5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Mengirim dan Menerima SMS Berbayar di HP

Tidak Bisa Mengirim SMS Berbayar

Meskipun tidak lagi banyak digunakan, Anda pastinya panik ketika HP tiba-tba tidak bisa mengirim SMS berbayar. Tenang saja, begini cara mudah mengatasinya.

Hadirnya berbagai pilihan instant messenger dan juga media sosial menggeser posisi SMS sebagai satu-satunya cara komunikasi digital. Saat ini hampir semua orang lebih memilih menggunakan aplikasi untuk mengirim dan menerima pesan secara instan. Seperti misalnya saja WhatsApp. SMS yang dulunya menjadi pilihan utama justru hampir tidak pernah lagi digunakan.

Meskipun sudah bukan lagi kebutuhan vital, namun bukan berarti SMS sama sekali tidak diperlukan. Beberapa komunikasi resmi masih membutuhkan fitur SMS. Seperti misalnya saja untuk mendaftarkan kartu SIM yang digunakan. Maupun untuk mengirimkan dan menerima pesan dari provider.

Untuk itulah tidak heran bila sebagian besar orang akan panik ketika ponsel mereka tiba-tiba saja tidak bisa mengirim SMS berbayar. Biasanya permasalahan ini juga diikuti dengan ponsel yang tidak bisa menerima SMS.

Sebelum mengetahui cara-cara untuk mengatasi permasalahan satu ini, tentu saja sangat penting untuk lebih dulu memahami apa penyebabnya. Di bawah ini merupakan penyebab HP tidak bisa mengirim dan menerima SMS berbayar. Sekaligus juga cara untuk mengatasinya.

Penyebab HP Tidak Bisa Mengirim dan Menerima SMS Berbayar

Ada beberapa hal yang menyebabkan HP tiba-tiba tidak bisa mengirim dan menerima SMS. Berikut ini merupakan penyebab yang paling sering dialami.

1. Gangguan Jaringan dan Sinyal Operator

Penyebab pertama mengapa tidak bisa mengirim dan menerima SMS justru disebabkan karena operator. Ketika operator mengalami gangguan jaringan dan sinyal, maka secara otomatis koneksi ke ponsel pun akan terganggu. Hal ini salah satunya menyebabkan HP tidak bisa mengirim dan menerima pesan SMS.

2. Masa Aktif Habis

Seperti disebutkan sebelumnya, saat ini semakin banyak orang yang jarang menggunakan fungsi dasar ponsel. Selain untuk kebutuhan internet. Ini termasuk juga fungsi panggilan dan menerima pesan SMS.

Hal ini menyebabkan sebagian besar orang jarang untuk mengisi pulsa. Sehingga bisa diduga, masa aktif kartu pun akan habis.

Ketika masa kartu habis, secara otomatis pula kartu SIM tidak lagi bisa digunakan. Termasuk juga tidak bisa lagi menerima dan mengirimkan SMS.

3. Kesalahan Konfigurasi SMSC

Smartphone Android memiliki pengaturan konfigurasi tersendiri untuk memungkinkan ponsel menerima dan mengirimkan SMS. Bila terdapat kesalahan pada konfigurasi SMSC tersebut, maka kemampuan ini akan menurun bahkan hilang. Akibatnya tentu saja, Anda dijamin tidak bisa menerima dan mengirim SMS lagi.

4. Pulsa Habis

Bila Anda sudah mencoba berkali-kali untuk mengirimkan SMS namun gagal, maka bisa saja penyebabnya adalah pulsa. Ya, Anda tidak lagi memiliki cukup pulsa untuk mengirimkan SMS.

Diantara penyebab lain, cara untuk mengatasi masalah satu ini sangat mudah. Anda hanya perlu mengisi ulang pulsa saja untuk bisa mengirimkan SMS lagi seperti sebelumnya.

5. Menggunakan Jaringan 4G Only

Di smartphone Android, Anda bisa mengubah pengaturan jaringan yang digunakan. Namun bila Anda menggunakan pengaturan jaringan 4G Only, maka akan menyebabkan kegagalan untuk mengirim dan menerima SMS.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Mengirim SMS Berbayar

Setelah memahami apa saja penyebabnya di atas, selanjutnya tentu saja pembahasan bagaimana cara mengatasi permasalahan di atas. Di bawah ini merupakan beberapa langkah yang bisa dilakukan.

1. Pastikan Koneksi dan Sinyal Operator

Seperti disebutkan di atas, kegagalan ketika menerima dan mengirimkan pesan SMS seringnya disebabkan karena gangguan pada koneksi dan sinyal operator. Untuk itu langkah pertama yang perlu dilakukan cukup mudah. Anda hanya perlu memeriksa koneksi sinyal dari operator.

Ada beberapa cara untuk memeriksa koneksi dan sinyal operator. Cara termudah tentu saja dengan melihat garis sinyal yang nampak di layar ponsel. Bila baris sinyal lebih sedikit dari dua garis, maka hampir bisa dipastikan ada masalah pada jaringan operator.

Apalagi bila sinyal benar-benar hilang dari ponsel. Maka sudah pasti bisa dipastikan ada gangguan di operator yang menyebabkan tidak bisa mengirim dan menerima pesan.

2. Cek Masa Berlaku Kartu dan Sisa Pulsa

Setelah memeriksa bar sinyal di ponsel, selanjutnya pastikan juga kartu masih dalam masa berlaku. Dijelaskan di atas, masa berlaku habis menyebabkan kartu tidak bisa digunakan. Ini menyebabkan ponsel tidak bisa melakukan panggilan. Sekaligus juga gagal menerima dan mengirim pesan SMS.

Masing-masing operator memiliki cara untuk memeriksa masa berlaku kartu. Lebih baik hubungan layanan konsumen operator untuk memastikan status kartu apakah masih aktif atau tidak.

Selain masa aktif kartu, Anda juga harus memeriksa sisa pulsa. Bila pulsa habis, pastinya Anda tidak bisa mengirimkan pesan. Beberapa pesan, seperti OTP dan juga layanan perbankan juga sering kali tidak bisa diterima ketika tidak memiliki pulsa.

3. Ubah Pengaturan Layanan SMS

Jika Anda sudah memastikan dua poin di atas namun ponsel tetap juga tidak bisa mengirim dan menerima SMS, bisa jadi ada masalah lain. Langkah selanjutnya Anda bisa mengubah pengaturan pada fitur layanan SMS.

Untuk menerima dan mengirim pesan di smartphone Android, Anda harus lebih dulu memberikan izin pada aplikasi. Caranya di bawah ini:

  1. Buka Pengaturan atau Settings.
  2. Setelah itu pilih menu Lainnya atau Other.
  3. Klik pada sub menu Aplication Manager atau Manajer Aplikasi.
  4. Pilih All atau Semua Aplikasi.
  5. Di daftar aplikasi yang terinstal di ponsel, pilih Message atau Pesan.
  6. Setelah itu di halaman pengaturan, berikan izin untuk Always Allow atau Selalu Bolehkan.

Pengaturan ini memastikan aplikasi pesan akan bisa mengirim dan menerima SMS.

4. Ubah Pengaturan Jaringan

Penyebab lain mengapa ponsel tidak bisa mengirim dan menerima pesan adalah karena perubahan pada pengaturan jaringan. Anda mungkin ingin mendapatkan koneksi internet lebih cepat. Sehingga mengubah pengaturan jaringan menjadi 4G Only. Namun tanpa diduga, pengaturan jaringan ini justru menyebabkan ponsel tidak bisa lagi mengirim dan menerima pesan.

Di bawah ini merupakan langkah-langkah untuk melakukan perubahan pada pengaturan jaringan di ponsel.

  1. Buka Setting atau Pengaturan.
  2. Pada menu Kartu SIM, pilih Pengaturan Jaringan Seluler.
  3. Setelah itu pilih Pengaturan Jaringan.
  4. Di halaman selanjutnya, Anda bisa memilih jaringan lain selain 4G Only.

Jaringan 4G Only belum bekerja maksimal untuk beberapa operator di Indonesia. Akibatnya, pengguna menjadi tidak bisa menggunakan fitur pesan dan panggilan. Pengaturan jaringan lainnya yang bisa digunakan antara lain 3G Only atau Otomatis.

5. Ubah Konfigurasi SMSC

SMSC merupakan pengaturan penting agar HP bisa mengirim dan menerima pesan. Konfigurasi ini berupa nomor telepon, yang merupakan pusat bagi para provider. Sehingga masing-masing provider menggunakan nomor berbeda untuk konfigurasi SMSC.

Anda bisa memeriksa nomor SMSC operator yang Anda gunakan. Setelah itu ubah konfigurasi pengaturan SMSC di ponsel.

Cara di atas merupakan langkah-langkah paling mudah untuk mengatasi masalah HP tidak bisa mengirim dan menerima pesan. Semoga cara di atas berguna bagi Anda!

Exit mobile version