribadimu. Meskipun phising e-mail yang kamu lihat sangat menarik jangan coba-coba untuk membuka apalagi klik lampirannya.

4. Tidak Mengaktifkan Firewall

Sama seperti Android atau iPhone yang memiliki sejumlah aplikasi bawaan begitu juga Windows. Adapun aplikasi bawaan yang harus kamu kelola dan jalankan dengan seksama adalah Windows Update dan Windows Firewall.

Fungsi firewall tidak lain untuk melindungi sistem komputer kamu agar tidak disusupi virus dengan mudah. Sementara Windows Update berfungsi sebagai reminder agar kamu melakukan pemutakhiran aplikasi yang perlu update.

Ciri-Ciri Laptop Windows 10 Kena Virus

Tahukah kamu bila penyebab lain laptop Windows 10 kena virus adalah tidak memasang antivirus berkualitas. Kamu yang masih ragu, apakah laptop kena virus atau memang rusak silahkan perhatikan ciri-ciri berikut ini.

1. Terdengar Suara Aneh

Laptop yang normal berjalan dengan baik tanpa mengeluarkan suara-suara aneh yang tidak diperlukan. Jika dalam proses pemakaian, kamu mendengar berbagai suara aneh yang muncul dari laptop bisa jadi ada perangkat telah terinfeksi virus.

Bagaimana cara menghilangkan virus di laptop tanpa instal ulang? Ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Melakukan install ulang merupakan rekomendasi cara terakhir bila kerusakan pada laptop semakin memburuk.

2. Ada Peringatan dari Antivirus

Apakah kamu memasang antivirus pada laptop? Laptop yang menginstal aplikasi antivirus akan memperoleh pemberitahuan atau peringatan saat laptop terserang virus.

Jika aplikasi antivirus yang digunakan berkualitas, kamu tidak hanya melihat peringatannya saja tapi juga
melihat detail virus yang menyusup. Karena berbeda tipe virus umumnya berbeda pula cara mengatasinya.

3. Kinerja Laptop Mengalami Penurunan Drastis

Kondisi ini tidak bisa dihindari saat laptop terinfeksi virus. Ini juga alasan, mengapa banyak pengguna laptop yang belajar cara menghapus virus di laptop dengan CMD. Tujuannya agar fungsi perangkat dapat berjalan dengan baik dan bagus seperti semula.

Namun, kondisi ini tidak selamanya terjadi karena infeksi virus. Bisa jadi alasannya adalah penggunaan memori laptop yang berlebihan. Bila jawabannya iya, maka kamu perlu menghapus file yang tidak lagi dibutuhkan.

4. Laptop Berhenti Responsif

Kamu mungkin kesal ketika menemukan laptop berjalan dengan lambat padahal butuh menyelesaikan tugas atau pekerjaan dengan cepat. Apalagi jika laptop berhenti merespon atau melakukan reboot secara mendadak.

Tapi perlu kamu perhatikan jika reboot sendiri secara mendadak juga dapat disebabkan karena overheating. Beban berlebih pada laptop akan membuat sistem mendapatkan pressure berlebih sehingga stop merespon.

Cara Menghilangkan Virus di Laptop Windows 10

Sudah memahami penyebab dan ciri-ciri laptop kena virus? Agar tidak mengalami kondisi yang sama untuk kesekian kalinya lakukanlah tindakan pencegahan. Sementara itu, berikut ini cara mengatasi laptop kena virus.

1. Menghapus Malware dari Windows

Step pertama yang Windows rekomendasikan adalah menghapus Malware yang menyusup ke laptop. Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu masuk ke sistem keamanan Windows.

Setelah berhasil masuk ke “Security Windows” klik proteksi ancaman & virus kemudian pilihlah opsi scanning. Langkah terakhir, klik “Pertahanan Windows Pemindaian Offline” Cara ini membantu Windows melakukan pemindahan pada laptop.

2. Memperbaharui Perangkat Lunak

Cara menghilangkan Malware di Windows 10 berikutnya adalah dengan melakukan update software. Update software tidak hanya memperbaiki dan meningkatkan kualitas perangkat lunak tapi juga menghilangkan kontaminasi virus dari aplikasi-aplikasi tersebut.

Agar proses pembaruan perangkat lunak berjalan dengan lancar sambungkan internet dengan koneksi WiFi. Jaringan WiFi jauh lebih kencang daripada kuota data internet. Menggunakan jaringan WiFi juga menghemat pemakaian kuota datamu.

3. Atasi dengan Masuk ke Safe Mode

Apakah sulit menjalankan cara menghilangkan virus di laptop Window 10? Tidak sama sekali. Contohnya saat kamu mencoba masuk ke safe mode. Yang perlu kamu lakukan cukup masuk ke menu pengaturan lalu pilih recovery.

Selanjutnya, carilah menu “Advanced Startup” jika kamu sudah menemukan menu tersebut klik restart now. Laptop secara alami akan menampilkan beberapa opsi namun kamu harus memilih “Troubleshoot”

Terakhir, pilih “Advanced Options” lantas pilih startup settings dan restart. Gunakan tombol 4 atau F4 untuk klik “Enable Safe Mode.”

4. Hapus Program Tak Dikenal

Cara menghilangkan virus Trojan di laptop Windows 10 yang cukup sederhana adalah dengan menghapus semua program tak dikenal.  Program seperti ini patut kamu curigai karena bisa jadi telah terkontaminasi dengan virus.

Cek daftar program atau perangkat lunak pada laptop dengan membuka menu pengaturan lalu pilih apps. Selanjutnya, kamu hanya perlu memilih “Apps & Features.” Copot instalasi dengan memilih uninstall.

Penutup

Kamu memiliki laptop di rumah dan membutuhkannya untuk menjalankan berbagai kegiatan mobile termasuk mengerjakan tugas atau pekerjaan? Jaga selalu kesehatan laptop dengan memastikannya tidak
terinfeksi virus.

Cobalah beberapa cara menghilangkan virus di laptop Windows 10 yang telah dijelaskan sebelumnya. Sehingga, laptopmu tetap dalam kondisi bagus hingga beberapa tahun mendatang.

Exit mobile version