6 Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung dan Menjaganya

cara cek kesehatan baterai Samsung

Palingit.com – Cara cek kesehatan baterai Samsung, penting sekali para penggunanya ketahui. Selain membuat kamu mengetahui betapa tingkat kesehatannya, tapi juga bisa mulai menjaga kualitasnya.

Menjaga baterai tetap dalam performa terbaiknya, juga membuat ponsel bisa bertahan lebih lama. Jadi pengguna tidak perlu buru-buru menggantinya dengan yang baru, karena kualitasnya tetap terjaga baik.

Tapi selain menjaga kesehatan baterai, melalui artikel ini kami juga akan membahas sejumlah cara menjaga baterai. Setelah mengetahui kualitas baterainya, kamu bisa langsung mulai menjaganya.

Cara-caranya juga tidak sulit, tinggal ikuti saja tips yang akan kami bagikan. Tapi sebelum itu ketahui terlebih dahulu cara cek kesehatan baterai Samsung.

Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung

Untuk pengecekannya juga tidaklah sulit, bahkan bisa kamu lakukan hanya dalam beberapa detik saja. Pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi atau kesehatan dari baterai. Sebab seiring berjalannya waktu, kapasitas serta kemampuannya bisa menurun. Kondisi ini tentunya sangat berpengaruh pada performa ponsel.

Dan penyebabnya bisa karena pemilik ponsel terlalu sering memainkannya saat di cas. Hal inilah salah satu pemicu ponsel menjadi panas, hingga pada suatu masa baterai Samsung tidak bisa lagi menyimpan daya dan membuat ponsel rusak lebih cepat.

Untuk mengeceknya Samsung sudah menyediakan fitur di dalamnya, sehingga memudahkan para pengguna mengecek kesehatan baterai.

Berikut ini sejumlah cara cek kesehatan baterai Samsung yang bisa kamu lakukan :

1. Pakai Samsung Member

Pengguna Samsung bisa memanfaatkan Samsung Members, agar bisa melihat kualitas baterai yang dimiliki. Tentunya langkah ini sangat efektif, karena kami mengutipnya secara langsung dari laman resmi
Samsung.

Silakan ikuti langkah-langkahnya dengan pasti dan runtut. Supaya proses pengecekannya bisa berhasil dengan mudah. Dan cara ini juga bekerja sebagai cara cek kesehatan baterai Samsung A50.

     Unduh atau update apk Samsung Members

     Buka aplikasi tersebut

     Kemudian tap opsi ‘Get Help’ dengan cara mengklik ikon berbentuk headset di bagian bawah

     Pilih ‘Interactives check’

     Klik opsi ‘Battery’

     Pengguna langsung disuguhkan dengan kualitas baterai

Apk ini merupakan layanan khusus yang Samsung berikan kepada para penggunanya Di mana para pengguna bisa mendapatkan berat tips dan trik, serta ulasan yang sangat bermanfaat. Terutama dalam menyelesaikan berbagai masalah yang seringkali terjadi pada ponsel. Tidak hanya melakukan pengecekan pada baterai, pengguna juga bisa cek bagian headset, kamera dan berbagai fitur menarik lainnya.

2. Cek Secara Langsung

Langkah lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengecek ponsel Samsung, termasuk cara cek kesehatan baterai Samsung j2 prime, dengan cara mengeceknya secara langsung.

Berkat kemajuan teknologi semakin canggih, kini baterai ponsel juga tidak lepas pasang seperti dulu. Melainkan dengan teknologi baterai tanam, jadi tidak bisa dibongkar pasang begitu saja.

Maka untuk mengeceknya secara langsung, kamu bisa memperhatikan bagian belakang ponsel. Apakah casingnya tampak mengembung atau bagian back cover tampak terangkat.

Jika iya, maka kualitasnya sudah sangat buruk karena baterai menggembung. Kemudian juga cek bagian port di ponsel masih berada pada tempatnya atau tidak.

Melalui cara ini lebih mudah dan simpel. Karena kami hanya perlu memeriksanya secara kasat mata, tidak perlu menggunakan aplikasi bantuan.

3. Gunakan Kode Rahasia Samsung

Selain dua cara yang sudah kami bagikan di atas, langkah lainnya bisa kamu lakukan dengan menggunakan kode cek kesehatan baterai Samsung.

Dimana kode rahasia tersebut, dapat menampilkan berbagai informasi penting terkait ponsel yang digunakan. Termasuk di dalamnya melihat performa baterai. Kode-kode tersebut terbilang sangat banyak, salah satunya bisa mengetahui tingkat kesehatan dari ponsel.

Untuk bisa melakukannya silahkan ikuti langkah-langkah tepat tentang cara mengecek kesehatan baterai Samsung seperti berikut ini.

     Buka bagian panggilan

     Kemudian masukkan kode #8999*228# atau gunakan *#0228#

     Tap ikon telepon atau pilih panggil

     Pengguna bisa langsung mengetahui informasi tentang kesehatan baterai.

Selain kode tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan dua kode di bawah ini. Supaya bisa tahu kualitas dari ponsel Samsung.

     #*2474# = untuk mengecek kecepatan pengisian baterai

     #*2286# = untuk mengetahui jumlah daya baterai yang kamu gunakan.

Cara pengecekan ini bisa berfungsi pada berbagai jenis ponsel Samsung. Tidak terkecuali sebagai cara cek kesehatan baterai Samsung a52. Silakan ikuti salah satu cara yang sudah kami paparkan di atas, ya.

Tapi tidak hanya menggunakan beberapa cara di atas, ada langkah lainnya yang bisa kamu gunakan jika tidak berhasil. Yuk, simak lagi artikelnya.

Aplikasi Lain Cek Kesehatan Baterai Samsung

Selain Samsung Members yang bisa kamu gunakan sebagai aplikasi cek kesehatan baterai Samsung
ada sejumlah apk lainnya di Google Play Store yang bisa kamu gunakan.

1. AccuBattery

Merupakan apk mengecek kesehatan baterai ponsel Android. Tapi tidak hanya berguna untuk melakukan pengecekan, pengguna juga bisa mengoptimalkan baterai.

Di dalamnya juga terdapat berbagai fitur menarik lainnya. Seperti memberikan informasi pada kamu tentang apk apa saja yang menguras baterai terlalu banyak.

2. Battery Repair Life PRO

Cara cek kesehatan baterai Samsung lainnya, bisa menggunakan apk satu ini. Dan sesuai dengan nama
apk-ny, kehadirannya membantu memperbaiki masalah baterai di ponsel. Bahkan bisa mengembalikannya lagi seperti semula lagi.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakannya untuk mengkalibrasi ulang. Kalibrasi ini bertujuan untuk mengembalikan kualitas baterai, sehingga daya tahannya lebih lama.

3. Kaspersky Battery Life

Melalui apk ini kamu bisa mendapatkan berbagai informasi menarik tentang kualitas baterai yang kamu
gunakan. Dan sudah cukup banyak orang menggunakan apk satu ini.

Hal ini berkat kualitas atau fitur unggulan yang telah perusahaan sediakan. Seperti fitur monitor, bisa mengetahui apk apa saja yang sedang kamu pakai. Pengguna bisa menghentikan apk yang berjalan sendiri.

Cara Menjaga Kesehatan Baterai

Setelah mengetahui sejumlah cara untuk mengetahui kesehatan baterai, kamu juga perlu tahu bagaimana cara menjaganya dengan baik. Silakan simak dengan baik, ya.

1. Aktifkan Mode Hemat Daya

Menjaganya sangat perlu kamu lakukan. Salah satunya dengan mengaktifkan mode hemat daya. Setiap ponsel pasti memiliki fitur yang satu ini, karena bisa menjaga kesehatan ponsel itu sendiri.

Biasanya sudah ada pada bagian pengaturan baterai. Kemudian silahkan kamu aktifkan mode hemat baterai.

2. Jangan Memainkannya Sambil Dicas

Cara lainnya yang harus kamu lakukan, jangan memainkan ponsel sambil dicas. Sudah kami singgung sebelumnya, Kegiatan tersebut membuat ponsel bisa cepat rusak dan membuat baterai kembung.

Setelah baterai kembung tentunya kualitas penyimpanan daya bisa menurun. Bahkan tidak bisa kamu gunakan dalam waktu yang cukup lama.

3. Mengatur Aplikasi yang Aktif

Kami juga mengutip informasi dari situs Samsung secara langsung. Jadi cara ini pastinya, terbukti sangat berguna untuk mengoptimalkan dan membuat baterai bisa bertahan lebih lama. Tidak sulit kok, pastikan kamu mengikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini ya.

     Buka menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’

      Kemudian cek apk paling banyak menghabiskan baterai

     Lalu, pilih opsi ‘Perawatan Perangkat dan Baterai’

     Tap opsi ‘Baterai’

     Periksa apk mana yang boros baterai

     Kemudian tap grafik baterai

     Pilih tidurkan apk jika memang tidak digunakan

Cara ini terbukti sangat berguna dalam mengatur apk mana yang ingin kamu gunakan atau tidak. Itulah sejumlah cara cek kesehatan baterai Samsung, yang bisa kamu lakukan. Pastikan agar mengikuti sejumlah caranya dengan runtut, ya supaya berhasil.

Exit mobile version