Mengatasi HP Realme Sering Restart Secara Tiba-tiba atau Bootloop

Mengatasi HP Realme Sering Restart Secara Tiba-tiba atau Bootloop

Realme sering restart bootloop menjadi masalah paling mengesalkan. Begini cara mengatasi ponsel yang terus menerus mengalami bootloop ini.

Ponsel yang sering tiba-tiba restart dan bootloop memang menjengkelkan. Bagaimana tidak, Anda hampir tidak akan mungkin bisa menggunakan ponsel. Pasalnya sistem akan terus mengalami restart dan berputar-putar pada boot screen. Bootloop ini menyebabkan ponsel tidak bisa masuk ke dalam sistem.

Selain menjengkelkan, Anda juga pastinya khawatir terjadi kerusakan pada ponsel. Hal tersebut memang wajar dirasakan. Pasalnya ponsel yang menerus mengalami bootloop dan restart memang berarti terdapat kesalahan di dalam sistem. Entah itu karena update sistem operasi yang kurang sempurna. Hingga pengaturan pada ponsel yang salah.

Sebelum mencari tahu bagaimana cara mengatasi ponsel Realme sering restart (bootloop), sebaiknya ketahui dulu apa sih penyebabnya. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Penyebab Ponsel Realme Tiba-tiba Restart dan Bootloop

Sedang asyik menggunakan ponsel ketika tiba-tiba mati dan mengalami restart? Atau malah ketika restart, ponsel Realme justru berhenti di layar boot dan tidak bisa hidup? Bila ini terjadi pada ponsel, kenali dulu beberapa penyebabnya.

1. Custom ROM Tidak Sesuai

Bootloop pada ponsel Realme memang tidak terjadi tanpa alasan. Biasanya permasalahan ini terjadi ketika Anda mengutak-atik pengaturan pada ponsel. Salah satunya ketika melakukan flashing pada custom ROM.

Kesalahan pada saat flashing custom ROM dan mengganti yang baru bisa menyebabkan ponsel Realme macet pada bootloop. Hal ini disebabkan karena file data lama atau dalvik-cache yang tidak dihapus. Sehingga data-data tersebut digunakan pada sistem yang baru terinstall.

Akibatnya tentu saja sistem tidak bisa berjalan. Ponsel pun akan berputar-putar di bootloop terus menerus.

2. Restore File

Bila Anda melakukan restore file pada sistem dari backup yang dimiliki, maka kemungkinan ponsel akan sering restart tiba-tiba. Bahkan tidak mungkin juga akan berhenti di bootloop. Seperti sebelumnya, masalah ini juga disebabkan karena file delvik-cache belum sepenuhnya terhapus. Sehingga sistem akan menggunakan file lama dari backup.

3. MOD Tidak Sesuai Dengan ROM

Kesalahan pada saat menginstal MOD di ponsel Android bisa menyebabkan terjadinya bootloop. Permasalahan ini bisa saja karena MOD yang tidak sesuai dengan stok ROM di ponsel Realme. Maupun susunan MOD yang tidak baik sehingga menyebabkan sistem menjadi berantakan.

4. Permission Setting Tidak Sesuai

Jika bootloop terjadi setelah Anda menginstal sebuah aplikasi baru, maka bisa saja penyebabnya karena permission setting yang tidak sesuai. Pengaturan Permission pada setiap file di Android haruslah sesuai dengan fungsinya. Sehingga file tersebut bisa mengakses bagian yang dibutuhkan pada sistem.

Bila pengaturan tidak sesuai, file maupun aplikasi tidak akan bisa masuk ke dalam sistem. Akibatnya, ponsel Realme akan sering tiba-tiba restart dan bootloop.

Tips dan Trik Atasi Realme Sering Restart Bootloop Tiba-tiba

1. Hapus Cache Partition

Ponsel yang terus mengalami bootloop dan restart membuat Anda hampir tidak bisa menggunakan untuk apa-apa. Bila begini, tidak ada pilihan lain selain masuk ke recovery mode.

Nantinya di recovery mode, Anda bisa mencoba menghapus cache partition lebih dulu. Cara ini akan membantu menghapus data-data delvik-cache yang tidak dibutuhkan dan tidak sesuai dengan sistem saat ini.

Untuk masuk ke recovery mode di Realme, caranya mudah. Matikan ponsel lebih dulu lalu tekan tombol power dan volume down. Tahan selama beberapa waktu hingga muncul logo. Setelah berada di recovery mode, pilih opsi Wipe Cache Partition. Lakukan konfirmasi untuk menghapus semua data.

Bila sudah, restart dan hidupkan kembali ponsel. Periksa apakah ponsel sudah bisa digunakan dengan normal.

2. Instal Ulang Software

Jika sudah mencoba cara pertama namun ponsel Realme masih terus mengalami restart, maka tidak ada pilihan lain selain melakukan instalasi software ulang. Caranya tidak sulit. Namun sebelum melakukan cara ini, pastikan sudah membackup semua data-data di ponsel.

Setelah itu baru ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama-tama, download software ponsel Realme terlebih dulu di sini.
  2. Bila sudah, pindahkan file data tersebut ke SD Card ponsel. Sebaiknya jangan masukkan file ke dalam folder agar lebih mudah ketika dicari.
  3. Masukan SD Card ke dalam ponsel Realme yang terus mengalami bootloop.
  4. Kemudian masuk ke recovery mode dengan menekan tombol volume bawah dan powet bersama-sama. Tahan beberapa detik hingga terlihat logo recovery mode.
  5. Di recovery mode, pilih menu untuk Install From Storage Devices.
  6. Pilih From SD Card dan klik file software yang sebelumnya sudah diunduh.
  7. Klik tombol Yes untuk melanjutkan.
  8. Tunggu hingga proses selesai lalu hidupkan ponsel kembali.

Cara ini akan mengembalikan software ponsel Realme ke setelan pabrik. Hal ini berarti semua file dan juga data-data aplikasi akan terhapus. Anda bisa memeriksa apakah ponsel masih sering mengalami restart. Sekaligus juga melakukan restore backup untuk file-file lain.

3. Hard Reboot

Namun jika Anda tidak bisa melakukan backup data-data karena ponsel terus mengalami bootloop dan restart, cara sebelumnya tentu tidak bisa digunakan. Pasalnya semua data akan hilang ketika menginstall sistem operasi baru.

Tidak perlu khawatir. Ada cara mengatasi ponsel Realme sering restart bootloop tanpa harus kehilangan semua data. Anda cukup melakukan hard reboot dengan cara berikut ini.

  1. Langkah pertama masuk ke Recovery Mode lebih dulu.
  2. Caranya seperti sebelumnya. Matikan ponsel lalu tekan tombol Power dan Volume down bersamaan. Tahan tombol beberapa detik hingga masuk ke mode recovery.
  3. Di mode recovery, sebaiknya memilih bahasa Inggris untuk memudahkan. Klik pilihan English.
  4. Selanjutnya, klik opsi Wipe Data.
  5. Anda akan masuk ke halaman baru. Kali ini pilih opsi Wipe Data (Keep SMS, Contact and Photos) agar data-data seperti kontak buku telepon dan foto tidak terhapus.
  6. Bila sudah klik tombol OK.
  7. Tunggu hingga proses berjalan dan muncul pesan Wipe Succesfully.
  8. Kembali klik tombol OK lalu pilih menu Reboot.

Tunggu sampai ponsel kembali hidup lalu coba menjalankan beberapa aplikasi. Bila berjalan lancar, maka ponsel sudah tidak lagi mengalami error bootloop.

4. Flash Ponsel

Cara terakhir jika semua langkah di atas tidak memperbaiki ponsel yang terus restart tiba-tiba. Hanya saja berbeda dengan cara-cara di atas, untuk melakukan flash sebaiknya tidak dikerjakan sendiri. Lebih baik bawa ponsel ke teknisi dan service resmi.

Sebelum melakukan flash, pindahkan dan backup dulu file-file penting pada ponsel. Pasalnya nantinya flash akan menghapus semua data-data yang ada di ponsel. Mengembalikan ponsel ke setelan pabrik.

Di atas merupakan cara-cara untuk mengatasi permasalahan ponsel Realme sering restart dan bootloop. Anda bisa mencoba melakukan satu per satu cara di atas. Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab ponsel terus menerus atau tiba-tiba restart dan bootloop.

Semoga cara di atas membantu Anda mengembalikan kerja ponsel seperti semula!

Exit mobile version