Cara Menghapus Malware di Android Secara Permanen – Aman dari Virus

cara menghapus malware di android

Bagi para pengguna hp, kehadiran malware sangat mengganggu oara penggunanya, khususnya pengguna hp android. Tapi tak perlu khawatir, sebab artikel ini akan membahas mengenai cara menghapus malware di android agar tidak mengganggu para penggunanya.

Saat akan mengakses internet, terutama situs ilegal akan ada banyak malware yang menyerang. Malware merupakan malicious warfare atau perangkat lunak jahat yang menyerang hp. Malware paling ringan adalah jenis iklan pop up yang kerap muncul saat ingin membuka situs, terutama situs legal.

Cara Menghapus Malware di Android

Malware adalah program yang dirancang secara khusus dengan tujuan untuk merusak dan menyusup ke sistem perangkat. Malware dapat mengambil data pribadi melalui program yang terinfeksi dan email.

Parahnya lagi malware dapat menyebabkan kerusakan dan bocornya data serta informasi yang ada di hp. Penyebab utama malware adalah sering mendownload melalui situs ilegal. Sebab situs ilegal merupakan gudangnya malware sejenis virus, worm, dan trojan horse yang berbahaya.

Jika Anda mendapati malware di hp, segera ambil tindakan agar malware tidak menyerang semakin parah. Bagaimana caranya? Simak cara menghapus malware di android sebagai berikut.

1. Matikan HP

Jika memang yakin hp terserang malware, segera matikan terlebih dahulu. Memang cara ini tidak akan menghilangkan malware secara permanen, tetapi dengan cara ini Anda bisa menghentikan penyebaran malware agar tidak semakin parah.

2. Safe Mode

Saat ingin mengakses sebuah situs ilegal, agar data-data di hp Anda aman pastikan untuk menggunakan safe mode. Dengan safe mode Anda bisa mengakses situs yang diinginkan, sekaligus membatasi serangan dadakan malware.

Saat ini beberapa jenis hp android telah menanamkan safe mode dengan cara menahan tombol daya selama beberapa detik. Jika hp tidak ada safe mode, maka bisa menggunakan mode peswat agar jaringan tidak masuk.

3. Hapus File Aneh

Periksa hp dan bersihkan file-file yang aneh dan mencurigakan. Untuk membersihakn file bisa melalui Manager File dan cari beberapa jenis file yang ingin Anda hapus.

File aneh ini biasanya berbentuk tidak biasa, tidak bisa dibaca oleh perangkat, bahkan tidak bisa dibuka. Jadi jika And amenemukan file tersebut, segera hapus dan singkirkan dari hp sebelum malware menyerang.

4. Uninstall Aplikasi Penyebab Malware

Selain menghindari situs ilegal, malware juga kerap ditemukan di beberapa jenis aplikasi. Jika aplikasi yang Anda gunakan terdapat malware, segera unistall aplikasi tersebut agar hp terbebas dari malware.

5. Gunakan Aplikasi Malware Protection

Jangan lupa untuk menggunakan malware protection, aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda dapat dari Google Play Store. Selain itu aplikasi ini juga bisa menghapus malware yang mulai masuk ke hp. Di Play Store, ada banyak jenis Malware protection yang bisa Anda pilih untuk melindungi hp dari malware.

Ciri-Ciri HP Terinfeksi Malware

Setelah mengetahui cara menghapus malware di android. Anda juga harus tahu ciri-ciri hp atau perangkat yang terindikasi virus malware. Apa saja itu? Simak sebagai berikut.

1. HP cepat Panas

Hp yang terserang virus malware akan timbul suhu panas yang sangat tak wajar. Bahkan hp kerap teras apanas walaupun tidak dimainkan sekalipun. Hawa panas ini merupakan sindikasi bahwa malware sedang bekerja menyerang data-data yang ada di hp.

2. Baterai Drop

Baterai hp memiliki waktu penggunaan yang cukup lama jika dipakai dalam pemakaian normal. Rata-rata hp bisa bertahan hingga 609 jam untuk pemakaian ringan. Tetapi jika terinfeksi malware, baterai akan cenderung cepat habis walaupun tidak dimainkan.

3. Performa HP Menurun

Hp bisa saja terasa lambat apabila membuka banyak aplikasi atau banyak menyimpan dokumen. Tetapi, pada hp yang terinfeksi malware performa hp akan terasa sangat lambat.

4. Muncul Iklan

Jika hp Anda sudah mengalami ciri-ciri ini, segera ambil tindakan untuk mengamankan data-data yang ada pada hp. Iklan bisa saja muncul saat baru menginstal sebuah aplikasi dari sumber tidak dikenal atau tidak resmi. Jadi lebih baik uninstall aplikasi tersebut agar hp aman.

5. Layar Muncul Glitch

Pada hp normal, glitch akan muncul selama 1-2 detik saja, dan sangat jarang terjadi. Tetapi pada hp yang terinfeksi malware, glitch kerap timbul dan menyerang secara terus-menerus.

Demikian beberapa cara menghapus malware di android. Perkembangan teknologi semakin pesat dan maju, sebagai pengguna hp kita dituntut untuk selalu meningkatkan kewaspadaan agar data-data yang ada di hp tetap aman.

Exit mobile version