Cara Mengatasi Error “Unfortunately, System UI Has Stopped” di HP Xiaomi/Redmi

Error "Unfortunately, System UI Has Stopped" di HP Xiaomi/Redmi

Error “Unfortunately, System UI Has Stopped” pada ponsel Xiaomi dan Redmi sudah pasti membuat pengguna tidak nyaman. Ini penyebab dan cara mengatasinya.

Salah satu permasalahan paling mengesalkan saat menggunakan ponsel tentunya ketika layar menjadi gelap dan sama sekali tidak bisa digunakan. Ponsel Xiaomi dan Redmi menjadi ponsel yang paling sering mengalami permasalahan satu ini.

Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan ponsel menjadi blank, layar hitam gelap, dan tidak bisa digunakan ini? Ada beberapa penyebab, salah satunya karena eror pada sistem UI.

Eror pada sistem UI biasanya ditandai dengan layar yang menjadi hitam dan muncul pesan “Unfortunately, System UI Has Stopped”.

Namun tidak perlu panik. Berikut ini merupakan penyebab terjadinya eror pada sistem UI. Sekaligus juga bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Eror Sistem UI Pada Ponsel Redmi dan Xiaomi

1. Update Sistem UI Gagal

Kegagalan pada saat melakukan update sistem UI menjadi salah satu penyebab munculnya pesan “Unfortunately, System UI Has Stopped”. Ini bisa disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari koneksi internet yang terganggu ketika sistem sedang melakukan proses update. Hingga karena proses update yang kurang sempurna dari pengembang.

2. Sistem UI Tidak Stabil

Kesalahan pada sistem UI yang menyebabkan kerja tidak stabil kerap kali berakhir dengan error. Akibatnya ponsel Redmi dan Xiaomi tidak akan bisa digunakan selama beberapa waktu.

3. Bug dan Virus

Bug dan virus merupakan salah satu penyebab terbesar mengapa sistem UI tidak berjalan. Bila sebelumnya Anda menginstall aplikasi dari pihak ketiga, maka kemungkinan besar ada virus di ponsel. Namun selain itu, bug juga bisa menjadi penyebab lain mengapa sistem UI tidak berjalan dan mengalami eror.

4. RAM Penuh

Anda sudah pasti mengetahui pentingnya RAM untuk kerja ponsel. Bila kapasitas RAM penuh, maka sistem akan lebih mudah mengalami eror. Ini termasuk juga sistem UI pada ponsel.

5. Root

Root memang memiliki beberapa keuntungan pada ponsel. Di sisi lain, root juga memiliki sederet kekurangan tersendiri. Salah satunya menyebabkan eror pada sistem Android di ponsel.

Cara Mengatasi Error “Unfortunately, System UI Has Stopped”

Setelah memahami sederet penyebab eror “Unfortunately, System UI Has Stopped” di ponsel Redmi dan Xiaomi di atas, berikut ini merupakan cara untuk mengatasinya.

1. Restart Ponsel

Seperti juga banyak masalah pada ponsel, cara pertama dan terbaik untuk mengatasi adalah dengan melakukan restart. Restart akan melakukan penyegaran pada sistem di ponsel. Sehingga diharapkan akan bisa mengembalikan sistem yang sebelumnya mengalami eror.

Bila hp Redmi dan Xiaomi mengalami eror di sistem UI, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan restart. Matikan ponsel dan cabut semua aksesoris. Keluarkan juga SIM Card dan juga memory card dari ponsel. Setelah 5 menit kembali nyalakan ponsel.

2. Hapus Cache di Sistem UI

Bila pesan error “Unfortunately, System UI Has Stopped” muncul namun ponsel tidak mengalami blank, maka Anda bisa mencoba untuk menghapus cache di sistem UI. Bersihkan cache lebih dulu setelah itu tunggu beberapa lama untuk melakukan refresh.

3. Hapus Cache Partition

Namun jika cara di atas belum juga mengatasi permasalahan sistem UI yang error, coba lakukan untuk menghapus cache partition. Untuk melakukan cara ini, Anda harus lebih dulu masuk ke recovery mode.

Berikut ini langkah-langkah untuk menghapus cache partition di ponsel Redmi dan Xiaomi.

  1. Matikan ponsel terlebih dulu. Setelah itu tekan tombol Power dan Volume Down bersamaan.
  2. Tahan kedua tombol hingga muncul logo di layar dan Anda akan masuk ke menu Recovery Mode.
  3. Untuk memudahkan langkah berikutnya, pilih opsi Bahasa Inggris.
  4. Langkah selanjutnya klik Wipe Cache dan tunggu hingga proses selesai.
  5. Kemudian restart ponsel.

Cara di atas akan membersihkan cache partisi di ponsel. Sehingga sistem UI seharusnya akan bisa bekerja dengan normal kembali.

4. Update Sistem Operasi

Melakukan update secara rutin dan teratur akan membantu ponsel untuk tidak mengalami eror. Eror pada sistem UI salah satunya disebabkan karena sistem memerlukan pembaharuan. Sehingga bila sistem UI tiba-tiba eror, sebaiknya cek apakah ada pembaharuan yang perlu diinstal di ponsel.

Untuk memastikan ponsel Android mendapatkan update secara teratur, sebaiknya hidupkan pilihan untuk melakukan update otomatis. Dengan begini, ponsel akan secara otomatis melakukan update ketika terdapat pembaharuan baru.

5. Unroot Ponsel

Seperti disebutkan sebelumnya di atas, root menjadi salah satu penyebab mengapa sistem UI di ponsel eror. Sehingga cara terbaik untuk mengatasi masalah karena penyebab ini tentu saja dengan melakukan unroot.

Anda bisa melakukan unroot ponsel Redmi dan Xiaomi dengan beberapa cara. Namun untuk memastikan proses tersebut berjalan dengan tepat seperti seharusnya, lebih baik bawa ponsel ke service center.

6. Bersihkan Cache dan Kosongkan RAM Ponsel

Eror pada sistem UI juga bisa disebabkan karena RAM ponsel penuh. Hal ini biasanya karena Anda membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan. Bisa juga karena aplikasi yang sedang terbuka memakan cukup banyak memori dan juga RAM ponsel.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menutup semua aplikasi lebih dulu. Setelah itu bersihkan cache di semua aplikasi. Sekaligus juga mengosongkan RAM di ponsel.

Agar proses ini berjalan lebih cepat, Anda bisa menginstall aplikasi cleaner. Nantinya aplikasi ini akan membersihkan cache dan file-file sampah di ponsel. Aplikasi cleaner juga memiliki fitur untuk membersihkan RAM ponsel.

7. Factory Reset

Jika cara di atas tidak membantu dan ponsel masih memunculkan pesan “Unfortunately, System UI Has Stopped”. Tidak ada cara lain selain melakukan factory reset.

Factory reset berarti ponsel akan kembali ke setelan pabrik. Ini berarti semua data dan aplikasi di ponsel akan terhapus. Untuk itu sebelum melakukan langkah ini lakukan backup terlebih dulu. Simpan foto-foto dan video di ponsel ke penyimpanan lain. Begitu juga dengan aplikasi yang sedang digunakan.

Bila sudah, berikut ini cara untuk melakukan factory reset di ponsel Redmi dan Xiaomi.

  1. Masuk ke Setting atau Pengaturan di ponsel.
  2. Setelah itu masuk ke menu Additional Settings.
  3. Scroll hingga ke bagian paling bawah dan klik Factory Reset.
  4. Akan muncul beberapa pilihan data yang bisa Anda hapus. Untuk memastikan semua pengaturan kembali seperti semula, klik tombol Erase All Data.
  5. Tunggu hingga proses selesai. Setelah itu ponsel akan kembali kosong seperti baru.

Factory reset merupakan langkah terakhir yang diambil bila sistem UI mengalami error. Setelah melakukan cara di atas, seharusnya ponsel sudah akan bekerja dengan normal. Termasuk juga tidak ada pesan sistem UI tidak bekerja.

Error “Unfortunately, System UI Has Stopped” bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari proses root, update yang tidak berjalan lancar, hingga memori penyimpanan dan RAM yang penuh. Untuk mengatasi permasalahan ini pun terbilang mudah.

Semoga cara di atas membantu ya!

Exit mobile version