Tutorial TV Digital: Cara Setting Set Top Box, Siaran, & Instalasinya

tutorial TV digital

Palingit.com – Pengunaan TV digital merupakan kampanye pemerintah dalam rangka mendukung masyarakat untuk mendapatkan kualitas siaran yang lebih bagus. Meski sudah masif digunakan, namun masih banyak yang belum tahu bagaimana mengelola setting ke TV diigital yang menggantikan TV analog tersebut. Yuk, cari tahu tutorial TV digital secara lengkap di artikel ini!

Saat ini kamu bisa mendapatkan televisi digital berbagai merek di pasaran. Setting atau pengaturannya pada umumnya sama saja, bahkan prosesnya cukup mudah, cepat, dan kamu pun bisa mendapatkan kualitas siaran yang lebih jernih. Lalu, bagaimana melakukan setting televisi ini?

Cara Setting TV Digital Berbagai Merek

Cara setting TV digital tanpa set top box tentu saja bisa kamu lakukan dengan cepat dan mudah apabila televisi kamu sudah mendukung siaran digital. Berikut ini langkah-langkah setting jenis televisi ini.

1. Pastikan Televisi Mendukung Siaran Digital

Sebelum melakukan setting, kamu perlu memastikan kalau televisi kamu itu memang mendukung siaran digital, ya. Kamu bisa mengeceknya langsung di kardus kemasan televisi yang kamu beli.

Jika ada tulisan DVB T2, maka televisi itu sudah mendukung siaran digital. Bagaimana kalau ternyata tidak mendukung? Ya, kamu nantinya perlu memakai set top box. Sebab, tidak semua televisi LED yang ada saat ini support dengan TV digital.

Jadi cara yang paling tepat kamu harus melakukan pengecekan lebih dulu ke televisi tersebut apakah mendukung siaran digital atau tidak.

2. Hidupkan Televisi dan Ambil Menu Setup

Setelah kamu yakin televisi mendukung siaran digital, silakan kamu hidupkan dan ambil menu setting. Setelah itu, kamu perlu mengaktifkan digital setting lebih dulu.

Cara setting TV digital Toshiba dan Sharp mungkin sedikit berbeda. Namun, pada prinsipnya sama saja, yakni mengaktifkan lebih dulu setting digital baru melakukan pencarian siaran.

Ini caranya:

3. Menunggu Siaran

Untuk segera menikmati siaran TV, ini caranya:

Cara Setting Set Top Box untuk Televisi Digital

Set top box merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal UHF menjadi tampilan audio dan video di layar televisi, sama halnya dengan DVD yang memiliki fungsi hampir serupa. Alat inilah yang kamu gunakan untuk menampilkan sinyal televisi digital menjadi tayangan audio dan video di layar televisi.

Bagaimana cara setting TV digital set top box untuk penggunaan televisi digital? Berikut panduannya:

1. Pastikan Semua Perangkat Tersedia

Cek perangkat set top box dalam kotak. Apa saja yang harus dicek?

2. Hubungkan Kabel RCA

Hubungkan kabel RCA (merah, kuning, putih) ke televisi pada salah satu ujungnya, lalu ujung yang lain hubungkan ke set top box. Ini kalau kamu menggunakan televisi tabung,. Tapi kalau menggunakan TV LED,kamu bisa hubungkan kabel HDMI nya ke televisi dan set top box.

3. Hubungkan Kabel Antena RF IN

Selanjutnya hubungkan kabel antena ke bagian RF IN yang ada di set top box. Posisinya di bagian paling ujung sebelah kiri. Kamu bisa langsung hubungkan ke set top box tersebut. Kabel inilah yang akan menjadi penyalur input sinyal digital UHF ke perangkat chief digital yang ada di set top box.

4. Koneksikan Kabel Power

Hubungkan kabel power set top box dan televisi ke sumber arus lalu hidupkan televisi. Kamu bakal melihat siaran televisi yang tidak jernih. Lalu apa yang perlu kamu lakukan selanjutnya?

Nah, tadi pada saat kamu menghubungkan ke kabel RCA di televisi, AV berapa yang kamu pilih? Ini yang harus kamu perhatikan.

Bagaimana Mencari Siaran di Televisi Digital?

Cara setting TV digital tanpa Sony maupun merek lainnya pada prinsipnya sama. Namun, kadang-kadang terjadi masalah di mana siaran tidak bisa kamu temukan. Bagaimana caranya? Salah satu caranya adalah dengan memperbaiki posisi antenna. Arahkan antena ke posisi yang tepat.

Jika arah antena sudah tepat, tetapi siaran tidak juga kamu temukan, apa masalahnya? Bisa jadi kadang masalahnya pada setting set top box. Kesalahan setting membuat kadang-kadang siaran tidak ada. Pastikan juga memang di wilayah kamu tinggal sudah menjangkau siaran digital.

Bagaimana Cara Mengetahui Siaran TV Digital di Daerah Kita?

Kominfo memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin mengetahui apakah ada siaran digital di sekitar tempat tinggalmu atau tidak.

Ini caranya:

Tips  Memilih Set Top Box dan Install TV Digital

Pada dasarnya semua jenis set top box sama saja. Tidak ada perbedaan signifikan dari berbagai jenis merek yang ada di pasaran. Namun, yang paling penting perlu kamu pastikan adalah pada set top box yang kamu beli tertulis HDB T2. Ini adalah keterangan penting bahwa set top box tersebut mendukung siaran digital.

Sedangkan untuk menginstal TV digital, pada prinsipnya, bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Apalagi jika kamu sudah menggunakan jenis TV digital tanpa set top box, kamu bisa menginstal dan melakukan pengaturannya secara langsung.

Nah, kalau pun menggunakan set top box, kamu pun bisa menginstalnya sendiri. Antena yang ada di rumah kamu saat ini masih bisa kamu manfaatkan untuk penggunaan TV digital. Jadi kamu nggak perlu beli antena lagi. Harga antena lumayan mahal kalau kamu harus membeli yang baru.

Kadang-kadang, ada beberapa teknisi yang menganjurkan untuk membeli perangkat baru seperti antena, padahal sebenarnya antena yang ada di rumah masih bisa kamu pakai.

Kamu bisa belajar tutorial TV digital sendiri di rumah dan memasang sendiri dengan perangkat yang tersedia. Beralih ke TV digital akan membantu kamu mendapatkan kualitas siaran yang lebih unggul dan tidak mengganggu frekuensi pengguna lainnya. Ikuti kampanye TV digital pemerintah untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan informasi yang lebih berkualitas.

 

Exit mobile version