Tutorial Canva Lengkap untuk Pemula

tutorial Canva

Palingit.com – Kamu pasti sudah tidak asing dengan nama Canva, bukan? Aplikasi ini memang cukup populer dan sangat membantu dalam dunia desain. Nah, buat kamu yang masih awam dan ingin mulai membuat kreasi desain dengan hasil yang pro, yuk, ikuti tutorial Canva lengkap di sini.

Apa itu Canva?

Sebelum beranjak ke step by step membuat desain dengan Canva, ada baiknya kamu tahu sedikit mengenai perangkat lunak desain grafis online ini, Canva memang dibuat untuk siapa saja yang ingin membuat desain visual profesional dengan mudah. Baik untuk desainer profesional maupun pemula, tools dan template yang ada di aplikasi ini cukup lengkap dan mudah digunakan.

Alat ini sengaja dirancang agar ramah ddengan navigasi yang mudah bagi pemula, jadi kamu tidak akan kesulitan mempelajari cara menggunakannya. Dengan Canva, kamu bisa membuat berbagai macam desain termasuk poster, logo, video, konten media sosial, cetakan, spanduk, situs web, dan banyak lagi.

Intinya, Canva adalah alat terbaik untuk membuat desain berkualitas tinggi dan aset pemasaran dengan cepat dan mudah.

Tutorial Cara Menggunakan Canva

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai dengan Canva.

1. Membuat Akun Canva

Sebenarnya kamu bisa pakai Canva tanpa harus mendaftar akun terlebih dahulu. Namun, untuk bisa mengakses ke beberapa fitur dasar, misalnya template unik atau menyimpan hasil desain yang penting, sebaiknya kamu daftar akun kamu dulu. Kamu juga bisa daftar langsung lewat akun Google kamu.

Nah, untuk daftar, kamu tinggal buka beranda Canva, kemudian klik tombol “Daftar”.

2. Mulai Buat Desain

Untuk memulai desain, kamu bisa pilih antara dua metode. Kamu bisa mulai dari kanvas kosong atau pilih template yang telah didesain sebelumnya.

Membuat Desain dari Kanvas Kosong

Untuk mulai dari kanvas kosong, ini yang perlu kamu lakukan:

Membuat Desain dari Template

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa pilih template yang sudah ada untuk memulai desain kamu.

Untuk menemukan template ideal kamu, ini caranya:

Perlu kamu ketahui bahwa template dengan ikon mahkota hanya tersedia untuk pengguna Canva Pro, dan template tanpa ikon mahkota bebas kamu gunakan.

3. Mulai Mengedit Desain

Untuk memulai dengan editor Canva, ada beberapa area dasar yang perlu kamu perhatikan. Antara lain adalah sebagai berikut.

Memodifikasi Elemen yang Ada

 

 

Jika kamu memilih template yang sudah ada, kamu akan menemukan berbagai elemen yang sudah ada di kanvas. Elemen ini dapat dengan mudah kamu modifikasi dan sesuaikan dengan keinginan kamu.

Ini caranya:

Mengelompokkan Elemen

Kamu bisa mengelompokkan elemen dan memindahkan atau mengubah ukurannya seolah-olah elemen tersebut adalah satu elemen. Untuk melakukannya, ini caranya:

Membuat Layer atau Lapisan

Jika kamu memiliki beberapa elemen berbeda dalam desain kamu, setiap elemen akan berada pada lapisannya sendiri. Kadang-kadang sulit untuk memilih elemen tertentu jika berada di lapisan yang dekat atau di bagian bawah hierarki lapisan.

Untuk memilih elemen yang berada di belakang yang lain, lakukan:

Atau mengunakan opsi Posisi untuk mengaturnya secara instan.

Mengunci Elemen

Jika kamu suka bagaimana elemen  tertentu terlihat dalam desain kamu, kamu bisa menguncinya agar tetap presisi. Ini caranya:

Membatalkan atau Mengulangi Perubahan

Ketika kamu membuat perubahan pada desainmu, ini caranya:

Menambahkan Halaman Baru

Untuk menambahkan halaman baru ke desain, ini caranya:

Melihat Banyak Halaman

Kalau kamu membuat banyak halaman dalam file desain yang sama, kamu bisa melihatnya secara bersamaan dengan membuka opsi ‘Tampilan kisi’.

Menyimpan Desain

Sebelum kamu simpan desain, sebaiknya kamu menamai desain kamu. Hal ini akan sangat  berguna bila kamu berencana untuk membuat lebih banyak desain. Dengan begitu kamu akan dengan mudah kembali dan menemukannya, dan juga menyimpannya di folder yang relevan. Kamu juga bisa menamai masing-masing halaman dalam desain kamu untuk menjaga semuanya agar tertata rapi dan teratur.

Demikianlah tutorial Canva untuk pemula yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk terus melakukan eksplorasi dengan elemen, template, atau gaya desain, agar hasil desainmu makin ciamik dan pro. Selamat mencoba!

Exit mobile version