5+ Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Android [Trik Ampuh]

Aplikasi Tidak Terpasang

Palingit.com – Aplikasi Tidak Terpasang – Sejumlah HP Android sudah dipasangkan beberapa aplikasi bawaan guna mempermudah penggunanya, supaya tidak perlu mengunduh lagi.

Namun, seiring berjalannya waktu aplikasi yang hanya itu-itu saja sangat membosankan. Karena itu, pengguna perlu mengunduhnya secara manual di Google Play Store ataupun penyedia aplikasi lainnya.

Biasanya, menginstal aplikasi sangatlah mudah, yakni hanya dengan mengetuk Instal kita cukup perlu menunggu beberapa waktu sampai ia terpasang sendirinya.

Akan tetapi, terkadang ada saja hal menjengkelkan aplikasi tidak terpasang. Nah, artikel kali ini saya akan menjelaskan cara mengatasi aplikasi tidak terinstal di Android.

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang di Android

Sebelum menuju solusi mengatasinya, alangkah lebih baik ketahui dulu apa sih penyebab aplikasi tidak terpasang. Simak baik-baik, ya!

Penyebab aplikasi tidak terinstal adalah sebagai berikut:

Memori Internal Penuh

Ruang yang tidak mencukupi menjadi salah satu faktor penyebab utamanya. Karena itu kamu harus membersihkan penyimpanan internal setidaknya kosong sekitar 30%. Kalau tidak, ya aplikasi enggak bakal bisa terpasang.

Aplikasi Tidak Mendukung

Versi android yang berbeda biasanya aplikasi yang dapat dipasang juga berbeda. Misalnya saja nih, kamu ingin memasang aplikasi yang hanya support Android versi 8 ke atas, tetapi HP masih menggunakan Android 5, tentunya tidak akan bisa terpasang.

Terdeteksi Google Play Protect

Google dapat memblokir aplikasi apa pun yang menurutnya berbahaya demi keamanan. Jika terdapat aplikasi yang tidak terpasang, ada kemungkinan Play Protect memblokirnya. Jadi, kalau kamu ingin tetap menginstalnya, maka harus mematikan fitur ini terlebih dahulu.

File APK Corrupt – Rusak

Kalau kamu mengunduhnya dari browser dan ketika menginstalnya tidak terpasang, kemungkinan file apk tersebut belum sepenuhnya terunduh ataupun memang rusak.

Biasanya file apk yang rusak tidak memunculkan icon aplikasi, melainkan logo pure apk android saja. Namun, tidak menutup kemungkinan apk yang sudah ada icon dapat corrupt juga. Jadi, pastikan sumber download dari situs benar-benar terjamin dan aman.

Kesalahan Sementara pada Sistem

Sistem Android bisa saja mengalami error. Jika kamu sudah mencoba beberapa kali dan tetap saja tidak terpasang, coba restart (mulai ulang) HP kamu.

Kemungkinan besar sistem mengalami error sementara, entah karena kebanyakan menginstal dalam satu waktu ataupun kesalahan lainnya.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Diinstal

Setelah membahas penyebabnya, berikut ini saya akan membahas lebih lanjut cara mengatasi aplikasi tidak bisa diinstal di HP Android. Di antaranya:

Reset Preferensi Aplikasi

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan ialah dengan mencoba reset preferensi aplikasi yang tertera di pengaturan HP.

Dengan me-resetnya, semua aplikasi dan izin yang dinonaktifkan akan kembali seperti semula. Diharapkan bisa memperbaiki masalah aplikasi tidak terpasang.

Untuk langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan HP kamu.
  2. Masuk ke Manajer Aplikasi.
  3. Selanjutnya, ketuk titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  4. Ketuk pula Reset preferensi aplikasi dan konfirmasi. Selesai.

Catatan: Langkah-langkahnya tentu ada bedanya dengan merek HP lain, jadi sesuaikan masing-masing, ya.

Izinkan Penginstalan dari Sumber Tidak Diketahui

Secara umum sistem Android memblokir penginstalan dari sumber tidak dikenal, kecuali Google Play Store.

Jadi apabila kamu mengunduhnya dari browser, tentu dianggap enggak dikenal juga. Dan penginstalan aplikasi pun tidak dapat terpasang.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya kamu harus mengaktifkan izin pemasangan dari sumber tidak diketahui.

Pemasangan Sumber Tak Dikenal

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Sekarang, coba Instal kembali file APK yang tidak terpasang tadi. Semoga berhasil!

Nonaktifkan Google Play Protect

Seperti yang sudah saya bahas di poin penyebab tadi, Google secara default memblokir penginstalan selain dari Playstore. Sebab dianggap melanggar keamanan, maka kamu perlu menonaktifkannya jika ingin memasang aplikasi.

Play Protect

Caranya mudah, yaitu:

Buka Playstore di HP Android.

Cari dan masuk setelan Play Protect.

Ketuk pengaturan di pojok kanan atas.

Nonaktifkan Play Protect

Nah, sekarang un-ceklis bagian Pindai aplikasi dengan Play Protect. Selesai. Coba pasang kembali APK yang belum terpasang tadi.

Periksa Kompatibilitas Versi Aplikasi

Di situs-situs sumber unduhan file APK biasanya tertera deretan versi android yang bisa menjalankan aplikasi tersebut.

Jadi, apabila aplikasi tidak terpasang secara terus-menerus, maka bisa jadi versi aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan android yang dipakai di HP.

Untuk cara mengatasinya, sebaiknya cek versi file APK yang sudah diunduh dan lihat di situs sumber apakah kompatibel dengan HP kamu atau tidak. Jika tidak, kemungkinan kamu salah download versi aplikasi, jadi sesuaikan sendiri, ya!

Hapus Aplikasi Jarang Dipakai

Aplikasi jarang dipakai, selain membuat memori HP penuh juga memakan RAM cukup banyak meski hanya di latar belakang saja.

Jikalau kapasitas internal HP kamu sudah penuh sekiranya di atas 70% dari total maksimal, ini hal yang mungkin jadi penyebab aplikasi tidak terpasang.

Jadi, alangkah baiknya hapus beberapa aplikasi jarang digunakan demi menghemat memori internal, RAM, dan juga mencegah aplikasi tidak terpasang.

Hapus Apl Jarang Dipakai

Caranya cukup sederhana, yakni:

Sebelum menginstal aplikasi tak terpasang, coba restart dulu HP kamu kemudian lakukan kembali penginstalan tersebut.

Akhir Kata

Seperti itulah kiranya solusi mengatasi aplikasi tidak terpasang di HP Android. Semua cara di atas dapat dilakukan berbagai merek HP seperti ASUS, Infinix, Oppo, Realme, Redmi, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan lain-lain.

Apabila semua cara telah dilakukan namun belum berhasil memasang satu aplikasi, coba lakukan Reset Pabrik HP.

Sepertinya masalah tersebut disebabkan oleh sistem mengalami error atau file APK sudah tertanam di sistem tetapi terjadi kesalahan dan mengakibatkan apl tak terpasang terus-menerus. Semoga membantu.

Exit mobile version