Perlu Diperhatikan! Ini 5 Tips Menjaga Pola Makan Sehat Setelah Puasa Ramadan

Tips Menjaga Pola Makan Sehat Setelah Puasa

Palingit.com – Tips Menjaga Pola Makan Sehat Setelah Puasa – Berpuasa di bulan suci Ramadan merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk membersihkan hati, pikiran, dan terutama tubuh. Sayangnya, banyak orang yang tidak merasakan manfaat penuhnya.

Mereka tidak memperhatikan pola makan sehat akan mengabaikannya seperti berbuka dengan makanan tidak sehat yang tinggi gula dan lemak.

Puasa adalah cara terbaik menghilangkan lemak dan racun dari tubuh. Kandungan karbohidrat seperti yang terdapat pada nasi akan diubah menjadi energi oleh tubuh. Setelah berpuasa tubuh mulai mencari sumber energi lain, dengan demikian lemak yang tersimpan dapat terbakar.

Nah, saat Anda langsung mengonsumsi makanan asin, manis, dan bahkan gorengan bisa menghambat proses detoksifikasi hingga hilangnya salah satu manfaat puasa 12 jam tersebut.

Sekarang, usai bulan suci Ramadan berlalu, Anda kembali pada pola makan 3-4 kali sehari seperti yang dilakukan beberapa bulan lalu. Tidak lupa pula Anda harus mengikuti beberapa tips hidup sehat guna mengembalikan tubuh ke jalan semula.

Kembalikan Waktu Sarapan di Pagi Hari

Setelah rutinitas kita sebulan penuh berpuasa dan tidak sarapan, tubuh akan meminta mengatur ulang untuk memulai kebiasaan baru lagi.

Sarapan dengan mengonsumsi sedikit karbohidrat dan satu lauk sebenarnya sudah cukup guna menumbuhkan energi tubuh di pagi hari menjelang siang.

Tubuh menyarankan Anda makan makanan dengan gizi seimbang dan tetap waspadai banyaknya kalori yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan berat badan naik dan gangguan kesehatan.

Memilih Makanan Sehat

Pentingnya memilih makanan sehat serta jangan terburu-buru mengonsumsi gorengan, junk food, out food, atau makanan yang terlalu banyak lemak dan pedas berlebihan.

Idealnya langkah tersebut harus dilakukan sepanjang tahun, akan tetapi hal ini penting diterapkan setelah puasa karena tubuh cenderung lebih mungkin terkena asam, kembung, dan gangguan pencernaan.

Rajin Minum Air Putih

Selama berpuasa, tubuh kehilangan banyak cairan karena kekurangan minum air. Oleh karena itu, mulai rajin kembalilah mengonsumsi air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Pastikan tubuh Anda terhidrasi secara normal dengan minum banyak cairan, baik itu air kelapa, jus lemon, jus jeruk, dan yang paling utama adalah air putih.

Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Tidak hanya melancarkan pencernaan, buah dan sayur ternyata juga dapat membantu kekurangan mineral dalam tubuh selama kita berpuasa di bulan Ramadan.

Dengan mengonsumsi buah dan sayur, Anda tidak perlu khawatir akan berat badan naik dan perencanaan diet berlebihan yang dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Kontrol Porsi Makanan

Usai puasa selama sebulan penuh tidak mengharuskan tubuh mengonsumsi terlalu banyak makanan, terlebih makanan yang tidak sehat.

Apabila Anda ingin tubuh tetap dalam kondisi sehat, maka tidak boleh mengonsumsi terlalu berlebihan meskipun makanan yang dikonsumsi sehat.

Agar perut tidak bermasalah dan gangguan lainnya muncul, terapkanlah kembali pola makan 3 kali sehari untuk sarapan pagi, makan siang, dan malam hari.

Saat sarapan kita bisa mengonsumsi nasi dan lauk secukupnya saja. Kemudian, saat makan siang buatlah porsi yang lebih banyak dari sarapan dan makan malam. Selanjutnya, konsumsi makanan lebih sedikit untuk malam hari agar saat tidur lambung tidak terlalu penuh lagi.

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat terkait Tips Menjaga Pola Makan Sehat Setelah Puasa Ramadan.

Semakin Anda konsisten dalam menerapkan pola makan sehat, maka manfaat yang didapat dari berpuasa selama satu bulan penuh tidak akan sia-sia.

Exit mobile version