5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Pembaruan OS di HP Android

Tidak Bisa Install Pembaruan

Tidak bisa melakukan pembaharuan sistem operasi di Android sudah pasti menjadi masalah tersendiri. Sistem operasi yang ketinggalan zaman dan perlu diupdate kerap kali akan menimbulkan berbagai gangguan di ponsel.

Sayangnya, pembaharuan sistem operasi tidak selalu berjalan mulus. Bukan tidak mungkin terjadi berbagai masalah ketika hendak melakukan pembaharuan sistem operasi Android ini.

Tentu saja, masalah-masalah tersebut akan menyebabkan berbagai gangguan. Salah satu yang paling pasti, sistem operasi akan gagal mendapatkan update terbaru. Entah itu karena sistem operasi gagal untuk mengunduh versi terupdate. Maupun gagal menginstal sistem operasi versi terbaru.

Ketika tidak berhasil melakukan update sistem operasi Android, akan ada beberapa masalah yang terjadi. Update sistem operasi Android memang bukan hanya untuk memberikan fitur-fitur baru. Melainkan juga memperbaiki bug maupun error yang mungkin terjadi.

Agar bisa mengatasi masalah ini dan kembali melakukan update sistem operasi Android tanpa gangguan, ketahui dulu apa saja penyebabnya.

Penyebab Pembaruan OS Android Gagal

Ada beberapa penyebab mengapa update OS Android gagal. Di bawah ini merupakan beberapa diantaranya.

1. Belum Mendapatkan Update

Penyebab kegagalan yang pertama adalah versi Android yang Anda gunakan belum mendapatkan update. Update Android biasanya tidak diberikan secara serentak. Melainkan bergiliran dari masing-masing versi. Sering kali pula, pemberian untuk update sistem operasi akan berdasarkan pada merk smartphone yang digunakan.

Bila Anda belum mendapatkan giliran untuk update, maka tentu saja proses update akan gagal. Anda mungkin saja mendapatkan notifikasi untuk mengunduh dan menginstal versi baru sistem operasi. Namun ketika hendak mengunduh versi tersebut justru mengalami kegagalan.

Kegagalan ini terjadi karena sistem operasi sebenarnya belum waktunya untuk mendapatkan update. Sehingga versi terbaru tersebut tidak bisa diunduh.

2. Tidak Kebagian Update Sistem

Penting juga diketahui, update sistem operasi tidak diberikan untuk semua versi Android OS. Biasanya hanya versi sistem operasi yang dirilis 2 hingga 3 tahun terakhir saja yang akan mendapatkan kebagian pembaharuan. Sedangkan sistem operasi rilisan lama sudah tidak akan lagi mendapatkan update terbaru.

Tidak itu saja. Meskipun sistem operasi merupakan rilisan terbaru, namun produsen smartphone tidak lagi memberikan update, maka Android OS tidak akan mendapatkan pembaharuan. Untuk itu penting untuk mengecek apakah versi sistem operasi, seri, dan merk smartphone yang digunakan akan mendapatkan update Android OS atau tidak.

Bila sistem operasi yang Anda gunakan tidak kebagian pembaharuan ke versi lebih baru, maka proses update tidak bisa dilakukan.

3. Smartphone Di-root

Melakukan root menjadi pilihan sebagian pengguna smartphone Android. Ponsel yang sudah di-root memang memiliki beberapa keunggulan. Mulai dari sistem yang lebih stabil, lebih hemat daya dan memori penyimpanan, hingga kemudahan untuk menginstal aplikasi berbeda.

Beberapa pengguna juga memilih untuk melakukan root agar bisa mengubah penampilan smartphone Android. Proses root memang memungkinkan pengguna memasang berbagai tema yang mengubah tampilan ponsel sesuai selera.

Sayangnya meski memiliki cukup banyak kelebihan, ponsel yang sudah di-root tidak bisa mendapatkan update terbaru. Akibatnya, proses update sistem operasi pun menjadi gagal.

4. Menggunakan Custom ROM

Selain ponsel yang di-root, smartphone dengan custom ROM juga tidak bisa install pembaruan sistem operasi.

Seperti juga proses untuk melakukan root pada smartphone, pengguna custom ROM juga akan mendapatkan berbagai keuntungan. Sayangnya seperti juga ponsel yang di-root, pengunaan custom ROM membuat penguna tidak bisa lagi mendapatkan update sistem operasi dari developer.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Pembaruan Android OS

Setelah memahami penyebab mengapa tidak bisa install pembaruan Android OS di atas, selanjutnya tentu saja bagaimana cara untuk mengatasinya. Cara-cara di bawah ini bisa dilakukan bila proses pembaruan sistem operasi gagal bukan karena smartphone belum kebagian update.

1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Cara pertama untuk mengatasi proses download update sistem operasi yang terus mengalami kegagalan adalah dengan memastikan koneksi internet lancar. Seperti juga proses download lain, untuk melakukan update sistem operasi akan membutuhkan koneksi internet. Agar proses ini berlangsung lancar, pastinya Anda harus memastikan koneksi internet cepat dan tidak mengalami gangguan.

Sebaiknya ketika melakukan update sistem operasi, gunakan koneksi wi-fi. Pastikan jaringan wifi aman dan memiliki koneksi yang cukup cepat. Setelah itu pastikan juga jaringan wifi tidak mengalami gangguan ataupun terputus ketika proses download sedang berlangsung.

2. Charge Ponsel

Kesalahan yang kerap kali menyebabkan update sistem operasi gagal ketika ponsel tiba-tiba mati. Menariknya, penyebab ponsel mati ini justru karena pengguna tidak melakukan pengisian daya ketika proses update sedang berjalan.

Proses update sistem operasi sering kali memakan waktu cukup lama. Mulai dari proses download hingga instalasi biasanya akan menghabiskan waktu antara 30 menit hingga satu jam. Selain waktu yang lama, proses update ini membutuhkan daya yang cukup besar. Untuk itu ketika melakukan update sistem operasi, pastikan untuk mengisi daya ponsel.

Cara terbaik untuk memastikan ponsel tidak kehabisan daya tentunya dengan men-charge smartphone ketika proses update berlangsung. Biarkan smartphone dalam keadaan tercharge hingga proses update sudah selesai.

3. Kapasitas Ruang Penyimpanan

Seperti juga proses update dan instal aplikasi, untuk melakukan pembaruan sistem operasi akan membutuhkan ruang penyimpanan. Agar sistem operasi versi terbaru ini bisa diunduh dan diinstal dengan lancar, pastikan kapasitas ruang penyimpanan di ponsel memadai.

Masing-masing update versi Android memiliki kapasitas berbeda. Namun ketika ruang penyimpanan penuh, update sistem operasi tidak akan bisa dilakukan.

Sebelum melakukan update sistem operasi, sebelumnya cek dulu berapa ruang yang tersedia di kapasitas penyimpanan. Pasalnya bila kapasitas penyimpanan sudah penuh ketika proses update sudah berlangsung, maka proses instalasi bisa mengalami kegagalan. Proses instalasi yang gagal ini akan menyebabkan kerusakan pada ponsel.

4. Restart Ponsel

Jika kegagalan update sistem operasi terjadi terus menerus meskipun sudah melakukan sederet cara di atas, maka Anda bisa mencoba dengan merestart ponsel. Restart akan menyegarkan sistem operasi. Termasuk juga mengatasi bug ringan yang mungkin terdapat pada sistem.

Cara untuk restart ponsel pun sangat mudah. Anda hanya perlu mematikan ponsel lalu mendiamkan selama 1 hingga 2 menit. Kemudian hidupkan ponsel kembali. Bila sudah, coba sekali lagi untuk menginstal pembaruan sistem operasi Android di ponsel.

5. Ubah Pengaturan Tanggal dan Waktu

Permasalahan satu ini kerap kali tidak disadari oleh pengguna. Pengaturan tanggal dan waktu yang salah di smartphone akan menyebabkan proses instalasi dan update aplikasi terganggu. Termasuk juga untuk melakukan update sistem operasi.

Berikut ini cara mengubah pengaturan tanggal dan waktu di smartphone Android:

  1. Buka Setting atau Pengaturan.
  2. Setelah itu pilih menu Setelan Tambahan.
  3. Klik pada opsi Tanggal dan Waktu.
  4. Ubah format waktu menjadi otomatis.

Cara ini akan memastikan pengunaan waktu dan tanggal di ponsel berubah secara otomatis sesuai zona waktu. Proses instalasi dan update pun bisa berjalan lancar.

Cara-cara di atas bisa dilakukan bila Anda mengalami masalah tidak bisa install pembaruan di Android OS.

Exit mobile version