Cara Mengatasi HP yang Terkena Air Baterai Tanam Efektif

cara mengatasi HP yang terkena air baterai

Palingit.com – Siapa sih yang tidak panik, ketika sedang asyik memainkan HP tiba-tiba jatuh ke kubangan air atau terkena air hujan? Tentu saja semua orang akan panik. Jangan khawatir, berikut ini terdapat panduan cara mengatasi HP yang terkena air baterai tanam secara efektif.

Seperti diketahui, tidak semua HP dilengkapi dengan fitur tahan terhadap air. Hanya HP jenis tertentu saja yang sudah dibekali kemampuan tahan cipratan bahkan menyelam dalam air. Meski durasinya terbatas beberapa menit saja.

Jika HP Android Anda terkena air, kemudian kondisi HP tidak bisa dihidupkan atau hang. Ada beberapa cara mengatasi HP baterai tanam yang terkena air dengan langkah mudah. Untuk panduan lengkapnya, simak uraian di bawah ini!

Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Kena Air

Kebanyakan pengguna ketika mengetahui HP terkena air hanya dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan. Padahal melalui cara perbaikan HP Android terkena air yang efektif dibawah ini, HP yang mati pun bisa dihidupkan kembali.

Penasaran kan? Bagaimana cara mengatasi HP yang terkena air baterai tanam mati total agar bisa kembali normal? Yuk, ikuti urutan cara perbaikannya berikut ini.

Mematikan HP

Langkah pertama, jika HP masih menyala tetapi tidak merespon alias hang, silahkan tekan tombol power off untuk mematikan HP. Tujuannya agar tidak terjadi konslet dan menghindari kerusakan bagian mesin yang terkena air.

Lepaskan Memori dan SIM Card

Selanjutnya melepaskan kartu memori dan kartu SIM pada HP. Setelah itu, silahkan keringkan komponen slot card tray, lalu pasang kembali pada tempatnya. Pastikan benar-benar kering agar tidak ada air masuk ke dalam.

Keringkan Bagian Luar HP

Adapun cara mengatasi HP kena air hujan baterai tanam secara efektif, yaitu dengan mengeringkan bagian casing dan layar HP dengan lap kering. Hindari meniup bagian port charger atau headset agar air tidak menyebar.

Timbun HP dengan Beras

Mengapa HP baterai tanam yang terkena air harus direndam beras? Alasannya karena beras punya kandungan yang bisa menyerap air sangat cepat. Caranya, kubur HP terkena air dalam beras selama satu atau dua hari.

Hindari Kontak Listrik

Ketika HP masih dalam kondisi belum benar-benar kering, maka hindari melakukan charge. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya konslet karena air punya sifat yang bertolak belakang dengan perangkat elektronik.

Cobalah Hidupkan HP

Setelah HP kering, silahkan Anda hidupkan HP. Jika HP berhasil menyala, cobalah mengoperasikan beberapa aplikasi apakah berjalan lancar atau tidak. Cek bagian speaker, headset dan kamera. Pastikan berfungsi normal.

Silahkan Service Total

Kapan harus membawa HP ke tukang service? Jika cara di atas sudah dilakukan, namun HP tetap tidak bisa dihidupkan. Silahkan Anda konsultasikan dengan ahlinya, HP Anda akan diperbaiki sesuai dengan kerusakannya.

Tips Membuat HP Baterai Tanam Tahan Air

Tips dibawah ini mungkin bisa berguna untuk melindungi HP dari air terutama saat musim hujan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir HP baterai tanam terkena air. Adapun cara membuat HP tahan air sebagai berikut:

  1. Bungkus HP dengan ziplock tahan air khusus HP
  2. Lapisi dengan spray anti air yang aman digunakan
  3. Gunakan casing khusus dengan bahan waterproof

Dengan cara di atas, HP akan terlindungi dan tahan terhadap cipratan air. Kendati demikian, tetap berhati-hati ketika Anda menggunakan HP di lingkungan basah.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai panduan cara mengatasi HP yang terkena air baterai tanam yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika HP tidak bisa dinyalakan kembali, silahkan bawa ke tempat service HP terpercaya langganan Anda.

Exit mobile version