Cara Mengembalikan Aplikasi yang Sudah di Uninstal di Android

cara mengembalikan aplikasi di hp

Cara mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstal di Android – Aplikasi pada hp saat ini memegang peran penting tersendiri, baik itu di hp android ataupu IOS. Semakin banyak kebutuhan akan teknologi, semakin banyak juga aplikasi yang diinstall di hp.

Tetapi pernahkah Anda merasakan aplikasi terhapus tiba-tiba? Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan, karena mengingat aplikasi yang ada di hp sangatlah penting. Tetapi tak perlu khawatir karena hal tersebut bisa di atasi dengan beberapa cara umum.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang di Uninstal di Android

Beberapa cara mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstal di Android ini sangat umum untuk dilakukan. Cara mengembalikannya tentu berbeda-beda, tergantung dari sistem operasi dan perangkat yang digunakan. Berikut caranya:

1. Melalui Google Play Store

Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah membuka Google Play Store dan mengembalikan aplikasi tersebut melalui aplikasi bawaan ini. Anda hanya perlu mencari aplikasi yang hilang lalu mengunduhnya kembali. Untuk mengembalikannya, berikut langkah-langkah yang harus diikuti:

Melalui IOS:

2. Menggunakan Fitur Backup

Beberapa perangkat dan sistem operasi pada hp biasanya menyediakan fitur backup untuk mengembalikan data file dan aplikasi yang tiba-tiba hilang. Fitur ini bisa Anda manfaatkan untuk mengembalikan aplikasi yang tidak sengaja diuninstall. Tetapi jika tidak ada fitur backup, Anda bisa menggunakan aplikasi fitur backup sebagai berikut.

3. Download Ulang

Jika cara di atas tidak membuahkan hasil, Anda bisa mencoba cara mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstal di Android yang terakhir ini. Cara ini merupakan cara paling cepat dan mudah karena hanya tinggal membuka aplikasi Play Store dan mengetik ulang nama aplikasi yang ter uninstall.

Penyebab Aplikasi Terhapus Tanpa Sebab

Tak perlu panik, semua penyebab pasti ada caranya. Asalkan Anda tahu apa yang menjadi penyebab aplikasi tersebut terhapus secara tiba-tiba. Perlu diketahui, ada beberapa penyebab aplikasi di hp tiba-tiba terhapus tanpa diketahui, berikut penjelasannya:

Untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi lagi, ada baiknya backup data secara teratur dan hati-hati saat ingin menghapus beberapa aplikasi yang tak digunakan. Hal ini bertujuan agar aplikasi penting tidak terhapus, terlebih lagi jika aplikasi tersebut berisi file-file penting.

Demikian cara mengembalikan aplikasi yang sudah di uninstal di Android. Semoga bermanfaat!

Exit mobile version