Cara Mengatasi HP Ngeframe saat Bermain Game

cara mengatasi HP ngeframe

Palingit.com – Perangkat Android yang mendadak ngeframe ketika sedang bermain game, tentunya sangat mengganggu. Namun, tenang, ada beberapa cara mengatasi HP ngeframe yang bisa Anda terapkan. Ponsel yang tiba-tiba ngeframe disebabkan beberapa faktor, sedangkan pilihan solusinya ada di bawah ini.

Memperbarui Game

Update atau memperbarui game bisa Anda lakukan, ketika perangkat Android sering mengalami lag. Bisa saja penyebab lag adalah tipe game yang sudah tertinggal update-nya.

Selain itu, tipe game yang lama dapat menjadi penyebab beberapa file tidak kompatibel ketika dijalankan.  Mengupdate game sangat mudah untuk dilakukan. Bagi Anda pengguna Android, bisa memperbaruinya di Google Play Store.

Matikan Mode Hemat Daya

Pengaktifan mode hemat daya, dapat mengakibatkan berkurangnya performa ponsel pintar. Ketika mode ini diaktifkan, maka performa SoC yang diperuntukkan mengolah data akan berkurang. Karena hal tersebut, SoC tidak memerlukan banyak daya yang asalnya dari baterai.

Perlu Anda ketahui, ketika ponsel digunakan bermain game, maka tidak baik menggunakan mode hemat daya. Performa optimal dari SoC ponsel dibutuhkan ketika Anda bermain game, agar game yang dimainkan lancar.

Memperbarui OS

Umumnya, ponsel dari berbagai brand akan melakukan pembaruan versi perangkat lunaknya di saat tertentu, sehingga sistem lebih efektif dan bug di versi sebelumnya dapat diatasi.

Versi perangkat lunak yang diperbarui dapat menjadikan ponsel bekerja lebih baik.  Lewat pembaruan tersebut, mungkin saja ponsel mendapatkan fitur baru yang bermanfaat dan bisa meningkatkan performa game.

Restart Perangkat Android

Cara yang satu ini bisa Anda terapkan sebelum memainkan game di smartphone. Ponsel yang terlalu lama menyala, umumnya, secara otomatis akan menjalankan macam-macam aplikasi sistem pada latar belakang. Akibatnya, ruang di memori dan kerja dari SoC bisa tersita.

Merestart ponsel bisa menjadi salah satu cara mengatasi HP ngeframe pada kasus ini. Artinya, sistem di ponsel pintar akan diulang dari awal. Dengan melakukan hal tersebut bisa mencegah ponsel menjalankan aplikasi pada latar belakang yang tidak dibutuhkan.

Membersihkan Cache

Salinan data yang tersimpan dalam ponsel disebut cache. Jadi, cache berperan meminimalisir waktu loading, sebab, salinan data sudah tersimpan pada ponsel Anda sebelumnya. Kadang-kadang, cache yang menumpuk dapat mengakibatkan game lemot.

Ketika Anda tidak mengingat waktu terakhir kali membersihkan cache, maka penyebab game lemot bisa jadi hal ini. Karena itu, Anda bisa segera menghapus cache.

Hentikan Aplikasi pada Latar Belakang

Ketika sedang bermain game, bisa saja Anda tidak menyadari, masih berjalannya aplikasi tidak terpakai pada latar belakang. Contohnya seperti Facebook, Chrome, Maps Youtube dan sebagainya.

Aplikasi tidak terpakai yang masih berjalan pada latar belakang tersebut, bisa meningkatkan beban kerja SoC.  Meningkatnya beban kerja SoC ini diakibatkan mengolah banyak data, dan performa game dapat dipengaruhi beban kerja SoC.

Terpengaruhnya performa game ini disebabkan lambatnya data yang direspon SoC, bahkan, aplikasi berjalan pun dikatakan menghabiskan memori RAM.  Jadi, tutuplah aplikasi pada latar belakang, sebelum Anda mulai memainkan game.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Terpakai

HP ngeframe ketika bermain game, juga bisa diatasi dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak Anda pakai, untuk mencegah penuhnya memori internal ponsel.

Aplikasi yang tidak sempat digunakan atau jarang digunakan, tidak akan dihapus pembersih file, jadi, Anda bisa menghapusnya secara mandiri.  Ketika memori penuh, maka Anda tidak bisa mengupdate game.

Beberapa cara mengatasi HP ngeframe saat bermain game bisa Anda lakukan, agar aktivitas tersebut berjalan tanpa hambatan. Jadi, tidak perlu kebingungan lagi mengatasi HP ngeframe.

Exit mobile version