Shortcut Penting MS Office (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint)

Shortcut Penting MS Office (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint)

MS Office atau Microsoft Office merupakan serangkaian software aplikasi yang membantu produktivitas kerja. Software yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft ini memiliki banyak pilihan aplikasi terpisah untuk mengoptimalkan pekerjaan. Tiga macam aplikasi paling populer adalah MS Word, MS Excel, dan MS PowerPoint. Ketahui shortcut penting MS Office yang bisa membantu pekerjaanmu!

Apa Itu Shortcut?

Shortcut adalah cara cepat menjalankan perintah pada sistem operasi atau aplikasi tertentu. Jika tidak menggunakan shortcut, maka kamu harus menjalankan beberapa perintah. Sedangkan shortcut membuat perintah menjadi lebih cepat.

Biasanya, shortcut MS Office menggunakan kombinasi tombol di keyboard. Semua aplikasi memiliki shortcut masing-masing. Namun yang paling berguna adalah aplikasi-aplikasi paling sering dipakai. Seperti MS Word, MS Excel, dan MS PowerPoint.

Shortcut MS Word

MS Word atau Microsoft Word merupakan software untuk mengolah kata seperti membuat, menyunting, atau memformat dokumen. Termasuk aplikasi yang paling sering digunakan. Kamu mungkin sudah tahu shortcut seperti ctrl + C atau ctrl + V, selain itu ada beberapa shortcut penting lain seperti:

1. Shift + F3

Shortcut pertama yang akan sangat bermanfaat untukmu adalah shift + F3. Fungsinya yaitu membuat huruf menjadi kapital. Ketika ditekan sekali, maka huruf awal saja yang akan berubah menjadi kapital. Namun jika ditekan lagi, maka semuanya akan menjadi kapital.

2. Shift + F4

Ingin mencari kata tertentu? Kamu tidak perlu repot-repot mencari menunya. Pasalnya, tombol kombinasi shift + F4 akan langsung menjalankan fitur find text.

3. Shift + F7

Shift + F7 cocok untuk kamu yang ingin parafrase sebuah teks. Pasalnya, shift + F7 bermanfaat untuk membawamu ke thesaurus text. thesaurus adalah kamus untuk menemukan sinonim dan antonim kata.

4. F7

Shortcut satu ini cocok untuk kamu yang sering bekerja memakai Bahasa Inggris. Pasalnya, F7 menjadi shortcut untuk pengecekan grammar dan spelling. Jadi, hanya tinggal tekan F7 saja.

5. F12

Berbeda dengan F7, F12 digunakan untuk mengaktifkan fitur Save As. Jadi jika kamu ingin menyimpan sebagai file baru, maka tekan F12 bukan ctrl + S.

6. Ctrl + F12

Sementara ctrl + F12 untuk membuka dokumen yang sudah ada. Jika kamu tekan bersamaan, nanti akan muncul semua file yang ada di folder Documents. Sangat praktis kan?

Shortcut MS Excel

Software kedua yang paling sering digunakan adalah aplikasi pengolah angka atau MS Excel. Berikut ini shortcut penting MS Office untuk MS Excel:

1. Ctrl + Alt + V

Shortcut untuk paste special adalah ctrl + alt + V. Pertama salin sel atau rentang sel, lalu tekan shortcut untuk membuka dialog paste special

2. Ctrl + Shift + Enter

Ingin melihat nilai setiap langkah dalam perhitungan rumus? Kamu bisa membuka jendela evaluate formula dengan shortcut ctrl + shift +enter sehingga bisa lebih cepat.

3. F4

Absolute referensi bermanfaat untuk mengunci atau membuat referensi sel absolut pada rumus. Kamu bisa memilih referensi sel dengan cara menekan F4.

4. Alt +=

Kamu bisa menambahkan rumus SUM dengan cepat di sel menggunakan alt +=. Nanti semua sel yang telah dipilih akan ditambahkan secara otomatis.

5. Ctrl + D atau Ctrl + R

Kamu bisa mengisi rumus ke sel yang berdekatan memakai shortcut. Shortcut ctrl + D untuk mengisi rumus ke bawah. Sedangkan ctrl + R untuk mengisi rumus ke bagian kanan. 

Shortcut MS PowerPoint

Terakhir, MS PowerPoint yang digunakan untuk presentasi. Adapun shortcut yang bisa membantu pekerjaan lebih mudah seperti:

1. F5

Shortcut F5 akan membantumu memulai slideshow dari slide pertama. Jadi kamu tidak perlu kembali ke awal secara manual dengan menggeser mouse.

2. Shift + F5

Jika ingin memulai slideshow dari slide yang spesifik, kamu bisa menggunakan shortcut shift + F5. Cara ini lebih cepat dan tidak menghabiskan banyak waktu presentasi. 

3. Ctrl + Shift + >

Kamu bisa menggunakan shortcut ini untuk memperbesar ukuran huruf. Sedangkan tanda sebaliknya “<” untuk memperkecil ukuran huruf.

4. Ctrl + Shift + F9

Berguna untuk menampilkan penggaris. Jika ingin menyembunyikan penggaris, kamu juga bisa menekannya lagi. 

Kerja Cepat dengan Shortcut Penting MS Office

Nah, itulah pembahasan mengenai shortcut penting MS Office yaitu MS Word, MS Excel, dan MS PowerPoint. Kamu bisa menggunakan berbagai shortcut tersebut untuk membuat pekerjaan lebih cepat dan lancar. Semoga bermanfaat!

Exit mobile version