Begini Cara Mengatasi Game Keluar Sendiri dari HP

Cara Mengatasi Game Keluar Sendiri

Palingit.com – Bagi para gamers, menjalankan aplikasi game dengan lancar tentu sangat penting. Namun, ada kalanya game bisa keluar sendiri saat masih dimainkan. Lalu bagaimana cara mengatasi game yang keluar sendiri dari Hp tersebut? Berikut ini beberapa solusinya yang bisa Anda terapkan.

Memeriksa Jaringan

Langkah sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan memeriksa jaringan internet. Jika sebelum aplikasi game tiba-tiba terhenti, Anda telah mengalami kendala pada jaringan internet, maka cobalah untuk memastikan kembali kestabilannya.

Untuk menstabilkan kembali koneksi jaringan internet, Anda dapat mematikan sejenak koneksi internet di ponsel Anda untuk kemudian dijalankan kembali.

Namun, jika hal itu masih belum berhasil, maka Anda dapat menyalakan mode pesawat untuk beberapa waktu. Setelah sekitar 15 menit, Anda dapat mematikan mode pesawat itu, dan kembali menjalankan koneksi internet atau data seluler Anda.

Matikan Perangkat Sejenak

Jika jaringan bukan faktor permasalahannya, maka Anda dapat mencoba mematikan ponsel untuk beberapa waktu sebagai cara mengatasi game keluar sendiri. Mungkin saja force close tersebut diakibatkan oleh ponsel Anda yang terlalu panas atau overheating.

Oleh karena itu, Anda dapat coba untuk mematikan sejenak ponsel selama 10-30 menit, hingga tidak begitu panas. Jika dirasa suhunya sudah menurun, silahkan nyalakan kembali. Treatment mematikan ponsel secara rutin juga bagus untuk kesehatan perangkat.

Untuk caranya, tekan tombol power pada ponsel Anda sekitar 5 detik, kemudian akan muncul pop up pilihan mati daya, maka klik mati daya. Setelah beberapa saat , Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan menekan tombol power untuk selama sekitar 5 detik.

Bersihkan Cache Game

Bila kedua hal tersebut masih belum ampuh juga, maka Anda dapat melakukan pembersihan pada cache aplikasi game. Hal ini karena salah satu faktor yang mengakibatkan game tiba-tiba keluar sendiri adalah karena penuhnya memori ponsel dengan file sampah atau cache.

Cara membersihkan cache pada game ini juga cukup mudah. Pertama, bukalah aplikasi pengaturan pada ponsel Anda, kemudian pilih manajemen aplikasi. Lalu, cari aplikasi game yang keluar tiba-tiba, dan kemudian klik hapus cache yang tersedia.

Uninstall dan Update Game

Jika setelah menghapus cache aplikasi game, namun Anda masih mengalami force close, ada solusi lain yang mirip. Anda dapat melakukan uninstall pada aplikasi yang dimaksud kemudian menginstalnya ulang.

Aplikasi game yang tertutup sendiri bisa jadi diakibatkan ada update versi terbaru yang memungkinkannya untuk memperbaiki bugs-bugs yang ada. Untuk caranya, bukalah aplikasi pengaturan pada ponsel, kemudian pilih manajemen aplikasi.

Lalu, carilah aplikasi game yang ingin Anda uninstal, kemudian klik copot pemasangan, dan aplikasi game pun telah berhasil di-uninstal. Setelah itu, Anda dapat mengistal kembali aplikasi game yang Anda inginkan di Google Play Store.

Update OS Android Anda

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan mengupdate OS Android versi lama. Usahakan minimal OS di upgrade ke versi Kitkat, Lollipop, Marshmallow, atau versi lainnya yang terbaru.

Hal ini mengingat permasalahan tersebut bisa saja terjadi karena versi OS Android Anda tidak kompatibel atau tidak mendukung untuk menjalankan aplikasi game tertentu. Khususnya untuk game berat yang juga rajin di update oleh developernya.

Itulah lima metode yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi game yang keluar sendiri. Cara-cara tersebut dapat Anda sesuaikan dengan permasalahan yang dialami. Dengan begitu, Anda dapat kembali memainkan game kesayangan dengan lancar.

Exit mobile version