Snapdragon dan MediaTek, Ini Sisi Kelebihan dan Kekurangan Keduanya!

Snapdragon dan MediaTek

Palingit.comSnapdragon dan MediaTek sering kali dibanding-bandingkan serta dipertanyakan para pengguna yang berencana membeli smartphone Android terbaru. Beragam prosesor HP, dua merk yang paling terkenal adalah Snapdragon serta MediaTek.

Namun kedua merk ini sama-sama menjadi favorit, sehingga tidak jarang menimbulkan kebingungan saat harus memilih di antara keduanya. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa menjadi bahan pertimbangannya.

Snapdragon vs MediaTek

MediaTek adalah salah satu perusahaan manufaktur asal Taiwan, yang fokus dalam produksi beragam barang semikonduktor. Salah satu yang menjadi kekhususannya adalah prosesor Android Helio MediaTek. Mediatek merupakan merek  prosesor yang lebih fokus ke kalangan kelas menengah.

Snapdragon adalah merek prosesor HP asal Amerika Serikat yang dirancang oleh perusahaan Qualcomm. Prosesor ini sering ditanamkan di beragam smartphone serta tablet. Snapdragon juga dirancang dan fokus pada kelas menengah ke atas, sehingga membuat harganya menjadi lebih mahal.

Kelebihan MediaTek

Snapdragon dan MediaTek tentu saja memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, walaupun memiliki target kelas yang berbeda. Prosesor MediaTek sama populernya dengan Snapdragon. Bahkan, beragam HP gaming murah Mediatek memang sudah didominasi olehnya.

Memang masih banyak yang ragu dengan kinerja prosesor Mediatek, tapi tentu saja prosesor ini mempunyai beragam kelebihan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan prosesor Mediatek untuk memudahkan Anda membandingkan Snapdragon vs MediaTek.

Kekurangan Mediatek

Tentu saja setiap prosesor tidak hanya mempunyai kelebihan saja, begitu juga prosesor Mediatek yang mempunyai beberapa kekurangan. Hal ini dapat menjadi pembanding bagi Anda yang bingung memilih prosesor. Berikut adalah beberapa kekurangan prosesor smartphone Mediatek.

Kelebihan Snapdragon

Setiap prosesor smartphone tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, walaupun MediaTek memang menyasar kalangan atas. Snapdragon juga salah satu prosesor populer. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangannya sebagai pembanding Snapdragon vs MediaTek.

Kekurangan Snapdragon

Tidak cuma memiliki kelebihan saja, prosesor smartphone Snapdragon juga mempunyai beberapa kekurangan. Hal ini sangatlah wajar bahkan bisa menjadi pembanding bagi Anda yang bingung memilih prosesor. Berikut beberapa kekurangan prosesor HP Snapdragon.

Chipset Snapdragon dan MediaTek

Chipset yang diproduksi MediaTek menjadi salah satu yang dominan di kelas ini, terutama buat model MediaTek Helio G. Versi yang paling populer yaitu Helio G90T pada smartphone Redmi Note 8 Pro. Chipset ini membantu kinerja HP sampai 60 frame per detik saat bermain game PUBG Mobile.

Selain itu, ada versi lain yaitu Helio G80 serta Helio G85. Sedangkan Snapdragon juga mengeluarkan model seperti Snapdragon 720G, 460, serta 662. Walaupun performa chipset ini masih kalah dibandingan Helio tapi dalam produktivitasnya Snapdragon lebih unggul.

Jadi bagi pengguna yang lebih fokus dan mencari smartphone gaming untuk kelas menengah, Anda dapat memilih Helio G-series. Tapi jika ingin mencari smartphone buat kegiatan sehari-hari, misalkan untuk bermain media sosial atau menonton video, Anda dapat memilih Snapdragon 765G.

Untuk smartphone model flagship, salah satu yang paling populer adalah seri Snapdragon 800. Versi terakhir chipseat Snapdragon yaitu Snapdragon 865 yang berada di bawah chipset Kirin 9000. Namun Qualcomm baru mengumumkan akan mengeluarkan Snapdragon 888 di tahun 2021.

Penutup

Dalam hal performa, prosesor Snapdragon memang cocok buat gaming. Karena nilai skor AnTuTu Snapdragon lebih tinggi dibandingkan Mediatek. Jika ingin mengetahui yang lebih unggul Snapdragon dan MediaTek semuanya tergantung kebutuhan penggunanya.

Exit mobile version