5 Cara Mengatasi HP Mati Total Mudah Bisa Dilakukan Sendiri

Cara mengatasi HP mati

Palingit.comCara Mengatasi HP Mati Total – bisa dilakukan dengan 5 cara mudah dan sederhana, simak ulasan lengkap dan bagaimana cara memperbaikinya dalam artikel berikut.

Cara mengatasi HP mati total pastinya sangat diperlukan ketika kita sedang mengalami masalah tersebut. Karena HP sekarang ini telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Sehari saja HP mengalami kerusakan maka kita akan merasa bingung karena tidak bisa berkomunikasi.

Lalu apakah HP mati total masih bisa diperbaiki kembali? Jika ini yang sedang Anda alami jawabannya ada dua; bisa atau tidak bisa. Akan tetapi sebagai bentuk ikhtiar, Anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini supaya HP kembali normal.

Cara Memperbaiki HP Mati Total

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan ketika gadget mengalami masalah. Cara ini bisa dilakukan sendiri tanpa harus membawa HP ke counter service. Berikut cara mengatasi HP mati total dengan mudah;

1. Tekan Tombol Power

Jika lampu indikator pada HP masih menyala, barangkali kerusakannya tidak terlalu parah. Coba lakukan langkah pertama perbaikan HP berikut:

  1. Tahan tombol power kurang lebih selama 5 hingga 7 detik saja.
  2. Silakan tunggu hingga gadget Anda menyala kembali.
  3. Jika ponsel tidak menyala dengan normal, silakan ikuti langkah-langkah perbaikan berikutnya.

2. Periksa Baterai HP

Cara mengatasi HP yang mati total adalah dengan memastikan bahwa baterai HP masih dalam kondisi normal. Namun, jika Anda meragukan kondisi HP, cobalah untuk melakukan pengecekan baterai. Langkah-langkah sederhananya sebagai berikut:

Lakukan Charging

Melakukan percobaan untuk mengisi baterai bisa mengetahui kondisi HP. Tunggu hingga beberapa saat apakah HP memunculkan indikasi menyala atau tidak.

Lihat Indikasi Baterai

Jika ternyata setelah di cas HP menyala kembali berarti masalah utamanya adalah karena kehabisan baterai. Biarkan saja baterai tetap dicas selama 30 menit atau hingga penuh.

Coba Tes Dengan Baterai Lain

Jika setelah di charge ternyata HP tetap mati, coba lakukan pengetesan dengan baterai lain. Cari atau pinjam baterai yang memiliki ukuran sama dengan HP Anda. Apabila setelah dilakukan penggantian baterai namun HP masih mati, kemungkinan besar masalahnya berasal dari hal lain.

3. Lakukan Cek Kabel dan Adaptor

Bisa jadi HP mati total disebabkan karena pengisian daya baterai tidak masuk. Baik karena kabel charge yang rusak atau adaptor-nya yang bermasalah. Lakukan pengecekan kabel dan adaptor dengan cara berikut ini:

  1. Sambungkan kabel dan adaptor ke perangkat lain.
  2. Jika tidak terhubung, coba cari tahu apakah yang bermasalah tersebut kabel atau adaptornya.
  3. Jika memang setelah dilakukan uji ternyata di perangkat lain pun kabel dan adaptor charge tidak menyala, maka hampir bisa dipastikan jika masalahnya adalah karena ini.
  4. Silakan beli kabel dan atau adaptor baru supaya Anda dapat melakukan charging.

4. Periksa Layar HP

Mengatasi HP mati total juga bisa dicoba dengan memastikan bahwa layar ponsel tidak bermasalah. Jika memang Anda yakin bahwa baterai ponsel dalam kondisi bagus, maka bisa jadi layar ponsel lah yang tidak dapat menampilkan visual. Langkah yang bisa dilakukan untuk memeriksa layar HP adalah:

  1. Tekan tombol power dan tahan selama 30 detik, tunggu beberapa saat hingga terdapat respons pada layar.
  2. Jika tidak ada respons maka coba lakukan panggilan ke nomor yang berada di ponsel tersebut.
  3. Biasanya jika masalahnya pada layar, maka panggilan ponsel tetap dapat masuk dan HP pun berdering.

4. Lakukan Flashing System

Jika semua cara mengatasi HP mati total di atas tidak membuahkan hasil, maka solusi lainnya adalah dengan melakukan flashing. Ini dilakukan jika memang ponsel Anda mengalami masalah pada sistem atau software-nya. Ponsel bisa kembali normal lagi dan sistem kembali seperti pengaturan pabrik.

Untuk melakukan flashing memang perlu komputer dan sedikit keahlian. Anda dapat melihat tutorial lengkapnya di Youtube. Di sana banyak sekali yang sudah membahas cara melakukan flashing HP.

Penutup

Cara mengatasi HP mati total dapat dilakukan dengan beberapa tahapan di atas. Dengan cara ini Anda dapat lebih berhemat karena tidak perlu membawanya ke counter service. Jika memang setelah dilakukan perbaikan sendiri HP tetap tidak menyala, barulah Anda membawanya ke teknisi berpengalaman.

Exit mobile version