Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di HP – Solusi Lengkap

Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di Android

Anda pasti pernah mengalami video tidak bisa diputar di HP? Tak perlu panik, masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah asalkan Anda tahu bagaimana cara mengatasi video tidak bisa diputar di Android.

Walaupun terbilang sepele, ternyata cara mengatasi masalah ini tak banyak diketahui oleh pengguna hp Android. Bagi Anda yang ingin mendapatkan tips dan caranya, simak artikel ini sampai selesai!

Penyebab dan Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Diputar di Android

Ada kalanya hp tiba-tiba tidak bisa memutar sebuah video. Entah itu videonya yang bermasalah atau kartu SD. Sebenarnya ada banyak penyebab dan alasan mengapa video di android tidak bisa diputar.

Sebelum masuk ke informasi mengenai cara mengatasi video tidak bisa diputar di Android. berikut ini beberapa penyebab video tak bisa diputar yang wajib kamu ketahui:

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, berikut ini cara mengatasinya:

1. Bersihkan Cache HP

Langkah yang pertama ini merupakan langkah paling mudah, hanya dengan menghapus cache hp. Tanpa disadari, cache hp yang menumpuk di sampah kerap menjadi berbagai penyebab gangguan yang ada pada hp.

Jika cache sudah menumpuk, maka solusinya adalah membersihkannya agar pemutar video di hp dapat digunakan secara normal kembali. Berikut caranya:

2. Periksa File Video

Bisa jadi file video yang kamu simpan mengalami error atau corrupt. Jadi pastikan untuk memeriksanya terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah selanjutnya.

Jika kamu mendapat video tersebut dari sebuah website, pastikan untuk mengunduh filenya dengan baik dan benar. Sebab biasanya file yang error berukuran 0 kb sehingga tidak bisa diputar.

Jika kamu mendapatkan file tersebut dari seseorang, mintalah ia untuk mengirimnya kembali dengan format lain. Dan pastikan agar video tersebut terunduh dengan baik dan benar agar bis diputar.

3. Periksa Pemutar Media

Selain cache menumpuk dan file corrupt, pemutar media yang rusak atau lawas juga bisa menjadi penyebabnya. Biasanya hal ini kerap terjadi pada pemutar media versi lawas, sehingga video tidak bisa diputar.

Jika masalahnya ada di pemutar media, maka kamu hanya perlu melakukan update pada pemutar media yang digunakan. Perbarui atau install ulang aplikasi pemutar media melalui Google Play Store dan jika sudah, cobalah untuk membuka file video tersebut.

4. Restart Perangkat

Cara mengatasi video tidak bisa diputar di Android selanjutnya ini cukup melakukan restart ulang pada hp. Dengan melakukan restart, 99 persen masalah yang ada pada hp akan teratasi dengan baik.

Sebab saat kita melakukan restart pada hp, sistem akan melakukan refresh dan pembaruan pada hp. Sehingga beberapa error yang tidak terdeteksi dapat teratasi ketika hp selesai di restart.

5. Copot Aplikasi Tak Aman

Aplikasi tak aman dapat menyebabkan virus trojan yang merupakan jenis virus ancaman bagi pengguna android. Jika kamu pernah mendownload dan menginstall aplikasi dari sebuah web asing atau tidak terpercaya, segera hapus aplikasi tersebut dari perangkat.

Sebab kemungkinan aplikasi tersebut menghambat kelancaran fungsi sistem, sehingga pemutar video bawaan perangkat terganggu bahkan rusak.

6. Gunakan Video Player

Jika video player yang ada di hp sudah diperbarui dan video masih tetap tidak ingin diputar. Maka solusinya adalah menggunakan video player dari pihak ketiga. Ada banyak jenis video player yang bisa kamu gunakan, misalnya MX Player, VLC, dan BS yang bisa didownload melalui Google Play Store.

7. Update Sistem Perangkat

Cara terakhir kamu harus melakukan update pada sistem perangkat hp. Sebab bisa jadi penyebab utamanya adalah hp itu sendiri.

Bisa jadi sistem perangkat telah usang sehingga video tidak bisa diputar. Untuk melakukan update pada sistem perangkat pun sangatlah mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi video tidak bisa diputar di Android. Semoga berhasil!

Exit mobile version