4 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang yang Efektif

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang

Palingit.com – Kegagalan dalam menginstal aplikasi seringkali menjadi permasalahan tersendiri yang membuat pengguna bingung bagaimana cara untuk mengatasinya. Simak ulasan berikut ini mengenai beberapa rekomendasi cara mengatasi aplikasi tidak terpasang pada HP agar bisa segera digunakan.

Mengaktifkan Pengaturan Unknown Resource

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengaktifkan pengaturan unknown resources pada HP agar tidak terkena kendala keamanan. Sebab, bisa jadi alasan mengapa aplikasi tersebut tidak bisa diinstal adalah adanya kendala dari keamanan yang tidak diperbolehkan oleh ponsel.

Cara untuk mengaktifkan pengaturan ini, yaitu Anda harus masuk ke menu setting ponsel terlebih dahulu. Lalu, pilih fitur password and security, dan klik bagian privacy. Selanjutnya, pengguna ponsel akan diarahkan ke menu special app access.

Setelah itu, silahkan klik pada pilihan install unknown apps guna memberikan izin ponsel untuk memasang aplikasi dari pihak ketiga tanpa adanya kendala keamanan. Lalu, Anda bisa memilih Google Chrome sebagai sumber dari aplikasi dan klik pilihan allow from this source.

Menghapus Cache Google Play Store

Alternatif berikutnya yang bisa digunakan adalah menghapus cache atau sampah aplikasi yang berasal dari Google Play Store. Hal ini karena sampah yang sudah menumpuk dan berukuran besar bisa menyebabkan kinerja dari aplikasi tersebut terganggu.

Langkah yang harus dilakukan adalah membuka menu pengaturan yang merupakan program bawaan ponsel, lalu tap pada pilihan aplikasi. Berikutnya, cari Google Play Store pada daftar aplikasi tersebut dan klik pilihan penyimpanan.

Berikutnya, akan tersedia tombol hapus cache yang harus diklik untuk memunculkan menu install pembaruan. Klik menu uninstall pembaruan tersebut untuk menyelesaikan proses ini agar kinerja Google Play Store kembali ringan.

Terakhir, cobalah untuk menginstal kembali aplikasi yang diinginkan. Jika metode ini tidak berhasil, Anda bisa mencoba beberapa metode lainnya.

Instal Custom ROM

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang selanjutnya, yaitu instal custom ROM yang bisa didapatkan dari pihak ketiga perangkat Anda. fungsi dari custom ROM ini adalah untuk menggantikan stock yang tersedia pada ponsel Anda.

Stock ROM sendiri berguna untuk membantu membuat daya tahan baterai meningkat serta memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi lain. Akan tetapi, cara instal custom ROM ini harus dilakukan oleh profesional.

Apabila Anda baru pertama kali menggunakannya disarankan untuk meminta bantuan orang lain. Selain itu, cara ini bisa menjadi pilihan terakhir apabila memang alternatif lainnya tidak bisa digunakan.

Beri Izin Memori Internal

Solusi berikutnya yang bisa dilakukan adalah memberikan izin pada memori internal untuk menginstal aplikasi. Hal ini diperlukan pada beberapa versi ponsel android, terutama keluaran 5.0 ke atas demi menjaga keamanan ponsel pengguna dari aplikasi yang berpotensi menurunkan kinerja.

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuka menu pengaturan dan klik pada fitur aplikasi. Lalu, cari Google Play Store pada daftar aplikasi dan klik pilihan menu izin. Berikutnya, langsung saja aktifkan penyimpanan. Selanjutnya, coba instal aplikasi tersebut melalui Google Play Store.

Akan tetapi, jika Anda ingin menginstalnya langsung berupa aplikasi, harus menggunakan cara yang sedikit berbeda. Pertama, buka menu pengaturan terlebih dahulu dan klik fitur aplikasi. Lalu, klik pilihan pemasangan paket dan buka menu izin.

Tahap berikutnya, Anda harus mengaktifkan izin penyimpanan agar aplikasi ini berhasil diinstal dengan baik. Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang terakhir, yaitu Anda harus merestart ponsel dan mencoba menginstal kembali guna memastikan alternatif ini sudah berhasil diterapkan.

Exit mobile version