Penjelasan Password dan Kesalahan dalam Membuat Kata Sandi

penjelasan password

Palingit.com – Setelah membahas apa itu username, dilanjut dengan penjelasan password. Ya, karena di mana ada username maka tidak lain pasangannya ialah password.

Secara umum, untuk mendapatkan akun suatu platform maka setiap pengguna harus menentukan username beserta kata sandi atau password. Tentunya ini sulit bagi kamu yang baru meluncur ke dunia maya. Namun jangan khawatir, karena sifatnya dasar, username dan password adalah suatu hal yang sangat penting untuk diketahui.

Apa Itu Password

Password merupakan serangkaian kombinasi huruf dan angka (bisa saja simbol) yang dipakai untuk keamanan akses akun platform tertentu. Password sifatnya sangat rahasia, tidak boleh diketahui siapa pun kecuali pemiliknya.

Resiko sangat besar apabila password diberikan kepada orang asing seperti kemungkinan semua data dan informasi penting dapat dicuri dan disalahgunakan. Maka dari itu, buatlah password seaman mungkin.

Kesalahan dalam Membuat Password

Berikut di bawah ini terdapat beberapa kesalahan pengguna dalam memilih password:

Membuat Password Lebih Mudah Ditebak

Hal yang salah dalam membuat password adalah dengan memilih lebih mudah ditebak seperti nama lengkap hingga tanggal lahir.

Memang ini sangat mudah diingat, namun orang yang tak bertanggungjawab justru senang dengan ini. Ya, karena dapat dengan mudah membobol akun pengguna.

Kata sandi lain yang mudah ditebak adalah memasukkan hobi, nama orang tua, tanggal lahir, dan hal apa pun sekiranya sudah familiar di kalangan warganet.

Tidak Dikombinasikan dengan Angka dan Simbol

Dalam membuat password, sangat disarankan mengombinasikan huruf kecil, huruf besar, angka, dan simbol. Meskipun terlihat kompleks, ini bertujuan menjaga keamanan akun kamu dari pembajak.

Terlebih jika akun tersebut berisi data pribadi penting, tentunya harus dilengkapi berbagai verifikasi lanjutan juga apabila ada seseorang yang mencoba login ke akun kamu. Verifikasi lanjutan contohnya seperti verifikasi OTP, ya!

Membuat Password yang Familiar

Password dengan urutan angka seperti “12345678” atau bahkan huruf keyboard “qwertyuiop” sangat mudah diingat. Meski begitu, tipe password seperti itu tentu mudah ditebak seseorang.

Jangan pernah memakai password demikian, karena password tak seharusnya diketik dengan mudah. Apabila kamu seorang pelupa, catat saja pada buku pribadi atau di aplikasi catatan bawaan HP.

Karakter Password Terlalu Pendek

Aspek paling penting dalam membuat password adalah dengan membuatnya sepanjang mungkin. Makin panjang, dilanjut dengan huruf kecil, besar, angka, dan simbol maka makin sulit pula dibobol orang lain.

Jadi secara logika, tak ada password yang buruk daripada password dengan karakter pendek. Jika password kamu masih sekitar 6-8 karakter, sebaiknya ubahlah jadi 10-12 karakter. Setidaknya jangan beri jalan pembobol mengetahui password kamu dengan gampang.

Menyamakan Password untuk Semua Akun

Kesalahan umum lainnya dalam membuat password ialah menyamakan kata sandi untuk semua akun. Nah, kalau sudah begini tentu sang pembajak akan lebih mudah meretas semua akun pengguna.

Maka dari itu, alangkah lebih baik memiliki password berbeda untuk setiap akun. Sebab, dalam mencari username pasti sangat mudah karena sifatnya terbuka. Berbeda halnya dengan password yang sangat rahasia.

Akhir Kata

Kesimpulannya password adalah serangkaian kombinasi huruf dan angka yang dirancang untuk keamanan suatu akun tertentu. Password sifatnya rahasia sehingga tidak boleh satu orang pun mengetahuinya.

Nah, artikel ini bertujuan untuk menjelaskan perihal password serta beberapa kesalahan dalam membuat password, mengingat masih banyak pengguna merasa akunnya diretas oleh orang tidak dikenal. Jadi, bijaklah dalam memilih password, ya!

Exit mobile version