3 Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang HP Android

Menghentikan Aplikasi Berjalan Latar Belakang

Menghentikan Aplikasi Berjalan Latar Belakang

Palingit.com – Menghentikan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang – Sebagian besar smartphone android sudah dibekali spesifikasi yang mumpuni untuk menjalankan aplikasi, tidak lain ialah RAM di atas 2GB.

Akan tetapi, meskipun HP bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, tetap ada batasnya juga, lho.

Misalnya kamu membuka apl Facebook kemudian dilanjut Instagram & WhatsApp tanpa membersihkan task dahulu, RAM akan semakin membengkak dan HP pun mungkin jadi lemot bahkan ngefreeze.

RAM menjadi selalu penuh sebab terdapat 2 jenis cara kerja apl android, yakni aplikasi berjalan di latar depan dan juga latar belakang. Kamu harus tahu hal ini.

Aplikasi yang berjalan di latar belakang bukan hal aneh lagi. Apl sosial media seperti Facebook, Twitter, WhatsApp biasanya terus berjalan di latar belakang guna menerima notifikasi tertentu.

Bukan hanya sosial media, aplikasi yang jarang digunakan juga justru memakan ruang RAM HP sehingga kinerja jadi menurun dan lemot.

Maka dari itu, penting untuk kita menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang. Di artikel ini saya akan mengulas lanjut mengenai cara menghentikan sampai mencegahnya.

Cara Menghentikan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

Berikut ini deretan poin penting yang harus dicoba untuk menghentikan aplikasi yang diam-diam berjalan di latar belakang.

Metode di bawah ini dapat dilakukan semua merek HP seperti ASUS, Infinix, Oppo, Realme, Redmi, Samsung, Vivo, Xiaomi, dan lain sebagainya.

Paksa Berhenti Aplikasi Secara Manual

Cara sederhana ialah dengan memaksa berhentikan (force stop) aplikasi yang menurut kamu memakan RAM terlalu banyak.

Tapi sebelum itu, ketahui dulu aplikasi apa sih yang selalu berjalan di latar belakang. Caranya:

  1. Masuk Pengaturan HP.
  2. Gulir ke Manajer Aplikasi.
  3. Pergi ke Aplikasi Berjalan.
  4. Lihat dan ingat-ingat aplikasi tersebut yang nantinya akan di-force stop.

Catatan: Langkah di atas tentu ada bedanya tergantung merek HP yang kamu pakai. Jika menu Aplikasi Berjalan tidak ada, maka kamu perlu masuk ke Opsi Pengembang kemudian ketuk Pemakaian Memori. Di sana, terdapat kapasitas RAM HP serta penggunaannya.

Nah, apabila sudah menemukan beberapa aplikasi berjalan latar belakang. Selanjutnya ikuti langkah di bawah ini untuk menghentikannya. Caranya:

Aplikasi yang sudah dipaksa berhenti secara otomatis tidak akan berjalan lagi, kecuali setelah HP di-restart. Semoga membantu, ya!

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu merasa ribet menghentikan aplikasi satu-persatu, solusi tepat adalah dengan memakai aplikasi tambahan.

Beragam banyak aplikasi pembantu force stop apl, salah satu yang terbaik menurut saya ialah KillApps dari Tafayor Tech.

KillApps

Kamu dapat menginstalnya di Google Play Store. Setelah selesai, berikut di bawah ini langkah-langkah menghentikan aplikasi dengan satu ketukan.

Buka aplikasi KillApps dan pilih daftar apl yang ingin dihentikan.

Daftar Apl

Jika sudah, ketuk tombol Play untuk mulai menghentikan aplikasi secara otomatis. Tunggu hingga proses tersebut selesai.

Proses Penghentian

 

Catatan: Dengan KillApps, selain menghentikan aplikasi pihak ketiga juga bisa force stop apl sistem yang memakan ruang RAM banyak.

Menghentikan Sinkronisasi Otomatis

Selain memulai otomatis setelah HP di-restart, ternyata beberapa aplikasi lainnya juga bisa dimulai ulang karena sinkronisasi selalu aktif.

Ini dikarenakan salah satu fungsi sinkronisasi ialah menyamakan data tersimpan dari server ke HP Android. Makanya, meski apl sosial media telah dipaksa berhenti, beberapa waktu kemudian apl tersebut dimuat ulang dan berjalan di latar belakang.

Oleh karena itu, menonaktifkan fitur sinkronisasi merupakan jalan terbaik mencegah agar aplikasi tidak memulai otomatis.

Nonaktifkan Sinkronisasi

Caranya cukup mudah:

Membatasi Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Lakukan juga pembatasan aplikasi berjalan di latar belakang jika dirasa ketika main game HP sering lemot sebab banyaknya apl berjalan di-background.

Untuk melakukannya, kamu perlu mengaktifkan Opsi Pengembang terlebih dahulu agar fitur ini dapat berfungsi.

Simak cara membatasi aplikasi latar belakang:

Setelah masuk ke Opsi Pengembang, gulir ke bawah dan temukan Batas Proses Background.

Opsi Batas Proses Background

Nah, kemudian pilih batas proses yang kamu perlukan. Saya sedikit jelaskan, intinya setiap proses aplikasi berjalan dapat dibatasi sesuai keinginan.

Batas Proses Background

Kalau kamu membatasi hingga tidak ada proses latar belakang. Maka dengan ini, RAM enggak akan selalu penuh dan performa ponsel pun kemungkinan bisa meminimalisir terjadinya lag.

Namun, perlu diingat bahwa cara ini membuat proses multitasking tidak berjalan sempurna. Misalnya, kamu membuka satu aplikasi kemudian dilanjut buka apl kedua. Nah, aplikasi pertama tadi langsung dihentikan secara otomatis.

Akhir Kata

Dengan adanya artikel ini diharapkan mampu mengetahui cara menghentikan aplikasi berjalan di latar belakang.

Beberapa langkah di atas sudah saya terapkan di berbagai HP Android, jadi kamu enggak perlu khawatir tutorial ini tidak sesuai keinginan. Akan tetapi, mungkin ada saja sedikit perbedaan langkah. Jadi, sesuaikan masing-masing, ya!

Semoga membantu.

Exit mobile version