4 Cara Atasi Error “Insufficient Storage” Saat Mengunduh Aplikasi di HP

Error "Insufficient Storage" Saat Mengunduh Aplikasi di HP

Gagal mengunduh aplikasi di ponsel Android karena error “Insufficient Storage” sepertinya sering dialami oleh pengguna. Tak perlu kesal, begini cara mengatasi permasalahan ini.

Ponsel memiliki peranan besar dalam kehidupan. Saat ini hampir semua kegiatan dan aktivitas akan berhubungan dengan ponsel. Belum lagi, fungsi ponsel pun bukan saja untuk melakukan panggilan atau mengirim pesan. Mengambil foto dan video bahkan menyimpan dokumen akan menggunakan ponsel.

Untuk itu sama sekali tidak mengherankan bila memori ponsel pun akan sangat mudah penuh. Bila kapasitas penyimpanan penuh, ponsel pun tidak akan bisa lagi mengunduh aplikasi. Akibatnya akan muncul pesan error “Insufficient Storage” setiap kali pengguna hendak menginstal aplikasi baru.

Bila menilik dari penyebabnya, cara mengatasi eror ini sebenarnya cukup mudah. Pengguna hanya perlu menghapus aplikasi atau mengosongkan ruang penyimpanan. Sehingga nantinya bisa mengunduh dan menginstal aplikasi kembali.

Namun bagaimana bila misalnya, eror “Insufficient Storage” tidak bisa diatasi hanya dengan menghapus aplikasi atau mengosongkan ruang penyimpanan? Berikut ini ulasan mengenai permasalahan tidak bisa mengunduh aplikasi di hp Android ini.

Penyebab Error Penyimpanan Tidak Cukup di Android

Sesuai dengan pesan yang ditampilkan, error satu ini memang disebabkan karena masalah penyimpanan. Meskipun sebenarnya, permasalahan yang terjadi bukan hanya karena ruang atau kapasitas penyimpanan di ponsel yang sudah penuh.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya eror ketika hendak mengunduh aplikasi di ponsel Android. Berikut ini merupakan penyebab diantaranya.

1. Kapasitas Penyimpanan Penuh

Penyebab pertama dari eror ini adalah kapasitas dan ruang penyimpanan di ponsel yang sudah penuh. Banyaknya file yang tersimpan dan aplikasi di ponsel bisa menyebabkan ruang penyimpanan habis digunakan. Terlebih bila ponsel juga digunakan untuk merekam dan menyimpan file video. Maka kapasitas penyimpanan pun akan menjadi lebih cepat habis.

Ketika tidak ada lagi ruang penyimpanan, ponsel pun tidak akan bisa menginstal dan mengunduh aplikasi baru. Pasalnya setiap aplikasi yang diunduh akan memakan ruang penyimpanan. Mulai dari beberapa puluh MB saja hingga ratusan.

Beberapa aplikasi seperti game dan editing video bahkan bisa menggunakan kapasitas penyimpanan hingga beberapa Giga byte. Sehingga ruang penyimpanan pun akan dengan cepat terpenuhi.

2. Banyaknya Cache

Cache merupakan satu hal penting, namun mungkin cukup mengesalkan bagi pengguna. Setiap aplikasi, file, dan data di ponsel akan memiliki cache. Tanpa adanya cache, aplikasi tidak bisa berjalan maksimal dan data-data pun tidak akan bisa diakses.

Meski begitu, cache juga akan membuat ruang penyimpanan penuh. Banyaknya cache yang menumpuk dari aplikasi dan data membuat ponsel tidak bisa lagi menginstal aplikasi baru.

3. Kerusakan Sistem Ponsel

Sistem pada ponsel juga bisa menjadi penyebab mengapa pengguna gagal mengunduh sebuah aplikasi. Ada beberapa hal yang menyebabkan sistem pada ponsel menjadi rusak.

Penyebab pertama karena terdapat bug, malware, dan virus pada sistem. Hal ini akan menyebabkan kerja sistem terganggu. Pada akhirnya, ponsel akan gagal ketika hendak menginstal aplikasi baru.

Selanjutnya, sistem juga bisa rusak karena update sistem operasi yang kurang sempurna. Bila sebelumnya ponsel tiba-tiba gagal ketika mengupdate sistem operasi baru, maka bisa saja hal ini menyebabkan sistem menjadi rusak.

4. Google Play Store Error

Selain beberapa penyebab di atas, eror “Insufficient Storage” juga bisa disebbakan karena Google Play Store itu sendiri. Error pada Google Play Store pastinya membuat pengguna tidak bisa mengunduh dan menginstal aplikasi.

Ada cukup banyak hal yang menyebabkan error di Google Play Store. Mulai dari bug atau bahkan maintenance sistem dari Google.

Cara Mengatasi Error “Insufficient Storage” di Android

Setelah memahami masing-masing penyebab di atas, berikut ini merupakan langkah dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi eror “Insufficient Storage”.

1. Bersihkan Cache di Ponsel

Entah sudah berapa banyak masalah di ponsel Android yang bisa diatasi hanya dengan membersihkan cache. Walau begitu nyatanya, banyak pengguna Android yang tidak menyadari pentingnya secara rutin membersihkan cache.

Cache yang masuk ke dalam aplikasi seringnya tidak lagi dibutuhkan. Sehingga Anda bisa menghapusnya tanpa kehilangan data-data yang ada di aplikasi.

Untuk membersihkan cache, Anda bisa melakukan secara manual. Caranya dengan menghapus satu per satu cache yang ada di aplikasi.

Cara satu ini tentu saja merepotkan dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih bila Anda memiliki cukup banyak aplikasi di ponsel Android.

Untuk itu Anda bisa menggunakan cara kedua yang lebih mudah. Gunakan aplikasi Cleaner yang ada di Play Store. Aplikasi cleaner akan menghapus cache dan juga data-data temporary yang tidak dibutuhkan di ponsel. Selain itu beberapa aplikasi cleaner juga bisa bekerja secara otomatis. Sehingga cache di ponsel akan rutin dibersihkan.

Setelah membersihkan cache, kembali coba untuk mengunduh dan menginstal aplikasi.

2. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Saat ini sudah ada cukup banyak cara untuk memastikan ruang penyimpanan ponsel tidak penuh dengan file. Anda bisa berlangganan dengan cloud storage untuk menyimpan file-file penting dan berukuran besar seperti foto dan video. Anda juga bisa secara rutin melakukan backup file tersebut ke laptop atau penyimpanan eksternal.

Bila ruang penyimpanan ponsel sudah terlalu penuh hingga tidak bisa menginstal aplikais baru, maka tidak ada pilihan lain selain mengosongkannya. Pindahkan file-file penting di ponsel terlebih dulu. Kemudian hapus semua file tersebut. Pastikan ruang penyimpanan sudah benar-benar bersih dan kosong dari data dan file.

Setelah itu, kembali coba untuk menginstal aplikasi. Bila berhasil, maka error “Insufficient Storage” benar-benar disebabkan karena kapasitas ruang penyimpanan yang sudah terlalu penuh.

3. Update Sistem Operasi

Secara rutin melakukan update sistem operasi akan menyelamatkan Anda dari banyak masalah pada ponsel. Salah satunya masalah dimana Anda tidak bisa menginstal aplikasi baru.

Jika sudah mencoba dua cara di atas, dan tetap muncul pesan “Insufficient Storage” ketika hendak mengunduh aplikais baru, waktunya Anda mencoba untuk mengupdate sistem operasi.

Periksa terlebih dulu apakah ada pembaharuan baru untuk sistem operasi yang Anda lewatkan. Kemudian lakukan update.

Selama proses update berjalan, pastikan koneksi internet berjalan dengan lancar. Pastikan juga ponsel tidak kehabisan daya ketika sedang melakukan update.

Tunggu hingga proses update selesai dan jangan mencoba untuk menghentikan update yang sedang berjalan.

Setelah melakukan restart pada ponsel, coba kembali untuk menginstal aplikasi. Jika masalah terjadi karena kerusakan sistem, maka seharusnya langkah ini akan mengatasi permasalahan tersebut.

4. Factory Reset

Namun bila semua cara di atas belum berhasil, tidak ada pilihan lain selain melakukan factory reset. Sebelum melakukan factory reset pastikan sudah membackup semua data di ponsel.

Factory reset akan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik. Cara ini bisa dilakukan bila error “Insufficient Storage” disebabkan karena virus maupun malware yang mungkin ada di ponsel.

Semoga cara di atas membantu mengatasi permasalahan ponsel Android Anda!

Exit mobile version