Mengatasi Error “The game installation requires a specific screen resolution”

installation requires specific screen resolution

Terkadang Windows ini akan memberhentikan Anda di dalam mengakses pengaturan resolusi layar. Akan tetapi, tidak perlu merasa khawatir karena saat ini banyak sekali cara untuk mengatasi permasalahan installation requires a specific screen resolution.

Untuk mendapatkan performa gambar maupun video yang terbaik di dalam Windows, maka Anda harus sering menyesuaikan pengaturan di dalam resolusi layar. Akan tetapi, juga cukup bermasalah ketika pengaturan resolusi layar tiba-tiba berubah warna menjadi abu-abu.

Jadi, bagaimana cara mengatasi permasalahan ini dan mengembalikan pengaturan di resolusi layar seperti awal? Di dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan secara rinci dan jelas mengenai mengatasi error installation requires a specific screen resolution.

Cara Mengatasi Error “The Game Installation Requires a Specific Screen Resolution”

1. Melakukan Pembaharuan atau Install Ulang Driver Tampilan

Pengaturan resolusi layar yang tidak bisa diakses ini biasanya disebabkan oleh driver tampilan yang rusak atau kompatibel. Jadi, Anda juga harus melakukan pembaharuan atau melakukan install ulang driver tampilan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Sebagai berikut beberapa langkah cepat untuk melakukan pembaharuan driver tampilan :

  1. Tekan “Win+X” untuk membuka menu akses cepat.
  2. Pilih menu “pengelola perangkat” di dalam halaman tersebut.
  3. Klik dua kali opsi menu “adapter tampilan” untuk melakukan proses pengembangan.
  4. Klik kanan di dalam tampilan PC dan memilih menu “perbarui driver”.

Di dalam jendela berikutnya, Anda bisa memilih “cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang akan diperbarui”. Ikuti juga petunjuk yang ada di layar untuk menyelesaikan proses tersebut. Ketika masih terjadi kesulitan, maka bisa melakukan install ulang “adaptor laya”. Sebagai berikut beberapa tahapan atau langkah yang bisa dilakukan :

  1. Membuka menu “akses cepat” dan “pengelola perangkat” seperti di langkah yang sebelumnya.
  2. Perluas juga “adaptor tampilan” dan klik kanan di adaptor tampilan perangkat yang digunakan dan memilih menu “uninstall device”.
  3. Klik juga tab “tindakan” di bagian pojok kiri atas dan memilih menu “pindai perubahan perangkat keras”. Mulai ulang perangkat untuk menerapkan perubahan yang satu ini.

2. Menggunakan Pemecah Masalah Windows

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi error installation requires a specific screen resolution adalah menggunakan pemecah masalah bawaan. Ketika masalah ini disebabkan oleh masalah pemeliharaan sistem maka bisa menjalankan pemecah masalah di dalam pemeliharaan sistem.

Pada saat memilih cara kali ini, maka akan berurusan dengan masalah perangkat keras. Maka Sedangkan, untuk beberapa tahapan atau langkah yang bisa dilakukan oleh Anda di cara satu ini adalah :

  1. Tekan Win+R untuk membuka kotak dialog run command.
  2. Ketikkan “msdt.exe -id MaintenanceDiagnostic” dan tekan “enter” untuk menyelesaikan pemecah masalah pemeliharaan sistem.
  3. Selanjutnya, klik pada opsi menu “lanjutan” dan centang di dalam kotak “terapkan perbaikan secara otomatis”.
  4. Klik menu “berikutnya” dan selesaikan proses dengan mengikuti petunjuk di layar tersebut.

Apabila pemecah masalah sistem ini tidak menyelesaikan masalah, maka bisa menggunakan pemecah masalah di perangkat keras dan perangkat. Sebagai berikut beberapa langkah atau tahapan yang harus dilakukan :

  1. Ketikkan “settings” di “bilah pencarian Windows” dan memilih menu “best match”.
  2. Klik menu “perbarui dan keamanan” dan memilih “pecahkan masalah” di panel bagian sisi kiri.
  3. Pilih menu “pemecah masalah tambahan” di panel sisi kanan.
  4. Klik “pemecah masalah perangkat keras dan perangkat” dan menekan tombol “jalankan pemecah masalah”. Ikuti juga petunjuk di layar dan melakukan restart pada perangkat tersebut.

3. Instal Ulang atau Memperbaiki Program Microsoft Visual C++

Paket pustaka runtime Microsoft Visual C++ ini mempunyai tanggung jawab untuk memastikan, bahwa perangkat Windows sedang berfungsi dengan baik. Ketika paket ini hilang atau rusak, maka ada kemungkinan terjadi berbagai masalah.

Di dalam hal ini, untuk masalah yang dihadapi bisa berasal dari beberapa program. Salah satu cara mengatasi masalah tersebut adalah melakukan program Microsoft Visual C++ yang sangat mudah sekali dilakukan. Sebagai berikut beberapa langkah untuk melakukan perbaikan di dalam masalah error installation requires a specific screen resolution :

  1. Tekan “Win+R” untuk membuka kotak dialog Run Command.
  2. Ketikkan “appwiz.cpl” dan menekan “enter” untuk membuka jendela di dalam “program dan fitur”.
  3. Klik kanan di setiap program “Microsoft Visual C++” dan lalu pilih menu “ubah”.

Berikan klik pada menu “perbaiki” di layar pop up. Terakhir, maka bisa mengikuti petunjuk di layar dan mulai ulang perangkat untuk menyimpan perubahan yang sudah dilakukan. Ketika tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut, maka bisa mencoba install ulang program “Microsoft Visual C++” dengan menggunakan beberapa langkah sebagai berikut :

  1. Membuka menu “kotak dialog perintah jalankan” dan jendela “program fan fitur” sesuai langkah yang sebelumnya.
  2. Klik kanan di setiap program “Microsoft Visual C++” dan klik menu “uninstall”.
  3. Dari sana, install ulang Program Microsoft Visual C+ dari situs Web Microsoft sudah berhasil.
  4. Ikuti juga petunjuk di layar dan nyalakan ulang perangkat apabila sudah selesai dilakukan.

4. Melakukan Boot Bersih atau Hapus Program yang Rusak

Ada beberapa kasus, untuk masalah error installation requires a specific screen resolution ini juga berasal dari aplikasi pihak ketiga yang rusak. Jadi, ketika Anda barusan saja install program di perangkat lunak yang mencurigakan. Maka dari itu, hal tersebut bisa menjadi akar permasalahannya.

Di dalam contoh seperti itu, Anda juga harus menemukan aplikasi nakal dan melakukan sesuatu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pertama, melakukan boot bersih dan melihat apakah cara ini bisa menyelesaikan masalah.

Ketika tidak, makan bisa mencoba menghapus atau melakukan pembaharuan aplikasi yang mencurigakan tersebut. Pada saat menghapus program yang mencurigakan, maka sebaiknya menggunakan uninstaller dari pihak ketiga yang sudah andal. Di dalam cara yang satu ini juga akan menghapus semua file sisa dan data sampah yang mungkin masih tersisa.

5. Mencopot Pembaharuan yang Baru Diinstall

Di dalam beberapa kasus yang sudah sering terjadi, Anda mungkin sudah sering mengalami masalah saat ini sesudah melakukan pembaharuan di perangkat. Selain itu, di dalam kasus seperti ini Anda harus menghapus pembaruan untuk mengatasi masalah tersebut.

Dipastikan lagi, Anda sudah melakukan pencadangan perangkat sebelum melanjutkan ke beberapa langkah dibawah ini. Sebagai berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus pembaruan Windows :

  1. Ketik “settings” di bilah pencarian Windows dan memilih menu “Best Match”.
  2. Pilih opsi menu “pembaharuan dan keamanan”.
  3. Di jendela berikutnya, maka bisa memilih “pembaruan windows di panel sisi kiri”. Selanjutnya, bisa melihat riwayat pembaruan di panel sisi kanan.
  4. Klik menu “hapus” pembaharuan di bagian paling atas.

Nah, itulah dia 5 cara mengatasi error installation requires a specific screen resolution. Cara-cara di atas cukup mudah dilakukan. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi ketika muncul pesan eror saat hendak melakukan instalasi.

Semoga bisa membantu dan menambah informasi.

Exit mobile version