Lakukan Sendiri Cara Mengatasi HP Lemot

Cara mengatasi hp lemot

Palingit.com – Handphone tak pernah lepas dari genggaman. Entah email, Whatsapp, ataupun media sosial dan game, selalu ada alasan untuk cek hp. Begitulah gambaran nyata penggunaan hp dalam keseharian. Jika mendadak hp jadi lemot tentunya sangat mengganggu. Cara mengatasi hp lemot berikut mungkin bisa membantumu.

Kenali Penyebab HP Lemot

Sebelum menuju ke solusi memperbaiki kinerja hp, perlu juga untuk mengetahui penyebab menurunnya kinerja hpmu. Ada berbagai sebab dan tidak semua karena ada masalah pada sistem hp. Bisa juga kebiasaanmu menjadi penyebab melambatnya hp.

Pada dasarnya semua merek hp menggunakan sistem yang serupa. Jadi, baik cara mengatasi hp lemot xiaomi pun tetap bisa diaplikasikan pada merek hp lain.

Cara Instan Memperbaiki HP Lemot

Jika hpmu lemot akibat kebiasaan dalam penggunaan, ada beberapa cara mudah untuk memperbaikinya. Kenapa hp lemot padahal memori masih banyak, jawabannya pasti ada pada kebiasaan pemakaian. Tentunya tak perlu untuk membawa hpmu ke service center. Semua ini bisa dilakukan sendiri dan tanpa biaya pula.

1. Hapus aplikasi tak terpakai

Jika kamu sudah tak pernah memakai aplikasi ini, saatnya untuk menghapusnya dari hpmu. Dari menu Setelan, langsung saja menuju ke Kelola Aplikasi. Kemudian pilih-pilih aplikasi yang sudah tak terpakai. Klik Uninstall dan selesai.

 

 

Bisa juga dengan tekan lama pada aplikasi yang akan dihapus pada tampilan hpmu. Akan muncul pop-up Uninstall. Klik saja dan selesai.

2. Bersihkan file cache pada hpmu.

Membersihkan file cache ini salah satu cara mengatasi hp lemot samsung dan merek lainnya.

Caranya cukup lewat menu Pembersih.

 

Biarkan menu ini menscanning file cache pada hp. Setelah selesai, klik saja pada tombol Bersihkan dan hp akan langsung menghapus file cache.

3. Hapus file tak terpakai

Jika terbiasa mengunduh atau menyimpan file di hp, ini bisa memenuhi memori dan mempengaruhi kecepatan hp. Biasakan untuk membersihkan File Manager secara rutin.

Dari File Manager pilih saja file yang memenuhi memori.

Baik dokumen, APK, unduhan, video, dan gambar, semua yang sudah tak terpakai hanya akan memenuhi hpmu. Pilih dan tandai file-file tersebut dan klik hapus.

4. Tutup semua aplikasi yang tak terpakai

Jangan biarkan hpmu menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Apalagi jika aplikasinya tergolong berukuran besar dan hpmu tergolong low end.

Bisa dengan melalui Recent Apps yang akan menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan. Cari tombol X dan klik untuk menutup aplikasi tersebut.

Atau bisa juga dengan memaksa aplikasi berhenti. Lewat menu Setelan temukan Kelola Aplikasi.

 

 

Dari situ cukup pilih aplikasi yang perlu dihentikan secara paksa. Klik dan akan muncul pilihan Paksa Berhenti. Begitu pilihanmu terkonfirmasi, maka aplikasi akan otomatis berhenti.

Lanjutan Cara Memperbaiki HP Lemot

 

 

Cara-cara di atas hanyalah langkah mudah untuk mengembalikan hpmu pada kinerja awal. Namun, bisa jadi cara mengatasi hp lemot oppo tersebut belum berhasil untuk hpmu. Untuk cara alternatif lain yang bisa kamu lakukan, pilihannya berikut ini.

1. Update sistem hp

Semua hp pasti mendapatkan pembaharuan sistem secara berkala. Pastikan hpmu sudah mendapatkan update sistem terbaru agar kinerjanya tetap optimal. Caranya cukup cepat dan mudah.

Dari menu Setelan, cari opsi Tentang Telepon. Akan ada pilihan Pembaruan Sistem. Klik dan akan muncul sistem versi terbaru jika sudah tersedia.

 

Lanjutnya cukup klik saja dan biarkan prosesnya selesai. Terakhir, akan ada perintah untuk merestart hp untuk menyelesaikan proses update.

2. Update aplikasi

Selain sistem hp, penting juga untuk selalu mengupdate aplikasi-aplikasi yang terinstal di hpmu. Langkahnya melalui aplikasi Google Playstore bagi hp Android.

Klik Menu kemudian pilih Kelola Aplikasi & Perangkat.

 

Akan ada informasi update jika sudah tersedia. Jadi tinggal klik Update saja dan tunggu semua proses selesai.

3. Hentikan animasi, widget, dan tema

Menggunakan animasi akan memakan RAM yang besar. Akibatnya pasti kecepatan hpmu akan menurun. Jika ingin hpmu berjalan lebih cepat, matikan animasi yang ada di hp.

Caranya tinggal ke menu Setelan, kemudian cari Tampilan Selalu Aktif & Layar Kunci.

 

Dari situ tinggal matikan fungsi animasi, widget, dan tema yang terpasang. Bisa juga menurunkan skalanya menjadi lebih kecil. Tapi ini pun akan tetap memakan kapasitas RAM.

4. Factory Reset

Ini jadi pilihan terakhir jika semua cara sudah tidak membantu. Setelah factory reset, hpmu akan kembali ke setelan awal. Jadi, perlu untuk melakukan back up data terlebih dulu.

Cara melakukan factory reset sendiri sangat mudah. Dari Setelan pilihlah Setelah Tambahan, kemudian langsung ke Cadangkan & Setel Ulang. Akan terlihat pilihan Setelan Pabrik (Factory Reset). Klik dan pilih Hapus Seluruh Data.

 

Akan ada permintaan konfirmasi dengan sandi hp atau pola kunci.

Proses factory reset akan langsung berlangsung begitu konfirmasi sandi diterima.

Penutup

Cara-cara di atas tentunya hanyalah langkah mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika hpmu mulai melambat, cek saja satu-persatu dari penyebab di atas. Umumnya, kebiasaan pemakaian menjadi alasan utama hp lemot.

Bisa juga mengecek penyebab di atas jika mencari cara mengatasi hp mati sendiri. Pemakaian hp dalam waktu lama dan rutin setiap hari pastinya membebani kerja sistemnya. Selain juga spesifikasi hp turut menentukan kinerja hp yang sesuai keinginan.

Cara terbaik untuk menghindari masalah hp lemot pastinya dengan memilih hp dengan kapasitas dan spesifikasi yang tepat dengan kebutuhan. Spesifikasi sistem yang lebih tinggi pastinya lebih siap untuk mengoperasikan aplikasi berat. Namun, cara mengatasi hp lemot di atas akan sedikit membantu mengatasi masalah.

Exit mobile version