Mengatasi iPhone Sering Restart atau Mengalami Crash Secara Tiba-tiba

Mengatasi iPhone Sering Restart atau Mengalami Crash Secara Tiba-tiba

iPhone sering restart crash menjadi permasalahan pelik yang bikin pusing. Begini cara mengatasi permasalahan ini.

Siapa sih yang tidak kesal bila ponsel mereka sering kali tiba-tiba crash atau restart sendiri. Terlebih bila hal ini terjadi berkali-kali dan seringnya tanpa penyebab yang jelas.

Anda pun sudah tentu akan bertanya-tanya, apa kiranya yang menjadi penyebab iPhone sering restart dan crash sendiri ini. Bahkan bukan tidak mungkin, Anda akan mengira bahwa iPhone mengalami kerusakan parah.

Hal tersebut memang tidak salah. iPhone yang berfungsi dengan normal memang seharusnya tidak mengalami restart atau crash secara tiba-tiba. Bila iPhone sering kali restart dan crash ketika digunakan, maka bisa jadi mengalami kerusakan. Entah itu kerusakan hardware maupun software.

Namun meski begitu, tidak perlu panik dulu. Di bawah ini merupakan ulasan mengenai penyebab dan bagaimana cara mengatasi iPhone sering restart dan crash tiba-tiba.

Penyebab iPhone Crash Tiba-tiba

Apa yang sebenarnya menyebabkan iPhone tiba-tiba saja restart dan crash? Ada dua masalah yang pasti, yaitu kerusakan pada hardware maupun software.

1. Kerusakan Software

Berbeda dengan Android, iPhone menggunakan sistem operasi dari software besutan mereka sendiri, iOS. Meski digadang-gadang sistem operasi ini lebih stabil dari Android, namun bukan berarti iOS benar-benar tidak bermasalah.

Pada kenyataannya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan iOS menjadi rusak, tidak stabil, hingga akhirnya menyebabkan iPhone mengalami crash.

Kerusakan iOS disebabkan karena beberapa hal. Salah satu penyebab paling utama adalah proses pembaharuan. Entah itu proses update iOS yang belum sempurna. Maupun iOS yang digunakan di iPhone butuh pembaruan.

Sebagai produsen, Apple memang secara berkala merilis versi terbaru dari iOS. Perubahan-perubahan di versi terbaru inilah yang sering kali menyebabkan crash bila proses update tidak berjalan sempurna.

2. Kerusakan Hardware

Hardware yang rusak juga bisa menjadi penyebab iPhone sering crash dan restart sendiri. Berbeda dengan kerusakan pada software, kerusakan hardware disebabkan karena berbagai hal berbeda. Selain juga sebagian besar kerusakan ini disebabkan oleh pengguna sendiri.

Kerusakan hardware yang paling sering menyebabkan iPhone crash adalah masalah pada kelistrikan atau baterai. Hal ini bisa disebabkan karena pengguna mengganti baterai iPhone dengan bukan produk original. Hingga menggunakan kabel charge abal-abal. Bukannya kabel charge original dari Apple.

Selain itu, kebiasaan menggunakan iPhone ketika di-charge juga dipercayai bisa menyebabkan hardware ponsel rusak. Hingga akhirnya sering mengalami crash.

Cara Mengatasi iPhone Sering Restart Crash Sendiri

Setelah memahami permasalahan yang menyebabkan iPhone sering restart crash sendiri di atas, selanjutnya tentu bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba.

1. Lakukan Update iOS

Seperti disebutkan di atas, salah satu penyebab mengapa iPhone mengalami crash sering kali karena memerlukan update pada sistem operasi. Untuk itu, pastikan Anda selalu meng-update sistem operasi iOS pada iPhone dengan versi terbaru yang tersedia.

Melakukan update iOS sebenarnya sangat mudah. Anda hanya harus memastikan daya baterai iPhone terisi dengan penuh dan tidak akan habis selama proses update berjalan. Selain itu pastikan juga koneksi internet cepat agar proses download lancar.

Untuk itu sebaiknya selama charge iPhone selama proses berjalan. Untuk memastikan koneksi internet stabil, Anda juga dianjurkan untuk menggunakan wi-fi daripada jaringan data.

Berikut ini langkah-langkah untuk update iOS iPhone.

  1. Pastikan charge iPhone lebih dulu lalu sambungkan ke koneksi wi-fi.
  2. Setelah itu bukan app Settings atau Pengaturan.
  3. Masuk ke menu General.
  4. Kemudian klik sub-menu Software Update.
  5. Bila terdapat pilihan untuk update iOS ke versi terbaru, klik tombol Install Now.
  6. Selanjutnya Anda bisa melihat perubahan apa saja yang akan diberikan pada versi iOS terbaru ini.
  7. Langkah berikutnya klik tombol Download and Install.
  8. Biarkan proses download berjalan lalu klik tombol Install Now.

Proses update iOS biasanya memakan waktu mulai dari beberapa menit hingga jam. Tunggu hingga proses selesai dan jangan memaksa mematikan ponsel.

Setelah sistem operasi diperbarui, kembali cek apakah iPhone masih sering mengalami crash atau restart sendiri. Bila sudah tidak, maka masalah tersebut bisa saja disebabkan karena bug di sistem operasi versi sebelumnya.

2. Factory Reset

Namun bagaimana bila update iOS tidak menyelesaikan masalah pada iPhone yang sering crash? Bila ini terjadi, maka tidak ada pilihan lain selain melakukan factory reset.

Factory reset akan mengembalikan pengaturan ponsel ke setelan pabrik. Ini berarti semua file, data, aplikasi di iPhone akan hilang.

Untuk itu sebelum melakukan langkah ini, pastikan sudah melakukan backup data-data iPhone lebih dulu. Anda bisa melakukan backup langsung di iPhone maupun melalui cara-cara lain.

Jika sudah melakukan backup, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka app Setting atau Pengaturan.
  2. Pilih menu General.
  3. Scroll hingga bagian bawah dan klik pilihan Reset.
  4. Di bagian ini akan ada beberapa pilihan reset. Pilih opsi Reset All Settings.

Cara ini akan mengembalikan iPhone ke setelan pabrikan semula. Bila iPhone menjadi crash karena kerusakan software, maka cara ini dipastikan akan bisa memperbaiki.

3. Cek Keadaan Baterai

Bila Anda sering kali mengalami restart dan juga baterai iPhone yang boros, maka bisa dipastikan terjadi kerusakan pada daya. Entah itu kerusakan baterai atau sistem kelistrikan di ponsel.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa mencoba dengan memeriksa keadaan baterai terlebih dulu. Cek baterai health iPhone apakah berada di persentase tinggi atau malah sudah terlalu rendah.

Selain itu Anda juga bisa memeriksa keadaan fisik baterai. Misalnya saja apakah baterai melembung, bocor, dan lain-lain.

Bila terdapat masalah pada baterai, maka cara termudah tentu saja dengan mengganti baterai iPhone. Harga untuk mengganti baterai iPhone memang cukup mahal. Namun ini akan membantu mengatasi masalah ponsel yang sering crash atau restart sendiri.

4. Cek Logic Board

Kerusakan lain yang menyebabkan crash adalah masalah pada logic board iPhone. Permasalahan fisik ini terjadi karena beberapa alasan berbeda. Mulai dari iPhone yang pernah jatuh, kebiasaan menggunakan charger tidak original, hingga ponsel terkena air.

Seperti juga baterai, tidak ada cara lain untuk mengatasi permasalahan ini selain dengan mengganti logic board. Sebaiknya ganti logic board di service center resmi Apple. Sehingga Anda yakin dengan keaslian sparepart yang digunakan.

Cara Agar iPhone Tidak Sering Crash

Ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan agar iPhone tidak sering crash. Tentunya cara ini hanya bisa dilakukan sebelum iPhone sering restart crash sendiri.

Cara-cara mengantisipasi iPhone agar tidak crash ini seperti dengan memastikan untuk melakukan update pada sistem operasi iPhone. Selain itu sebaiknya juga tidak menggunakan produk iPhone lama yang sudah tidak lagi mendapatkan pembaharuan sistem operasi dari Apple.

Untuk mengantisipasi pula, selalu gunakan sparepart resmi dari Apple. Baik itu ketika perbaikan iPhone maupun aksesoris yang digunakan.

Exit mobile version