8 Cara Menjaga Battery Health iPhone, Bisa Tahan Tahunan!

cara menjaga battery health iPhone

Palingit.com – Punya HP iPhone? Kamu perlu mengetahui cara menjaga battery health iPhone karena bagian ini merupakan salah satu komponen krusial yang bisa berpengaruh pada performa HP kamu. Kalau performa HP-mu turun, maka bakal mengganggu aktivitasmu sehari-hari karena telepon genggammu itu nggak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Indikasi Battery health iPhone Tidak Sehat

Kalau battery health iPhone normal, daya yang ada dalam baterai itu akan menyusut dengan cara yang normal, sesuai dengan intensitas pemakaian. Apabila HP-mu berada dalam kondisi ini, kamu tidak perlu khawatir telepon genggammu itu akan mengalami gangguan, misalnya mati mendadak tanpa sebab.

Mati mendadak tanpa sebab atau gangguan lain yang serupa bisa saja terjadi kalau bateraimu nggak sehat. Bateraimu akan mengalami penyusutan daya yang begitu cepat dan nggak sebanding dengan besar intensitas penggunaannya.

Contoh dari situasi ini misalnya, baterai dalam posisi 100%, namun baru kamu gunakan untuk mengangkat telepon lima menit langsung menyusut jadi 20%. Ini tentu tidak wajar, kan?

Hal-hal seperti itu sudah pasti adalah tanda-tanda bahwa bateraimu nggak baik-baik saja. Maka dari itu, untuk menghindari hal ini terjadi, kamu harus menjaga kesehatan baterai iPhone-mu agar nggak cepat rusak, sehingga bisa kamu gunakan dalam waktu yang lama.

8 Cara Menjaga Battery Health iPhone

Di bawah ini merupakan paparan mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan baterai iPhone yang bisa kamu aplikasikan.

1. Jaga Suhu Perangkat Tetap Dingin

Salah satu faktor yang bisa memengaruhi battery health dari iPhone adalah menjaga kestabilan suhu. Suhu yang tinggi bisa merusak komponen baterai dan membuat masa pemakaiannya pendek dan kinerjanya jadi menurun.

Maka dari itu, jangan biarkan ponselmu terpapar langsung dengan suhu tinggi, seperti contoh sinar matahari langsung, mobil yang panas, kompor, atau sumber penghasil panas lainnya.

Apabila kamu dalam situasi yang sulit menghindari keadaan ini, maka kamu bisa melindungi iPhone-mu dengan case yang bisa melindungi dari suhu panas.

2. Hindari Level Baterai yang Ekstrem

Maksud dari level baterai ekstrem di sini yaitu angka 100% dan 0%. Kamu perlu memperhatikan level baterai HP-mu, agar sebisa mungkin tidak sampai menyentuh angka itu. Apa alasannya? Hal ini bisa mengakibatkan battery health iPhone turun.

Apabila kamu mengisi daya, hindari sampai angka 100%. Jadi, tidak perlu mengisi daya sampai benar-benar full. Selain itu, jangan sampai juga bateraimu terkuras habis sampai di level 0%. Makanya, begitu menyusut sampai angka 20%, sebaiknya segera colokkan lagi ke pengisi daya.

Ini berfungsi untuk mengurangi tekanan pada baterai dan memperpanjang masa pakainya. Kemudian, kalau kamu ingin menyimpan iPhone dalam waktu yang lama, pastikan sebelum kamu matikan, baterainya sudah terisi sekitar 50%.

3. Gunakan Pengoptimalan Pengisian Baterai

Untuk iOS 3 ke atas, terdapat fitur baru yang belum ada di versi sebelumnya yaitu optimized battery charging. Fitur ini bisa membantu memperpanjang masa pemakaian baterai karena bisa mengurangi battery aging.

Membiarkan HP dengan level baterai 100% dalam posisi masih terhubung ke charger akan membuat baterai cepat rusak. Oleh karena itu, fitur pengoptimalan pengisian daya sangat berguna, karena akan membuat pengisian daya berhenti ketika mencapai 80%.

Dengan adanya fitur ini, waktu yang ponsel habiskan dengan daya 100% dan bisa merusak baterai bisa berkurang. Untuk cara untuk mengaktifkannya, kamu bisa masuk ke Settings -> Battery Health -> Optimized Battery Charging.

4. Pakai Mode Daya Rendah

Selain pengoptimalan pengisian daya baterai, cara meningkatkan battery health iPhone yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu dengan menyalakan mode daya rendah.

Dengan cara ini, maka ponsel secara otomatis akan mengurangi aktivitas yang mempercepat penyusutan baterai, sehingga akan lebih lambat untuk mencapai level 0%. Ini berguna saat kamu sedang tidak memungkinkan melakukan pengisian daya.

Karena seperti yang telah ada di poin sebelumnya, sebaiknya baterai jangan sampai menyusut sampai angka nol demi memelihara kesehatannya. Kamu bisa menggunakan pengaturan ini begitu baterai mencapai level 50% ke bawah.

Ini cara mengaktifkannya:

5. Pakai Charger yang Ori

Menggunakan pengisi daya yang tidak orisinal bisa berisiko merusak baterai karena dapat menyebabkan berkurangnya masa pakai dan kinerja. Maka dari itu, sebaiknya hindari memakai charger kabel dari pihak ketiga.

Tetaplah gunakan charger asli brand yang kamu dapatkan saat membelinya. Namun, apabila charger aslimu itu rusak ataupun hilang, kamu nggak perlu khawatir, karena kamu masih bisa membeli charger resminya yang bersertifikat di Apple langsung.

6. Matikan Fitur yang Tidak Perlu

Saat sedang menggunakan HP untuk aktivitas tertentu, matikan fitur yang nggak kamu gunakan untuk menunjang aktivitasmu itu. Misal, saat kamu sedang bermain game offline di HP, kamu nggak perlu menyalakan Wi-Fi atau GPS, jadi bisa kamu matikan dulu.

Kamu bisa menyalakan kembali Wi-Fi dan GPS saat menggunakan aplikasi yang memerlukan dua fitur ini, misalnya saat sedang memesan makanan via aplikasi yang memerlukan setelan lokasi.

Fitur-fitur seperti Wi-Fi, GPS, Bluetooth, dan yang lainnya bisa menguras daya bateraimu dengan cepat. Maka dari itu, dengan hanya menyalakan fitur yang kamu perlukan saja, bisa menjadi salah satu cara menjaga battery health iPhone 12, maupun tipe lainnya.

7. Lakukan Pembaruan OS

Cara untuk menjaga battery health iPhone selanjutnya yang bisa kamu aplikasikan yaitu dengan menginstal pembaruan OS secara berkala. Karena biasanya pada setiap versi terbaru akan ada update fitur termasuk pembaruan yang berkaitan dengan masalah kinerja dan kesehatan baterai.

Maka dari itu, kamu harus selalu memastikan bahwa perangkatmu menjalankan pembaruan versi terbaru untuk mendapatkan manfaat dari pembaruan ini.

8. Menonaktifkan Latar Belakang

Aplikasi yang berjalan pada latar belakang bisa menyedot daya baterai lebih cepat sehingga bisa cepat habis. Oleh karena itu, kamu perlu menonaktifkan pengaturan ini agar baterai nggak cepat habis. Kalau kamu nggak mematikan pengaturannya, maka aplikasinya akan berjalan terus-menerus, meski sedang nggak kamu gunakan.

Aplikasi yang berjalan terus ini tentu membuat boros baterai. Makanya, aktifkan aplikasi yang hanya kamu perlukan saja agar daya yang terbuang nggak mubazir. Karena kalau aplikasi tetap berjalan meskipun nggak kamu gunakan, akan memperberat kinerja ponselmu.

Jadi, dengan menonaktifkan pengaturan ini, bisa menjadi cara untuk menjaga battery health iPhone. Sebab, ini bisa menghemat dan memperlama waktu baterai agar tidak cepat mencapai angka 0%.

Kesimpulan

Dengan membangun kebiasaan di atas, baterry health iPhone milikmu bisa terjaga, sehingga jadi lebih awet dan bisa berkinerja baik dalam waktu yang lama.

Meskipun selalu dalam kondisi sehat, baterai juga bisa mengalami penurunan kinerja dari waktu ke waktu sehingga membuat performa dari perangkat menurun. Namun dengan mengikuti cara menjaga battery health iPhone, penurunan kinerja ini akan terjadi lebih lambat.

Exit mobile version