Simak! Berikut Cara Menghilangkan Virus di HP dengan Gampang

cara menghilangkan virus di HP

Palingit.com – Di era digital sekarang ini, perangkat digital, termasuk HP, mudah terserang virus atau malware. Ini sebabnya, kamu perlu tahu cara menghilangkan virus di HP. Menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari, HP yang terkena virus tentu fungsinya jadi tidak maksimal dan akan mengganggu aktivitasmu.

Frekuensi penggunaan HP yang terus meningkat, juga meningkatkan risiko munculnya virus dan malware. Keberadaan virus dan malware pada HP bisa berbahaya, karena dapat menyebabkan kerusakan signifikan dan hilangnya data atau pencurian informasi pribadi.

Oleh karenanya, yuk, cari tahu cara menghilangkan virus yang ada di HP Android dan iPhone dengan gampang dan bisa kamu lakukan secara mandiri.

Cara Menghilangkan Virus di HP Android

Virus yang menyerang HP Androidmu bisa menyebabkan banyak masalah yang mengganggu sistem di dalamnya, karena bisa mengambil alih kontrol perangkat, bahkan yang lebih parah lagi, bisa mencuri data pribadimu. Maka dari itu, penting untuk menghilangkan virus dari HP Android Anda secepat mungkin.

Berikut ini beberapa cara menghapus virus di HP Android secara permanen yang bisa kamu lakukan.

1. Memasang Antivirus

Cara pertama, kamu bisa memasang antivirus di HP. Ini adalah cara klasik namun efektif untuk menghilangkan virus dan malware di HP Android hingga saat ini. Ini juga merupakan cara cek virus di HP termudah yang bisa kamu lakukan.

Kamu bisa menemukan banyak antivirus gratis yang tersedia di Google Play Store. Pilihlah antivirus yang andal dan tepercaya, dan setelah kamu pasang ke perangkat Androidmu, lakukan pemindaian penuh agar virus segera hilang.

2. Mode Aman

 

Kalau HP Android kena virus, kamu bisa coba memulainya dalam mode aman. Di dalam mode aman ini, HP hanya akan memuat program dasar, jadi kamu akan gampang untuk menemukan virus dan menghapusnya.

Cara untuk bisa masuk ke dalam mode ini yaitu:

3. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Kalau ada aplikasi yang mencurigakan di HP, kamu bisa coba menghapusnya. Sebab, siapa tahu aplikasi itu menyimpan virus di dalamnya.

Cara menghapusnya yaitu:

4. Hapus Cache dan Data

Sering kali virus juga menyimpan data-datanya di dalam cache. Oleh karenanya, kamu juga harus aware akan hal ini. Kamu perlu menghapus cache dan data dari dalam perangkat Androidmu karena hal ini bisa membantu menghilangkan virus yang ada pada HP. Ini juga bisa menjadi cara menghilangkan virus iklan di HP, lho!

Untuk melakukan ini, caranya:

5. Reset Perangkat

Kalau cara menghilangkan virus di HP tanpa reset di atas masih belum berhasil menghempas virus juga, kamu bisa coba cara menghilangkan virus di HP tanpa aplikasi. Metodenya adalah dengan mereset perangkatmu ke pengaturan pabrik alias pengaturan awal seperti saat HP baru saja kamu beli.

Namun, jadikan ini sebagai upaya terakhir, sebab hal ini akan berakibat terhapusnya semua data dan aplikasi yang ada di HP-mu itu. Jadi, sebelum mengambil tindakan terakhir ini, pastikan untuk melakukan backup atas data-data pentingmu lebih dulu.

Cara untuk reset HP yakni:

Cara Menghilangkan Virus di HP iPhone

Meskipun Apple Inc telah merancang iPhone dengan keamanan tingkat tinggi, virus masih bisa menyerang perangkat tersebut dan menjadi masalah serius bagi penggunanya. Virus yang menjangkiti perangkat ini bisa masuk melalui aplikasi atau email yang mencurigakan.

Oleh karena itu, kamu perlu waspada karena hal ini bisa menyebabkan penurunan kinerja perangkat, pengambilalihan data pribadi, bahkan memicu kerusakan perangkat. Oleh karena itu, kamu perlu menghilangkan virus pada HP iPhone dengan sesegera mungkin. Ada beberapa cara menghilangkan virus di HP secara permanen yang bisa kamu coba.

1. Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

Semua aplikasi resmi yang terpasang pada perangkat iPhone bersumber dari App Store. Kalau tidak berasal dari sini, maka asalnya dari sumber lain yang nggak dikenal.

Aplikasi yang asalnya dari sumber tidak dikenal ini bisa berisiko menyebabkan masalah pada telepon genggam berlogo buah apel milikmu dan berpotensi membawa virus dan malware.

Cara untuk menghapusnya sangat gampang:

2. Menginstal Antivirus

Cara berikutnya, kamu bisa mengatasi gangguan dari serangan virus dengan menginstal aplikasi tambahan, yakni antivirus. Terdapat beragam pilihan antivirus yang bisa kamu download dari App Store yang berguna untuk mengatasi virus yang menyerang iPhone.

Beberapa aplikasi antivirus yang populer yaitu McAfee Mobile Security, Norton Mobile Security, dan Avast Security & Privacy. Begitu memasang antivirus, pastikan segera pindai seluruh perangkatmu dan ikuti perintah dari aplikasi antivirus tersebut.

3. Lakukan Pembaruan Perangkat Lunak

Kamu bisa melakukan pembaruan perangkat lunak iPhone-mu ke versi yang terbaru. Versi terbaru tentu telah memiliki fitur keamanan yang lebih baik untuk melindungi perangkat Anda dari virus dan malware daripada versi sebelumnya.

Cara untuk memperbarui versi, ini yang bisa kamu lakukan:

4. Hapus Data Browser

Virus dan malware bisa menyusup ke perangkatmu lewat halaman web yang mencurigakan. Makanya, hapuslah semua data browser kamu untuk menghilangkan virus yang bersemayam di dalamnya.

Caranya sangatlah gampang:

5. Muat Ulang HP

Setelah melakukan cara di atas sebelumnya, kamu perlu me-restart perangkatmu. Upaya ini akan membantu memulihkan kinerja sistem di dalamnya yang terganggu dengan cara menghapus semua data sementara yang mungkin tersimpan di perangkatmu.

Cara Mencegah Virus di HP Muncul Kembali

 

 

Setelah HP kamu terbebas dari virus, maka hal yang kamu tinggal lakukan adalah tindakan preventif agar virus dan malware nggak muncul kembali. Di bawah ini ada beberapa cara untuk mencegahnya terjadi, yaitu:

Kesimpulan

Banyak cara menghilangkan virus di HP Android maupun iPhone yang bisa kamu terapkan. Dalam rangka pencegahan virus muncul kembali, kamu harus lebih aware dan melakukan upaya pencegahan yang telah dipaparkan di atas supaya gangguan ini nggak muncul lagi.

 

Exit mobile version