Tutorial Excel Lengkap untuk Pemula

tutorial Excel

 

Palingit.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa selain Microsoft Words, Excel juga menjadi program yang harus kamu kuasai saat ini. Tidak hanya untuk pekerjaan yang sifatnya administratif, ada banyak bidang lain yang juga perlu melaporkan hasil analisis memakai Microsoft Excel. Itulah mengapa kamu perlu tahu tutorial Excel lengkap, terutama jika kamu masih pemula di bidang ini.

Untuk kamu yang mungkin masih awam, tidak perlu khawatir. Di tutorial Excel pemula ini, kamu akan tahu bagaimana step by step membuat book, sheet, dan menambahkan data baru.  Baru nanti secara bertahap, konsep-konsep yang tingkat kesulitannya lebih tinggi, bisa kamu pelajari juga.

Yuk, mulai  belajar Excel gratis di sini!

Tutorial Excel Lengkap Membuat Book dan Sheet

Materi pertama dalam belajar Excel step by step yang perlu kamu tahu adalah bagaimana membuat book dan sheet. Sheet adalah sekumpulan sel yang membentuk baris dan kolom pada Excel. Sementara book merupakan gabungan antara sheet dengan fitur-fitur pelengkap yang ada.

Perlu kamu ketahui bahwa dalam 1 book dari excel tidak hanya untuk 1 sheet. Kamu bisa membuatnya dalam jumlah banyak tergantung kebutuhan. Inilah yang menjadi alasan Excel sering dipakai dalam dunia administrasi. Kamu bisa membuat laporan per bulannya dalam 1 book yang sama. Melakukan pemeriksaan pun jadi lebih mudah.

Ini langkah-langkah membuat book dan sheet:

  1. Untuk melakukan modifikasi (membuat dan menambah) sheet itu, lakukan klik kanan pada keterangan “Sheet” yang berada dalam status bar.
  2. Setelah kamu klik, akan muncul beberapa fitur sebagai berikut :

Tidak hanya itu, kamu dapat pindahkan suatu sheet ke book lain yang saat itu juga sedang terbuka.

Dalam membuat duplikasi, kamu tinggal centang “Create a copy” nantinya sheet dengan isi yang sama akan otomatis terbentuk.

Tutorial Tentang Sel, Kolom, dan Baris

Tutorial Excel Microsoft berikutnya yang juga tidak kalah penting adalah hal-hal yang menyangkut pengaturan sel, kolom, dan baris. Kamu bisa melakukan input data pada sel dan menduplikasi data antarsel.

Cara Melakukan Input Data pada Sel

Untuk mengetikkan suatu data yang berupa angka, gambar, ataupun kata ke dalam sel, ada 2 cara yang bisa kamu terapkan yaitu :

  1. Klik 1x pada salah satu sel yang kamu pilih, lalu ketikkan datanya ke situ. Bila nanti dalam pengetikan terjadi kesalahan, kamu harus klik 2x pada sel yang bersangkutan supaya dapat memperbaikinya.
  2. Akses lain untuk memasukkan data ke dalam suatu sel juga lewat formula bar. Caranya, kamu klik 1x pada sel tertentu dan kemudian isikan data pada formula bar tersebut.

Cara Menduplikasi Data dari 1 Sel ke Sel Lain

Kamu tidak perlu repot-repot mengetik ulang data yang sama karena Excel menyediakan berbagai alternatif cara untuk menduplikasi secara otomatis. Alternatif-alternatif cara tersebut meliputi:

1. Pakai Sistem Copy Paste

Untuk menggunakan metode ini, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

2. Menggunakan Sistem Klik dan Tahan

Untuk menggunakan metode ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Mengatur Kelebaran Kolom dan Baris

Saat membuat tabel, aspek kerapian juga perlu kamu perhatikan, agar nanti pembaca dapat memahami informasi di dalamnya dengan jelas. Kerapian ini salah satunya ditentukan dari seberapa proporsional lebar kolom dan barisnya.

Untuk itulah, Excel sudah menyediakan beberapa cara mengatur kelebaran tersebut yaitu dengan dua cara, yaitu memakai pointer mouse dan fitur format.

1. Memakai Pointer Mouse

Untuk mengatur kelebaran tabel menggunakan pointer mouse, caranya adalah:

2. Menggunakan Fitur Format

Untuk mengatur kelebaran tabel menggunakan fitur format, caranya adalah :

Beberapa Rumus Excel yang Penting

Setelah materi basic di atas, kamu bisa belajar mengenai hal yang lebih rumit di Excel. Kalau kamu mau belajar Excel untuk kerja, mau tak mau kamu harus menguasai rumus-rumus yang ada di situ. Rumus-rumus yang penting yang harus kamu kuasai adalah :

Rumus SUM

Rumus SUM berguna untuk menjumlahkan setiap angka dalam rentang kolom ataupun baris tertentu secara otomatis. Begini prosedur penggunaan rumusnya

Rumus AVERAGE

Apabila SUM untuk menjumlahkan maka rumus AVERAGE berfungsi menghitung rata-rata suatu deretan angka. Untuk konsep penggunaannya di excel masih sama, tapi kali ini kamu harus ketikkan “ =AVERAGE(    )” pada salah satu sel.

Nah, sebenarnya masih banyak tutorial Excel lainnya yang perlu kamu pelajari, terutama jika kamu akan bekerja di bidang yang butuh mengolah banyak data. Namun jangan khawatir karena akan masih ada lanjutan pembahasannya di artikel tersendiri. Selamat mencoba, ya!

 

Exit mobile version