Penyebab dan Cara Mengatasi HP Mati Total

Cara Mengatasi HP Mati

Palingit.com – Cara Mengatasi HP Mati – Pada saat Hp mati total akan menjadi kasus yang cukup sering terjadi. Karena saat ini Hp sudah menjadi alat elektronik yang sangat dibutuhkan sekali untuk meningkatkan mobilitas dalam berkomunikasi dengan orang lain. Nah, jika hp Anda terjadi masalah seperti ini, ada beberapa cara yang bisa Anda coba sebelum membawanya ke service center resmi. Simaklah dengan seksama ya.

Jenis – Jenis Kerusakan Pada HP

Sebelum mengetahui cara memperbaiki hp mati total, kita perlu ketahui juga penyebab hp mati total yang salah satunya adalah jenis kerusakan pada smartphone.

1) Bootloop

Boot dalam bahasa sistem operasi yaitu proses awal pada ponsel yang akan menyiapkan semua peripheral input-output dan memuat berbagai script yang diperlukan supaya ponsel Anda bisa menyala dengan sempurna. Sedangkan Loop ialah berulang – ulang atau pengulangan. Intinya, Bootloop adalah kerusakan pada android yang tidak dapat melakukan boot/reboot (restart) dengan sempurna.

Pada saat perangkat Anda mengalami bootloop, sebenarnya perangkat tersebut sedang mencoba untuk mematikan dan menghidupkan sistem kembali supaya proses bootloop teratasi.

Beberapa dari masalah bootloop ini sering  terjadi karena adanya error pada software yang terinstal di perangkat tersebut. Selain itu juga, bisa karena driver yang tidak terhubung dengan baik pada perangkat.

2) Softbrick

SoftBrick adalah suatu kondisi atau keadaan ponsel yang tidak dapat bekerja dengan baik dan tidak dapat melakukan proses pada sistem yang terprogram seperti biasanya, atau pada sistem ini mengalami kegagalan untuk berjalan dengan normal, yang terjadi karena kegagalan (Rooting, Flashing, Frimware korup/bermasalah, Kernel korup/bermasalah, dan kesalahan pengguna dengan sadar, kadang terjadi juga dari penginstalan Aplikasi yang bermasalah).

Kerusakan jenis Softbrick ini, dimana saat ponsel masih berfungsi dengan normal, tetapi perangkat tidak dapat Anda gunakan secara normal dikarenakan ponsel dengan sistem Android hanya bisa menyala dan tertahan pada layar booting, dan ketika Anda melakukan pengisian daya, ponsel akan tetap merespon pengisian daya yang wajar.

3) Hardbrick

Hardbrick ini yaitu suatu kerusakan pada ponsel Android yang tidak dapat melakukan booting sama sekali dan tidak ada munculnya indikasi kehidupan atau tanda-tanda tertentu. Masalah ini terjadi pada saat Anda mencoba memasang ROM yang tidak cocok atau kurang tepat untuk hp Anda.

Jenis – Jenis HP Mati Total

Hal yang harus Anda ketahui mengenai kondisi seperti apa saja yang bisa disebut dengan mati total. Ada beberapa jenis kondisi pada ponsel anda yang akan dijelaskan terlebih dahulu.

Terdapat beberapa kondisi mengapa hp dapat mati total, antara lain:

1) Hp mati tetapi ketika dinyalakan hanya bergetar saja.

2) Hp bisa menyala tetapi hanya stuck pada recovery.

3) Hp mati tetapi led notifikasi nyala (jika ada) ketika di-charger.

4) Hp mati dan tidak ada respon sama sekali.

Penyebab HP Mati Total

Kerusakan yang menyebabkan hp mati total bisa disebabkan karena masalah pada perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Berikut ini beberapa penyebabnya:

1) Hp jatuh atau terkena benturan yang keras sehingga merusak komponen di dalamnya.

2) Terjadi bug pada sistem setelah melakukan pembaruan software.

3) Konektor atau IC Hp rusak terkena air ataupun kotoran tertentu.

4) Emmc lemah, biasanya dikarenakan hp sudah terlalu lama.

5) Overheating atau panas berlebihan sehingga Hp mati total.

6) Melakukan pengecasan yang salah seperti memakai charger yang bukan ori.

7) Baterai Hp rusak atau tidak mempunyai daya sama sekali.

Penggunaan HP dalam jangka waktu yang panjang bisa menimbulkan kerusakan pada komponen yang ada di dalam perangkat, misalnya PCB rusak atau jalur-jalur di dalamnya berkarat sehingga tidak tersambung dengan komponen.

Cara Memperbaiki HP Mati Total

Nah, setelah mengetahui jenis kerusakan dan penyebabnya, Anda jangan khawatir. Kerusakaan tersebut akan bisa diperbaiki dengan beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Simak penjelasan dibawah ini.

1. Lakukan Cas pada Ponsel Terlebih Dahulu

Cara pertama kalian bisa mencolokkan smartphone ke charger supaya baterainya terisi. Cobalah untuk membiarkannya terhubung selama beberapa waktu. Seperti hal nya jika perangkat Anda tiba-tiba mati, maka hal tersebut karena kehabisan daya baterai.

Dan meski Anda mencoba menyalakannya kembali tidak akan bisa karena tidak ada daya yang tersisa di dalam baterai. Nah, mka dari itu kita coba terlebih dahulu mencharger untuk mengisi baterai perangkat tersebut.

2. Coba Gunakan Baterai HP Lain

Sebelum HP benar-benar tidak bisa dihidupkan, biasanya akan ditandai dengan kerusakan yang lain. Jika HP Anda terkena mati total karena kerusakan baterai, kemungkinan hal ini terjadi akibat tegangan terlalu rendah atau karena hal lain.

Namun jangan khawatir, kamu bisa untuk melepas dan ganti dengan baterai baru atau baterai HP lain untuk lakukan tes apakah HP dapat menyala atau tidak.

3. Hapus Semua Data Ponsel (Factory Reset)

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki hp matot (mati total) adalah dengan me-reset ulang ponsel seperti pengaturan pabrik atau biasa disebut Factory Reset.

Factory Reset adalah proses pengembalian software dari ponsel ke kondisi sistem awal dengan menghapus semua data informasi yang tersimpan pada memori.

Untuk melakukan cara ini, kalian bisa masuk ke mode recovery. Hampir semua ponsel punya mode recovery. Kita bisa menggunakan mode ini untuk me-reset HP dengan kelebihannya yang nggak perlu masuk ke sistem, cara ini cocok untuk memperbaiki HP yang mengalami kerusakan seperti mati total.

Caranya:

1) Matikan HP terlebih dahulu.

2) Nyalakan kembali HP dengan menekan tombol Power + Volume Up + Volume Down secara bersamaan.

3) Tunggu beberapa saat sampai masuk mode recovery (kombinasi tombol jangan dilepas).

4) Setelah itu, masuk ke jendela Wipe.

5) Kemudian pilih Wipe Data atau Factory Reset.

Kalau sudah, tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah itu kalian coba restart HP.

4. Flashing Ulang HP dengan Laptop / PC

Flashing Ulang adalah proses untuk mengganti sistem ponsel Android yang bermasalah/rusak dengan yang baru atau yang masih berjalan dengan normal.

Untuk flashing ulang ini bisanya menggunakan bantuan perangkat pc atau laptop dalam prosesnya. Jadi, jika Anda ingin memperbaiki Hp yang rusak bisa melakukan flashing ulang. Karena jika HP disambungkan dengan PC / Laptop dan terdeteksi, maka kemungkinan besar HP bisa diperbaiki.

Pada setiap Hp mempunyai cara flashing yang berbeda-beda, namun pada intinya sama. Berikut ini adalah saran yang saya berikan saat mencari cara flashing HP kalian, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1) Silahkan buka google terlebih dahulu

2) Kemudian masukkan kata kunci “Cara Flash [merek hp]” (Contoh Cara Flash Infinix Note 11 Pro).

3) Kemudian silahkan kalian ikuti langkah-langkah flashing yang ada di website, atau lebih bagus lagi melihat video tutorial yang ada di Youtube.

Alasan kenapa saya merekomendasikan kalian untuk searching adalah karena setiap HP Android memiliki sistem (firmware) dan chipset (processor) yang berbeda-beda sehingga cara flash nya pun berbeda juga.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh menggunakan tutorial flash dari hp yang tipenya beda dengan HP Anda. Jadi, bisa mencari dan mengikuti tutorial yang ada di internet sesuai dengan tipe Hp. Anda juga bisa mengetahui metode yang paling benar untuk Hp Anda sendiri..

Selain itu, Anda juga harus mencari atau menggunakan tutorial yang ada pada website terpercaya. Contohnya forum resmi hp dan lainnya yang sudah terbukti dari tutorialnya yang berhasil.

5. Keringkan Ponsel Jika Terkena Air

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa air adalah salah satu penyebab umum Hp mati total. Dan jika Hp Anda tidak sengaja terkena atau tercebur ke dalam air, maka harus dikeringan terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan melepaskan baterainya, kemudian masukkan ke dalam beras selama beberapa hari. Hal ini bertujuan supaya air yang bisa jadi masuk ke dalam komponen Hp cepat kering dan hilang. Sehingga tidak menyebabkan korsleting di dalam perangkat.

6. Bawa Ponsel ke Tempat Service

Jika cara di atas sudah dicoba namun belum berhasil, maka langkah terakhir yang disarankan yaitu membawanya ke tempat service. Karena bisa jadi kerusakan yang dialami oleh perangkat lebih berat dari yang Anda kira.

Sehingga membutuhkan penanganan yang lebih serius dengan membongkar atau mengganti komponen yang rusak. Dan tentunya, hal ini harus melibatkan tenaga yang lebih ahli untuk melakukannya.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang penyebab dan cara memperbaiki Hp mati total yang bisa Anda lakukan. Namun, jika Hp tetap tidak bisa menyala, bisa jadi Hp Anda mengalami kerusakan dan masalah yang cukup parah dan menyebar pada semua sistem. Untuk memastikan kondisi tersebut, lebih baik konsultasi dengan service center resmi supaya bisa diperbaiki dengan benar.

Exit mobile version