4 Solusi Error "Unable to connect to proxy server" pada pengaturan jaringan - Paling IT

4 Solusi Error “Unable to connect to proxy server” pada pengaturan jaringan

Pengguna komputer pastinya panik ketika mendapatkan pesan error “Unable to connect proxy server” saat mengakses internet. Pesan eror ini memang memberikan indikasi bahwa komputer atau perangkat yang sedang digunakan tidak lagi terhubung ke server proxy.

Penggunaan internet menjadi salah satu faktor terbesar bagi pengguna komputer. Sayangnya, permasalahan dalam penggunaan internet bukan hanya koneksi yang lemot. Bukan juga sebatas pada akses situs yang terblokir maupun dibatasi. Ada masalah lain yang mungkin bagi sebagian besar pengguna membingungkan.

Masalah tersebut tidak lain kegagalan untuk terhubung ke server proxy. Biasanya permasalahan ini akan memunculkan pesan eror ketika pengguna akan mengakses sebuah situs di browser.

Tidak perlu bingung, berikut ini merupakan uraian apa yang menjadi penyebab masalah “Unable to connect to proxy server”. Pastinya juga juga akan dibeberkan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab Error “Unable to connect to proxy server”

Sebagian pengguna mungkin panik ketika tiba-tiba muncul pesan eror “Unable to connect to proxy server” di komputer. Terlebih bagi sebagian pengguna, istilah server proxy masih terbilang asing.

Di bawah ini merupakan beberapa penyebab mengapa terjadi eror “Unable to connect proxy server” saat terkoneksi di internet.

1. Konfigurasi Jaringan Tidak Sesuai

Penyebab pertama dari permasalahan ini adalah kesalahan pada konfigurasi jaringan. Bila konfigurasi jaringan tidak sesuai, maka komputer tidak akan bisa terhubung ke server proxy. Bisa ditebak, akhirnya muncul pesan eror “Unable to connect to proxy server” ketika mengakses internet.

Salah satu kesalahan pada konfigurasi jaringan yang menyebabkan permasalahan ini terletak pada pengaturan proxy. Pengaturan proxy yang mati atau tidak diatur yang sesuai menyebabkan eror pada saat terhubung ke server. Selain itu, pengisian alamat proxy dan juga port yang salah juga menjadi salah satu penyebab lain.

2. Kesalahan Pengaturan Server Proxy

Bukan hanya pada konfigurasi jaringan, mengisi alamat proxy yang salah di server juga bisa menyebabkan eror. Alamat yang salah menyebabkan server tidak bisa terhubung dengan proxy. Begitu juga bila port yang tersambung dengan server tidak terhubung dalam alamat yang benar.

Dapat dipastikan, kesalahan pada pengaturan server proxy ini akan menjadi masalah setiap kali mengakses internet. Pasalnya koneksi internet tidak akan bisa terhubung dengan server yang memiliki pengaturan yang salah.

3. Koneksi Terblokir Firewall dan Antivirus

Sistem keamanan di komputer memang sangat membantu. Berkat sistem keamanan ini, Anda tidak perlu khawatir komputer akan mudah terserang malware. Begitu juga adanya antivirus yang memastikan semua aktivitas di komputer akan aman dari gencaran virus-virus yang bisa melumpuhkan.

Menariknya, meski memiliki banyak sekali manfaat, fitur sistem keamanan di komputer, seperti firewall dan antivirus juga sering menjadi masalah. Masalah ini salah satunya firewall memblokir koneksi internet.

Firewall bisa saja membaca koneksi internet memiliki potensi bahaya. Entah itu karena Anda mengunakan jaringan internet yang terbuka untuk publik. Maupun kesalahan pada pengaturan sistem keamanan tersendiri. Inilah yang akhirnya menyebabkan firewall memblokir koneksi internet di browser.

Akibatnya bisa ditebak. Anda bukan hanya tidak akan bisa terhubung dengan koneksi internet. Melainkan juga akan muncul pesan eror “Unable to connect to proxy server” di layar.

4. Kesalahan Pengaturan DNS

Permasalahan “Unable to connect to proxy server” memang sebagian besar disebabkan karena kesalahan pengaturan. Bukan hanya kesalahan pada pengaturan jaringan maupun server proxy saja. Melainkan juga kesalahan saat melakukan pengaturan DNS.

DNS memiliki peranan penting untuk menghubungkan komputer dengan internet. Sehingga bila pengaturan DNS salah, maka jaringan untuk menghubungkan komputer tidak akan bekerja.

Ada beberapa pengaturan DNS yang rawan akan kesalahan. Pengaturan pertama merupakan alamat DNS. Pengguna komputer biasanya akan mengubah alamat DNS agar mendapatkan koneksi internet lebih cepat. Padahal cara ini tidak selalu berhasil. Sebaliknya alamat yang berubah ini menggangu proses terhubungnya koneksi internet dengan server proxy.

5. Gangguan Jaringan Internet

Adanya masalah internet juga akan menyebabkan error Unable to connect proxy server. Gangguan ini misalnya saja masalah pada jaringan internet dari provider. Maupun kerusakan di router internet.

Masalah di internet ini pastinya membuat Anda tidak bisa terhubung. Sehingga pastinya, Anda tidak akan bisa mengakses internet. Di layar pun kerap kali muncul pesan eror “Unable to connect to proxy server” untuk penyebab masalah ini.

Cara Mengatasi Error “Unable to connect proxy server”

Seperti disebutkan di atas, masalah “Unable to connect to proxy server” memang lebih banyak disebabkan karena pengaturan. Perubahan pada pengaturan akan menyebabkan server tidak akan bisa lagi terhubung. Akibatnya Anda tidak dapat mengakses internet.

Untuk mengatasi masalah ini, ikuti cara-cara mudah di bawah ini.

1. Periksa Pengaturan Server Proxy

Pengaturan paling penting yang harus diperiksa ketika mendapatkan pesan eror “Unable to connect to proxy server” adalah server proxy. Anda bukan hanya harus memastikan server proxy masih bekerja. Melainkan juga pastikan semua pengaturan bekerja seperti seharusnya.

Cek dulu apakah proxy pada pengaturan server sudah aktif. Setelah itu pastikan alamat proxy dan DNS sudah sesuai. Pastikan semua pengaturan tidak mengalami perubahan setelah itu baru restart komputer. Bila komputer sudah kembali hidup, coba untuk mengakses internet.

2. Koneksi Internet Stabil

Meskipun jarang terjadi, namun koneksi internet yang tidak stabil akan menyebabkan masalah pada server proxy. Koneksi internet yang kurang stabil ini bukan saja akan membuat kegiatan berselancar di web menjadi lemot. Melainkan akan memunculkan pesan eror “Unable to connect to proxy server” setiap kali hendak mengakses situs.

Anda bisa melakukan restart pada router internet untuk memastikan koneksi berjalan lancar. Selain itu Anda juga dapat menghubungi provider internet dan mengecek apakah terdapat masalah pada jaringan.

3. Ubah Pengaturan Firewall dan Antivirus

Seperti dijelaskan di atas, firewall dan antivirus di sistem keamanan memastikan perangkat aman. Baik itu dari serangan virus maupun malware. Namun di sisi lain, sistem keamanan ini juga akan menyebabkan Anda tidak bisa terhubung ke beberapa jaringan internet.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memilih untuk mengubah pengaturan firewall dan antivirus. Anda bisa mematikan fitur firewall sementara waktu. Sedangkan untuk aplikasi antivirus, coba untuk tidak memilih fitur untuk scan otomatis.

Kedua cara ini memang membuat komputer lebih mudah terserang virus dan malware. Untuk itu hanya lakukan saat menggunakan koneksi internet yang benar-benar aman.

4. Reset Pengaturan Jaringan

Reset pengaturan jaringan di komputer kembali seperti awal. Ini bisa dilakukan dengan memulihkan jaringan seperti pengaturan semula. Anda juga bisa memilih untuk melakukan reboot, yang secara otomatis mengembalikan semua pengaturan di komputer.

Melakukan reset pengaturan jaringan menjadi cara termudah mengatasi masalah server proxy eror ketika terhubung ke internet.

Cara-cara di atas menjadi solusi termudah untuk eror Unable to connect proxy server. Selamat mencoba!

 

Leave a Comment