6 Cara Membuat Kamera Laptop Jernih Saat Online Meeting

Palingit.com – Pandemi Covid-19 telah mengubah kehidupan kita, terutama dalam dunia kerja. Meski pandemi mulai mereda, masih ada karyawan yang memilih bekerja dari rumah. Mereka harus mencari cara membuat kamera laptop jernih saat online meeting.

Apakah kamu salah satu dari karyawan yang memilih work from home (WFH)? Jika benar, tentu kamu akan merasa jengkel jika kamera laptopmu menunjukkan gambar buram dan kurang tajam. Ini menjadi penting saat melakukan video conference.

Tidak perlu khawatir. Artikel ini akan menjelaskan cara agar kamera laptopmu menunjukkan gambar jernih. Ini penting tidak hanya saat melakukan online meeting, tetapi juga aktivitas lainnya seperti melakukan streaming dan merekam video.

6 Cara Membuat Kamera Laptop Jernih

Semenjak pandemi Covid-19 menyerang seluruh dunia, kantor dan sekolah mengandalkan aplikasi video conference untuk kembali melakukan sejumlah aktivitas. Aplikasi seperti Zoom, Google Meet, dan Microsoft Team tentu menjadi andalannya.

Sebelum pandemi, kamera laptop tidak terlalu menjadi komponen penting bagi setiap pengguna laptop. Kini, semua pengguna menganggap alat tersebut sangat penting untuk melakukan online meeting.

Oleh karena itu, semua pengguna harus mencari cara agar gambar dari kamera laptopnya jelas saat terlihat oleh orang lain. Tentu kamu akan jadi sangat jengkel jika kamera laptopmu menghasilkan gambar yang berkualitas rendah.

Tidak perlu membeli laptop baru yang memiliki kamera resolusi lebih bagus. Ada cara alternatif agar gambar dari kameramu dapat jadi lebih baik. Berikut adalah enam cara membuat kamera laptop menjadi jernih saat melakukan online meeting.

1. Bersihkan Lensa Kamera Laptop

Membersihkan lensa kamera laptop menjadi salah satu andalan sebagai cara membuat kamera laptop jadi jernih. Ini menjadi langkah awal dan termudah yang perlu kamu lakukan.

Sebenarnya, banyak pengguna yang tidak memedulikan kebersihan laptop, terutama kamera dan layarnya. Hal ini sangat disayangkan karena debu akan mengendap di kamera laptop sehingga gambar tidak menjadi jernih.

Sederhananya, kamu bisa gunakan cairan pembersih lensa dan kain untuk kacamata. Kamu juga dapat menggunakan kain microfiber yang telah sudah basah oleh sedikit air hangat sebagai cara menjernihkan kamera laptop.

Jika perlu, kamu dapat membeli cleaning kit agar membersihkan kamera laptop lebih mudah. Cleaning kit juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan layar laptop.

2. Andalkan Pencahayaan Eksternal

Sumber pencahayaan eksternal yang mendukung dapat kamu andalkan sebagai cara membuat kamera laptop lebih jernih. Mulai dari cahaya matahari hingga cahaya lampu.

Penggunaan pencahayaan eksternal ini bermanfaat untuk kamera laptop agar mengurangi grain pada video dan menyajikan warna lebih akurat. Asalkan pencahayaan itu tidak terlalu tajam.

Dalam menggunakan cahaya matahari, kamu perlu mengandalkan sudut yang terpancar langsung sinar matahari. Contohnya, kamu dapat menggunakan sudut di dekat jendela ruangan.

Cara menggunakan sinar matahari sebagai pencahayaan eksternal memiliki kekurangannya. Pasalnya, kamu tidak dapat melakukannya saat malam hari, apalagi ketika cuaca mendung dan hujan.

Jika tidak dapat mengandalkan cahaya matahari, kamu dapat menggunakan cahaya dari lampu. Untuk itu, kamu bisa pakai lampu meja belajar atau lampu meja kerja dan hadapkan pada langit-langit.

Sama seperti saat menggunakan cahaya matahari, carilah juga sudut atau ruangan dengan pencahayaan yang terang dan lembut. Kalau itu masih belum cukup, ring light yang biasa terjual di online shop bisa kamu pakai.

3. Pemilihan Background

Mungkin ini terdengar sepele, tapi background dapat mempengaruhi gambar dari kamera laptopmu. Cara ini menjadi alternatif jika kamu tidak mampu andalkan pencahayaan eksternal. Asalkan, kamu tetap harus mencari sudut yang tepat.

Aplikasi Zoom dan Google Meet sebetulnya sudah memiliki fitur penggantian background. Caranya, cukup masukkan gambar yang ingin jadi background saat meeting dengan browse di fiturnya.

Pemilihan background berdampak besar pada resolusi gambar dari kamera laptop. Penggunaan background berwarna gelap dan terkesan berantakan dapat menjadi bumerang, alhasil gambar tidak enak pada pandangan.

Oleh karena itu, kamu harus mencari background yang cerah agar dapat membantu kamera laptop kamu menangkap gambar secara jernih. Cara ini dapat membantu jika kamu berada di ruang yang kurang pencahayaannya.

Carilah background berwarna polos atau terkesan lebih sederhana tapi rapi. Contohnya, background rak buku lazim digunakan saat melakukan online meeting. Ini jadi salah satu andalan sebagai cara membuat kamera laptop jernih.

4. Uji Coba Bandwidth

Aplikasi video conference sudah pasti membutuhkan koneksi internet. Dengan kata lain, koneksi internet dapat berdampak pada gambar kamera laptop saat melakukan online meeting.

Umumnya, dibutuhkan kecepatan internet sebesar 128 kbps hingga 1 mbps agar dapat kualitas gambar jernih. Sinyal internet turut menjadi perhatian. Jika sinyal tidak stabil, kualitas gambar akan kabur dan seperti tersendat-sendat.

Kamu bisa memastikan hal ini dengan menguji coba bandwidth internet kamu. Cukup banyak aplikasi penguji coba bandwidth, contoh paling umumnya Speedtest by Ookla dan Fast.com.

Cara ini menjadi semakin bermanfaat jika kamu berada di luar rumah, terutama saat menggunakan wi-fi. Pemeriksaan bandwidth dapat memastikan jika koneksi internet dapat berjalan cepat meski digunakan banyak orang.

5. Pastikan Driver Kamera Laptop Sudah Update

Melakukan update pada driver kamera laptop bisa menjadi sebuah cara membuat kamera laptop jernih. Ini menjadi hal wajib bagi kamu yang memiliki laptop keluaran lama.

Biasanya, driver kamera laptop yang tidak ter-update menjadi pemicu kamera tidak mampu menyajikan gambar jernih. Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan update driver kamera laptop kamu.

Untuk melakukan update driver kamera laptop, kamu perlu gunakan fitur Windows Update. Fitur ini dapat memeriksa dan memperbaharui driver kamera laptop kamu. Terkadang, Windows Update akan melakukan update secara otomatis.

Namun, beberapa merek driver kamera tidak selalu memasukkan update-nya sebagai bagian dari Windows Update. Jika hal ini terjadi, kamu bisa melakukan update secara manual dengan mengunjungi laman resmi produsen laptopmu.

Saat melakukannya, tunggu update hingga selesai. Setelah itu, biasanya sistem meminta laptop kamu untuk di-restart.

6. Pakai Kamera Eksternal

Cara agar kamera laptop jernih terakhir adalah memakai sebuah kamera eksternal. Lazimnya, ini menjadi upaya terakhir jika kamu merasa kelima cara tadi belum juga berhasil.

Kamera eksternal atau webcam sudah banyak tersedia di toko elektronik atau online shop. Begitu banyak pilihannya, harga dan kualitasnya pun bervariasi. Spesifikasi dari masing-masing webcam tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kamu hanya tinggal memilih webcam yang cocok agar nyaman saat melakukan video conference. Lihatlah dulu spesifikasi dan harga dari webcam sebelum menentukan pilihan.

Tentunya, kamera eksternal berspesifikasi tinggi akan menyajikan gambar beresolusi tinggi. Artinya, kamera tersebut dapat menghasilkan gambar lebih jernih dan tajam.

Itulah tadi enam cara membuat kamera laptop jernih saat melakukan online meeting. Selamat mencoba!

Leave a Comment