7+ Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di HP Android

Aplikasi keluar sendiri

Palingit.com – Aplikasi keluar sendiri atau sering dikenal dengan istilah force close merupakan masalah yang kerap tidak jarang terjadi di semua HP Android.

Baik HP low-end, mid-end, sampai flagship, aplikasi yang suka keluar sendiri tentu menyebalkan. Bayangkan saja misalnya kamu sedang mengedit sesuatu di apl tertentu, tiba-tiba ngefreeze dan akhirnya keluar sendiri. Menjengkelkan, bukan?

Saat aplikasi mengalami force close biasanya memunculkan popup “Sayangnya, aplikasi telah terhenti.” atau “Aplikasi tidak menanggapi, ingin menutupnya?”.

Namun, sebagian juga tidak memunculkan hal tersebut. Nah, di bawah ini saya akan jelaskan penyebab serta cara mengatasi aplikasi keluar sendiri.

Penyebab Aplikasi Force Close di Android

Banyak sekali penyebab mengapa aplikasi bisa sering mengalami force close. Salah satu yang umum terjadi ialah adanya bug pada aplikasi tersebut, entah karena apl belum kompatibel ataupun HP yang enggak cukup mampu menjalankannya.

Akan tetapi, kita tidak akan melihat dari sisi tersebut saja. Berikut ini ulasan lebih lanjut penyebab force close aplikasi android.

Memori RAM Penuh

Apabila kamu jarang membersihkan aplikasi berjalan di latar belakang, tentunya memori RAM akan menjadi penuh dan aplikasi pun keluar sendiri.

Faktor ini seringkali terjadi di HP dengan RAM di bawah 3GB, sehingga jika aplikasi tidak ingin keluar sendiri maka kamu harus rajin-rajin membersihkan apl yang berjalan di background.

Memori Internal Penuh

Jangan anggap sepele notif “Memori hampir habis, sebagian sistem mungkin tidak berfungsi”, karena memang benar adanya bahwa ketika internal penuh maka kinerja pun tidak bekerja seperti seharusnya.

Sistem dan aplikasi butuh ruang yang cukup untuk memproses data agar berjalan maksimal. Apabila enggak mencukupi, tidak menutup kemungkinan aplikasi jadi sering keluar sendiri.

File Cache Sudah Menumpuk

File cache yang menumpuk tentu juga menjadi masalah besar bagi memori internal serta juga sistem dan aplikasi sedang dijalankan.

Oleh karena itu, kamu perlu banget nih membersihkan penumpukan file cache tersebut. Bisa dengan aplikasi cleaner bawaan maupun apl pembersih pihak ketiga.

Bug Aplikasi

Coba lihat dulu beberapa ulasan beredar di Google Play Store mengenai aplikasi yang kamu jalankan dan sering keluar sendiri. Jika ada yang sama masalahnya, berarti apl memang terdapat bug.

Apabila ada pembaruan tersedia, cobalah untuk memperbaruinya untuk sekiranya membantu mengatasi masalah apk keluar sendiri.

Aplikasi Tidak Kompatibel

Selain bug, penyebab force close aplikasi ialah tidak kompatibelnya versi yang diinstal. Misalnya kamu mengunduh aplikasi yang support Android versi 9 ke bawah, tetapi HP Androidmu sudah versi 11, maka tentunya ada hal berbeda hingga membuat apl berjalan tidak normal dan keluar sendiri.

Mengatasi Masalah Aplikasi Keluar Sendiri

Force Close Aplikasi

Setelah mengetahui penyebab, selanjutnya kita akan melanjutkan ke bagian cara mengatasi apk keluar sendiri di HP Android. Di antaranya:

Tutup Semua Aplikasi Berjalan

Langkah pertama coba tutup semua aplikasi berjalan, entah di latar depan maupun belakang.

Caranya:

Nah, dengan begitu diharapkan mampu mengatasi aplikasi keluar sendiri (force close).

Bersihkan Memori Internal

Pastikan ruang penyimpanan masih mampu mencukupi kebutuhan sistem dan aplikasi guna memproses datanya.

Setidaknya sisakan sekitar 30% dari total memori internal, ini berguna agar performa HP berjalan normal dan apl tidak keluar sendiri.

Untuk melegakan ruang penyimpanan, ada baiknya cek dulu data-data di HP kamu seperti foto, video, dokumen, dan musik. Atau bisa juga file APK, Media WhatsApp dan Telegram, dan lain-lain. Kalau perlu, pindahkan ke Memori Eksternal (Kartu SD).

Bersihkan Cache Aplikasi

Cache menumpuk di aplikasi bisa saja menjadi penyebabnya, karena itu kamu wajib menghapusnya entah setiap minggu atau ketika cache sudah di atas 100MB.

Cache Aplikasi

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk Pengaturan HP.
  2. Pergi ke Manajer Aplikasi.
  3. Pilih aplikasi yang keluar sendiri tadi.
  4. Ketuk bagian penyimpanan dan klik Hapus Cache/Memori. Selesai.

Hapus Data Aplikasi

Bilamana cache tidak merubah apa pun, maka solusi tambahannya ialah menghapus data apl tersebut. Sebab data yang menumpuk bisa membuat aplikasi jadi lemot dan kemungkinan keluar sendiri.

Hapus Data

Caranya hampir sama dengan poin di atas, yaitu:

Unduh Ulang Aplikasi

Kedua cara di atas seharusnya efektif, namun apabila masih saja keluar sendiri ada kemungkinan aplikasi perlu diinstal ulang.

Dengan menginstal ulang, bisa saja kamu mendapat update terbaru sehingga masalah force close pun dapat teratasi.

Karena bisa saja apl keluar sendiri sebab versi sudah terlalu lawas, maka dari itu wajib banget untuk memperbaruinya. Kamu bisa mengupdate aplikasi lewat Google Play Store.

Restart HP

Lakukan juga cara sederhana ini, yaitu me-restart HP. Selain aplikasi, sistem juga cukup banyak memakan ruang RAM HP Android.

Karena kita tidak selalu bisa membersihkannya, maka solusi terbaik adalah me-restart HP. Dengan demikian, kinerja HP Android akan segar kembali dan masalah aplikasi keluar sendiri pun bisa dihilangkan.

Perbarui Perangkat Lunak

Mengupdate software sistem Android juga enggak kalah pentingnya dengan aplikasi, selain menambah fitur dan keamanan baru, juga membantu mengatasi beberapa masalah seperti aplikasi yang keluar sendiri.

Jika ada notifikasi pembaruan perangkat lunak, segera lakukan hal tersebut. Terlebih jika pembaruannya meliputi upgrade OS, ini akan membantu aplikasi jadi lebih kompatibel. Karena HP sekarang ini rata-rata mempunyai Android di atas 9 (Pie).

Langkah mudahnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke Pengaturan HP.
  2. Ketuk bagian Tentang Ponsel.
  3. Pilih Pembaruan Perangkat Lunak.
  4. Cek ketersediaan dan mulai unduh pembaruan tersebut.
  5. Konfirmasi pembaruan dan HP akan memulai ulang dengan sendirinya sembari menerapkan pembaruan tersebut. Selesai.

Akhir Kata

Seperti itulah beberapa poin mengatasi masalah aplikasi keluar sendiri (force close) di hp android. Apabila sudah memperbarui perangkat lunak namun belum mengatasi masalah apl force close, langkah terakhir ialah reset pabrik atau factory reset.

Dengan melakukan reset pabrik, semua data tertanam di memori internal dan sistem akan kembali seperti semula. Dan masalah aplikasi keluar sendiri pun bisa teratasi. Semoga membantu!

Exit mobile version