Tips Belajar Efektif Buat Kamu yang Ingin Selalu Maksimal!

belajar efektif

Palingit.com – Cara belajar yang tepat perlu diterapkan seefektif mungkin agar menyerap ilmu menjadi lebih maksimal. Selebihnya, tips belajar efektif juga akan membantu wawasan mudah masuk secara optimal pada otak. Hasil dari belajar pun bisa lebih maksimal dan memuaskan!

Menurut ahli Ernest R. Hilgard, Belajar merupakan sebuah proses dari perbuatan telah dilakukan dengan sengaja hingga menimbulkan adanya perubahan serta menyebabkan keadaan berbeda dari sebelumnya.

Nah, akan lebih efektif apabila belajar atas kemauan sendiri. Selain mudah berkembang, juga tidak akan ada unsur paksaan yang dapat membuat pelajar merasa lelah dan stres.

Di sini saya akan menjelaskan beberapa hal harus diperhatikan agar proses pembelajaran dapat optimal. Bagi kamu yang ingin mengetahui cara belajar efektif, simak artikel ini seluruhnya ya!

Tips Belajar Efektif

Tentukan Waktu – Siapkan Mood Terbaik

Dalam proses pembelajaran, ini sangat penting untuk kamu mengelola waktu belajarmu agar lebih efektif. Yang harus dilakukan adalah menentukan waktu yang sekiranya membuat kamu nyaman ketika belajar.

Selain itu, persiapkan suasana hati juga perlu dilakukan. Jangan dipaksakan untuk belajar apabila kamu merasa kelelahan agar belajar tidak akan sia-sia. Karena jika terlalu memaksa, tentu enggak baik dan proses menyerap ilmu pun jadi kurang maksimal.

Konsisten dalam Belajar

Kamu pasti pernah belajar beberapa materi sekaligus dalam semalam karena besok ada ujian. Tak salah memang, namun faktanya ini tentu tidak efektif. Tidak semua materi pelajaran akan dapat dipahami dalam waktu singkat. Tentunya sangat dibutuhkan konsistensi dalam belajar.

Nah, belajar tidak perlu sampai berjam-jam. 1-2 jam setiap hari saja rasanya sudah cukup. Yang paling diperlukan adalah tingkat konsistensi. Daripada belajar berjam-jam ataupun sistem kebut semalam membuat otak cepat pusing, lebih baik setiap hari meskipun hanya satu jam saja.

Temukan Tempat Belajar Tenang

Tempat belajar ternyata mempengaruhi seberapa efektif sesi belajar sedang berlangsung. Jika kamu tidak suka dengan keramaian, terganggu oleh televisi, atau hal lain di sekitarmu, pastinya belajar tidak akan seefektif dilakukan di tempat tenang nan nyaman.

Maka dari itu coba cari tempat & suasana yang tenang. Namun apabila tidak ada, kamu bisa mencoba belajar sembari memakai earphone lalu dengarkan lagu yang membawakanmu ke mood lebih baik. Belajar sambil mendengarkan musik santai misalnya, dapat membantu memaksimalkan proses belajar.

Manfaatkan Teknologi

Sesering mungkin gunakanlah internet untuk belajar. Jika melalui penjelasan guru kamu masih belum paham, coba browsing ataupun cari materi di YouTube.

Selain itu, bergabunglah dengan kelas online gratis maupun grup/forum belajar beredaran di media sosial seperti Facebook maupun Quora. Di sana, kamu bisa bertanya seputar materi apa pun yang belum sepenuhnya dipahami.

Manfaatkan Waktu Senggang

Sesekali gunakan hari liburmu untuk mengulang kembali materi pelajaran yang belum dimengerti. Kadang, pada waktu-waktu santai itulah materi justru bisa lebih mudah diserap.

Apabila masih memiliki waktu kosong, kamu bisa melanjutkan ke materi yang belum dipelajari. Melakukan hal ini akan sangat menguntungkan sebab dapat lebih mudah memahami pelajaran yang akan diberikan oleh guru/dosenmu besok. Dengan begitu waktumu untuk mempelajari materi berikutnya bisa menjadi lebih singkat dan efektif.

Akhir Kata

Artikel ini dibuat guna menyampaikan tips-tips belajar efektif teruntuk kamu ingin selalu maksimal. Dengan menerapkan beberapa poin di atas, saya harap bisa membantu kamu menjadi sedikit lebih efektif untuk menyerap ilmu. Semoga bermanfaat!

Exit mobile version