Mengenal Apa Itu Username dan Kegunaannya

Pengertian Username

Palingit.com – Pengertian Username – Selama kita berselancar di dunia Internet tentunya tidak akan dilewatkan untuk memasukkan username dan password seperti halnya di Facebook, Twitter, maupun Instagram. Ya, tujuannya adalah guna bisa memakai aplikasi tersebut.

Pada saat pertama kali mendaftar di platform tertentu, umumnya kita harus membuat username yang unik atau belum pernah dipakai pengguna lain. Namun, apa sih pengertian username itu? Kegunaannya apa saja? Dan mengapa username tidak boleh sama dengan pengguna lain? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Apa Itu Username?

Username (nama pengguna) merupakan nama unik yang dibuat oleh pengguna platform, baik memakai huruf, angka, dan simbol yang berfungsi sebagai identitas akun selain password untuk kepentingan login. Selain itu, username juga sangat berguna untuk memudahkan pencarian pengguna satu sama lain.

Username tidak boleh ada yang sama di suatu platform khusus. Misalnya saja mendaftar akun baru di Instagram, kamu ingin memakai dengan username @doni, akan tetapi nama tersebut telah dipakai oleh pengguna lain.

Nah, maka dari itu kamu tidak diperbolehkan menggunakan username tersebut, namun boleh memakai username yang mirip seperti dengan menambahkan angka maupun simbol, contohnya @doni_776. Ini dikarenakan username sifatnya sangat unik, yang hanya boleh dimiliki oleh satu pengguna saja.

Alasan Penggunaan Username dalam Suatu Platform

Di bawah ini ada beberapa alasan penggunaan username, baik dari segi pengguna maupun pemilik platform.

Lebih Mudah Digunakan

Untuk mendaftarkan suatu akun pastinya mengharuskan kita mengisi beberapa info penting seperti email, username, password, dan nomor telepon.

Nah, data tersebut nantinya dapat digunakan kembali ketika kamu login di aplikasi tersebut. Supaya lebih mudah, maka proses login cukup menggunakan username dan password saja, tidak perlu mengisi ulang nama lengkap maupun email.

Oleh karena itu, dengan adanya username tentu memudahkan kita untuk login serta melakukan pencarian pengguna lain. Username juga sangat mudah dieja, tidak seperti nomor HP ataupun alamat email.

Gampang Diingat

Tekait dengan poin sebelumnya, dikarenakan unik dan sederhana, username cenderung lebih gampang diingat.

Terlebih jika username dipakai dari nama panggilan atau hal-hal yang mudah kita ingat. Dan bukan dari kamu saja, teman-temanmu ketika mencari akun kamu juga akan jadi mudah, yakni dengan memasukkan username.

Ketahui juga bahwa username ada yang bisa diubah ada juga yang tidak bisa alias permanen. Jadi, buatlah username akun sosial media kamu seunik dan semudah mungkin, ya!

Agar Terlihat Menarik

Dalam pembuatan username cenderung beragam, kamu bisa menggunakan angka atau simbol keren sesuai keinginan. Ini tentu akan membuat username menjadi sedikit lebih menarik.

Bukan hanya itu, di beberapa aplikasi juga username biasanya akan muncul sebagai data profil akun. Seperti contohnya di akun Twitter, Instagram, dan TikTok. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai salah satu cara branding sehingga membuat username mereka dikenal banyak orang.

Akhir Kata

Artikel singkat ini dibuat guna mengetahui definisi username serta beberapa kegunaannya. Kesimpulannya, username adalah data yang dipakai untuk suatu identitas sebuah akun pengguna dari platform tertentu.

Selain bertujuan untuk login dan sebagai identitas profil, username juga berfungsi mempermudah pencarian data pengguna. Jadi, enggak heran sekarang para pemilik platform mulai mengutamakan penggunaan username sebagai identitas login ketimbang email.

Exit mobile version