Cara Melihat Password Wifi di HP yang Jarang Diketahui

cara melihat password Wifi di HP

Palingit.com – Bagi sebagian orang, mengetahui cara melihat password Wifi di HP merupakan hal yang penting. Apalagi kalau HP yang dipergunakan merupakan keluaran terbaru, tentunya butuh penyesuaian untuk menggunakan fiturnya. Nah, kalau ada yang ingin “numpang” Wifi dari HP kamu, tentu akan menjadi permasalahan jika kamu tidak tahu cara nengeceknya.

Cara paling umum untuk melihat password Wifi di HP adalah dengan membuka pengaturan. Di sana, kamu akan menemukan menu Wifi dan jaringan untuk mengetahui password wifi dalam HP.  Namun bagi kamu yang ingin mencoba cara opsional dalam melihat password wifi di HP, ada 4 cara yang bisa kamu coba.

Cara Melihat Password Wifi di HP melalui Aplikasi

Mungkin kamu pernah mendapati kasus Wifi yang tiba-tiba tersambung di HP temanmu, kemudian ketika kamu ditanya soal password Wifinya, kamu malah lupa. Kejadian ini biasanya terjadi saat kamu sebelumnya pernah membagikan password Wif, tetapi karena kejadian itu sudah lama, bisa jadi kamu lupa dengan apa yang sudah kamu bagikan.

Nah, untuk melihat password Wifi di HP yang sudah terhubung, kamu bisa menggunakan aplikasi. Ada 2 aplikasi yang bisa kamu gunakan yaitu Wifi Password Viewer dan Wifi Recovery.

1. Wifi Password Viewer

Aplikasi ini sangat berguna untuk mempermudah kamu mengakses password Wifi yang ada dalam ponselmu. Kamu bisa mengunduhnya di Google Play, lalu lakukan langkah-langkah berikut:

2. Aplikasi Wifi Recovery

Sama seperti kasus sebelumnya, aplikasi Wifi Recovery berguna untuk melihat password Wifi yang terlupa. Biasanya karena kamu sudah lama tidak membukanya.

Cara penggunaan aplikasi ini sangat sederhana:

Cara Melihat Password Wifi di HP Iphone

Bagaimana cara melihat password Wifi di HP Iphone? Barangkali bagi pengguna Iphone yang baru, melihat password Wifi adalah hal yang masih asing, karena alur perangkat Iphone sedikit berbeda bagi sebagian orang.

Nah, untuk cara melihat password Wifi di HP Iphone cukup sederhana.

Cara Melihat Wifi di HP Android

Untuk melihat Wifi di HP Android, kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan. Caranya cukup mudah:

Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk melihat password Wifi di HP Xiaomi atau merek smartphone dengan OS Android lainnya. Namun, perhatikan secara detail setiap langkah yang akan kamu lakukan.

Cara Aman Menggunakan Wifi

Setelah kamu tahu cara membuka password Wifi, maka hal yang harus kamu tahu selanjutnya adalah cara teraman menggunakan Wifi. Terlebih Wifi yang kamu gunakan adalah Wifi publik, maka keamanan data yang kamu gunakan menjadi hal yang sangat penting.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui tips berikut untuk menjaga keamanan perangkatmu saat mengakses Wifi. Berikut 5 cara agar perangkatmu aman saat pemasangan Wifi.

1. Sambungkan Wifi secara Manual

Hal yang perlu kamu lakukan saat menyambung Wifi adalah menghindari menghubungkannya secara otomatis. Sebisa mungkin lakukan secara manual untuk menghindari data tercuri.

Setelah menggunakan Wifi, kamu harus menekan “Lupa jaringan” agar data yang ada dalam ponselmu tidak terambil saat kamu kembali menyambung Wifi.

2. Hindari Mengakses Aplikasi Sensitif

Saat menggunakan Wifi di tempat umum, sebisa mungkin kamu hindari akses aplikasi yang bisa memancing pada keamanan ponselmu. Seperti halnya mengakses email, transaksi belanja, ataupun mobile banking yang rawan terkena sadap.

Kamu bisa mengakses aplikasi sensitif dengan data pribadimu untuk menghindari kecolongan data. Jangan pernah memberikan kesempatan seseorang untuk melakukan akses keamanan ponselmu.

3. Perhatikan Nama Wifi yang Kamu Sambung

Hati-hati dengan peran hacker yang berada di tempat umum. Mereka ini bisa merekayasa dengan membuat Wifi sama persis seperti hotspot temanmu.

Apabila kamu menggunakan Wifi yang mirip dengan hacker tersebut, maka bisa jadi datamu akan berpindah ke tangannya. Hindari juga menggunakan Wifi yang  tidak memiliki password, karena bisa jadi itu adalah jebakan yang sengaja dibuat orang-orang yang berniat buruk.

4. Gunakan Enkripsi Kata Sandi

Sebelum kamu mengakses Wifi, pastikan seluruh datamu telah terenkripsi kata sandi. Enkripsi merupakan metode pengkodean data sehingga seluruh data yang tersimpan dalam ponselmu terjamin keamanannya.

Dengan mengenkripsi kata sandi, seseorang tidak akan mudah masuk dalam jaringan ponselmu. Sehingga, saat kamu menggunakan Wifi, keamanan bisa lebih terjamin.

5. Aktifkan Antivirus

Saat ini, yang sedang ramai menjadi perbincangan adalah penyebaran virus secara online, yang memberikan kerugian tidak sedikit pada korbannya.

Beberapa kasus terakhir, virus dapat masuk melalui pengunduhan aplikasi tertentu atau sistem download yang tidak beres. Maka untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa berjaga-jaga dalam penyambungan Wifi.

Kamu bisa mengaktifkan antivirus untuk mencegah virus masuk ke dalam perangkatmu. Semua hal tersebut bisa kamu lakukan untuk mencegah kehilangan data saat melakukan penyambungan Wifi.

Itulah beberapa cara melihat password wifi di HP yang bisa kamu praktikkan saat lupa dengan kata sandimu. Pastikan juga saat mengakses Wifi, kamu dalam keadaan aman. Lakukan 5 langkah yang telah disebutkan di atas untuk meminimalkan tindak kejahatan dan pencurian data saat melakukan pemasangan Wifi.

 

Exit mobile version