8 Solusi Tidak Bisa Terhubung ke Jaringan WiFi Pada Xiaomi/Redmi

Tidak Bisa Terhubung ke Jaringan WiFi Pada Xiaomi/Redmi

Sering bikin kesal, begini cara mengatasi masalah tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi pada ponsel Redmi dan Xiaomi.

Siapa sih yang tidak kesal ketika ponsel Xiaomi dan Redmi mereka tidak bisa terhubung ke jaringan Wifi. Meskipun password sudah benar atau jaringan yang terlihat normal, namun koneksi wifi tetap saja tidak bisa tersambung ke ponsel.

Permasalahan satu ini cukup sering dialami oleh pengguna ponsel. Terutama pengguna berbagai seri dari produsen ponsel Xiaomi. Sayangnya hingga saat ini belum bisa dipastikan penyebab resmi mengapa ponsel Xiaomi dan Redmi terkadang tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi.

Untungnya meski penyebabnya belum diketahui pasti, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tentunya bila cara-cara di bawah ini gagal dan ponsel tetap juga tidak bisa terhubung ke jaringan Wifi, maka sebaiknya segera membawa ke service center Xiaomi terdekat.

Sebelum itu, ikuti dulu langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi ponsel tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi.

8 Cara Mengatasi Ponsel Xiaomi dan Redmi Tidak Bisa Terhubung ke Jaringan WiFi

1. Mode Airplane

Mode Airplane disarankan untuk melakukan restart sementara pada sistem. Ketika mode ini berjalan, semua koneksi di ponsel akan terputus. Termasuk juga koneksi ke jaringan Wifi.

Biarkan ponsel dalam airplane mode terlebih dulu selama beberapa waktu. Setelah itu, baru kembali matikan airplane mode dan sekali lagi coba menghubungkan ke jaringan wifi.

Airplane mode bekerja dengan melakukan refresh pada koneksi. Bila terdapat masalah atau bug ringan, maka akan bisa diatasi dengan metode ini.

2. Coba Koneksi di Ponsel Lain

Setelah melakukan cara pertama di atas dan koneksi wifi belum juga bisa terhubung, Anda bisa mencoba menghubungkan koneksi wifi dengan ponsel lain. Bila wifi terhubung di ponsel berbeda, bisa berarti permasalahan terletak pada ponsel Redmi dan Xiaomi yang Anda gunakan.

Selain itu Anda juga bisa mencoba menghubungkan ponsel ke jaringan wifi lain. Jika ternyata ponsel bisa menangkap jaringan wifi tersebut, maka kemungkinan terdapat masalah pada pengaturan wifi sebelumnya. Bisa juga, wifi sebelumnya sudah digunakan oleh banyak perangkat. Sehingga tidak bisa terhubung pada perangkat ponsel baru.

3. Restart Modem

Sering kali, masalah mengapa jaringan Wifi tidak bisa terhubung bukanlah kesalahan pada ponsel. Melainkan pada koneksi di jaringan wifi tersebut sendiri. Ini bisa dibuktikan dengan memeriksa keadaan dan lampu yang menyala di modem.

Bila lampu berwarna merah dan mengedip menyala di modem, maka bisa dipastikan terdapat masalah pada perangkat. Namun bila lampu yang menyala semua berwarna hijau, permasalahan bisa jadi karena karingan wifi.

Untuk mengatasi kedua permasalahan ini, Anda bisa melakukan restart modem. Caranya cukup matikan modem selama 5 hingga 10 menit. Kemudian hidupkan modem kembali. Jika koneksi wifi belum kembali, ulangi langkah tersebut sebanyak 3 kali dengan jeda 10 menit.

Namun jika masalah terus berlanjut dan koneksi wifi belum juga terhubung kembali, maka sebaliknya hubungi provider penyedia layanan wifi.

4. Hubungkan Ulang Koneksi Wifi

Sudah mencoba semua cara di atas namun ponsel Redmi dan Xiaomi belum juga mau terhubung dengan koneksi wifi? Anda bisa mencoba cara ini.

Cara satu ini cukup mudah. Anda hanya perlu menghapus koneksi wifi yang sudah tersimpan di ponsel. Kemudian mencoba menghubungkan ulang.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Setting atau Pengaturan di ponsel.
  2. Kemudian klik menu Wi-Fi.
  3. Klik nama wi-fi yang sudah terhubung di ponsel untuk membuka menu Detail Jaringan.
  4. Scroll sampai ke bagian bawah, dan klik Forget Network.
  5. Bila sudah, Anda bisa menghubungkan ulang koneksi wifi.
  6. Klik pada nama wi-fi sebelumnya lalu masukkan password.

Cara satu ini dipercaya akan bisa mengembalikan masalah tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi. Terlebih bila masalah tersebut disebabkan karena kesalahan pengaturan jaringan wifi di ponsel.

5. Jaringan Wifi Tersembunyi

Salah satu penyebab lain mengapa ponsel tidak bisa terhubung ke wifi adalah karena jaringan yang tersembunyi. Bila pengaturan pada wifi dipilih untuk menyembunyikan jaringan atau hidden connection, maka besar kemungkinan Anda tidak akan bisa terhubung. Meski mungkin sebelumnya sudah terhubung otomatis.

Mode Hidden Connection kerap dipilih para pemilik jaringan wifi agar koneksi mereka tidak digunakan oleh sembarang orang. Namun kekurangan dari mode ini, koneksi wifi kerap kali tidak terdeteksi. Bahkan bila sebelumnya Anda sudah menghubungkan ponsel ke jaringan wifi.

Untuk mengatasinya, tidak ada pilihan lain selain keluar dari mode Hidden Connection. Setelah jaringan wifi tidak lagi tersembunyi, Anda akan bisa tersambung secara otomatis.

Tentunya cara ini hanya bisa dilakukan bila wifi merupakan milik pribadi Anda. Pasalnay tidak semua orang mengizinkan untuk mengubah pengaturan jaringan wifi yang dimiliki.

6. Update Sistem Operasi

Meskipun jarang, namun sistem operasi yang ketinggalan jaman dan membutuhkan pembaharuan kerap menjadi penyebab ponsel tidak bisa konek di jaringan wifi. Hal ini disebabkan karena ada beberapa pembaruan pada driver wifi yang digunakan di ponsel. Sehingga bila ponsel tidak menerima pembaruan tersebut, fitur wifi tidak akan bisa bekerja secara maksimal.

Untuk menghindari hal ini terjadi, langkah terbaik tentu saja pastikan sistem operasi ponsel Redmi dan Xiaomi yang digunakan selalu terupdate. Pastikan juga untuk selalu melakukan pembaharuan setiap kali ada fitur baru yang dirilis.

Hal ini akan memastikan ponsel Anda dalam keadaan terupdate selalu. Sehingga semua komponen perangkat juga mendapatkan versi pembaharuan yang dibutuhkan.

7. Kecepatan Koneksi Wifi Terlalu Lemah

Penyebab dari masalah wifi yang tidak terhubung juga bisa karena kecepatan internet. Bila wifi bisa terhubung dengan ponsel namun tidak ada koneksi. Maka mungkin saja masalah yang terjadi justru karena koneksi kecepatan internet yang lemot.

Internet yang lemot, ditambah digunakan di banyak perangkat bisa menyebabkan koneksi wifi menjadi tidak stabil. Akibatnya koneksi akan sering terputus atau bahkan tidak tersambung sama sekali.

Permasalahan untuk penyebab satu ini sebenarnya hanya ada beberapa saja. Mulai dari mencoba mematikan router wifi selama beberapa waktu dan mengurangi perangkat yang terhubung ke koneksi wifi. Hingga menghubungi pihak provider layanan wifi untuk meminta perbaikan.

8. Menggunakan VPN

Beberapa dari pengguna ponsel mungkin memilih menggunakan VPN agar koneksi internet menjadi semakin aman dan lancar. Namun di sisi lain, tidak semua provider internet “bersahabat” dengan VPN. Beberapa provider bahkan tidak akan terhubung bila sang pengguna menggunakan VPN.

Jika ponsel kalian menggunakan VPN dan tidak bisa terhubung dengan jaringan wifi, maka cara yang bisa dicoba adalah mematikan VPN untuk sementara. Setelah itu coba sekali lagi untuk terhubung dengan koneksi wifi.

VPN kerap kali akan menghalangi koneksi wifi untuk terhubung. Sehingga semoga cara di atas bisa membantu mengatasi masalah tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi pada ponsel Xiaomi dan Redmi.

Exit mobile version