3 Cara Melihat Kapasitas RAM HP Android dengan Mudah [100% Berhasil]

melihat RAM HP android

Palingit.com – Semakin hari varian spesifikasi yang ditawarkan beberapa vendor HP Android rasanya makin beragam saja. Entah itu dari segi performa, layar, baterai, ketahanan, kapasitas internal, dan fitur menarik lainnya.

Sama halnya RAM, juga tersedia banyak sekali ukuran variannya mulai dari terendah sampai tertinggi.

Karena kapasitasnya beranekaragam, tidak jarang pengguna HP Android justru belum mengetahui berapa RAM total pada HPnya sendiri. Saya turut prihatin.

Lalu, bagaimana cara melihat RAM HP? Simak artikel ini sampai habis agar kamu tahu berapa kapasitas RAM HP Android kesayanganmu. Selain itu, mengetahui RAM HP juga dapat memberi banyak manfaat yang akan diperoleh.

Cara Melihat RAM HP Android

Melihat RAM HP merupakan hal penting karena kita akan lebih mudah memahami batas maksimal kinerja pada HP Android. Misalnya ingin menginstal aplikasi atau game berat, kita jadi tahu apakah HP ini cukup mampu atau tidaknya.

Tak perlu basa-basi lagi, berikut cara melihat RAM HP melalui beberapa metode mudah di bawah ini.

Melalui Setelan Android

Sebagian HP Android biasanya mempunyai opsi untuk melihat ukuran RAM pada HP. Namun tak menutup kemungkinan opsi ini tidak disediakan oleh beberapa HP sebab alasan tertentu, bergantung pada OS Kustom yang digunakan.

Pengecekan ini dapat dilakukan di semua versi Android, mulai dari terlama hingga terbaru. Tetapi caranya mungkin berbeda.

Bagi yang masih memakai versi Android lama bisa coba mengikuti langkah berikut:

Nah, bagi yang menggunakan versi Android terbaru bisa mengikuti salah satu cara berikut ini:

Kedua langkah tersebut dapat kamu coba pada semua tipe HP apapun. Namun, jika masih bingung dan ingin instan saja, mungkin cara di bawah ini bisa membantu.

Memakai Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

Pihak ketiga? Siapakah itu? Jawabannya CPU-Z! Ya, kamu mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi ini. CPU-Z merupakan aplikasi dirancang khusus untuk mengecek spesifikasi keseluruhan dari HP Android. Informasi lengkap mungkin bisa ditangkap oleh program ini, tetapi ketidaksempurnaan tentu ada. Misalnya penggunaan CPU kurang akurat, baterai tidak sinkron, dan lain-lain.

Dari aplikasi ini, ukuran RAM HP Androidmu akan ditampilkan secara instan tanpa perlu repot-repot mencari di setelan. Ini tentu terjamin bagi kamu yang malas melihat RAM HP secara tidak instan. RAM HP ditampilkan CPU-Z kira-kira seperti ini:

Cek RAM HP via CPU-Z

Mengecek Lewat Kotak HP

Apabila kamu ingin sekadar tahu saja berapa kapasitas RAM HP Android, maka cobalah melihatnya lewat dus box HP pada saat pembelian.

Di kotak tersebut biasanya tertulis deretan spesifikasi meliputi kapasitas baterai, penyimpanan, dan total RAM HP meskipun hanya tertulis kapasitas sepenuhnya saja seperti 512MB, 1GB, 2GB, 3GB, dan seterusnya.

Manfaat Mengetahui RAM HP Android

Setelah mengetahui RAM pada HP Android, beberapa manfaat ini dapat kamu peroleh, di antaranya:

Mengetahui Varian yang Dipakai

Ada banyak produsen HP Android menawarkan spesifikasi berbeda karena RAM yang ditawarkan. Contohnya pada HP dengan RAM 2GB hanya dibekali prosesor 1,8Ghz saja, sedangkan pada varian RAM 3GB akan disediakan prosesor 2Ghz bahkan lebih. Nah, tentu ini dapat mempermudah kamu mengetahui spesifikasi smartphone dipakai saat ini. Selain itu, juga memudahkan kamu ketika HP bakal dijual pada orang lain.

Mudah Dioptimalkan

Saat ingin membuka aplikasi secara serentak, tentu kamu wajib tahu kapasitas RAM HP agar tidak terjadi lagging/freeze ketika menjalankan sebuah aplikasi. Kinerja HP Android pun enggak mudah terbebani apabila pemiliknya bisa mengatur batasan-batasannya dengan baik.

Melihat Penyebab Error Aplikasi Tertentu

Sama seperti poin sebelumnya, di mana HP Android tak akan merasa dibebankan jika penggunanya dapat mengoptimasi. Ini karena sebagian besar aplikasi error (misalnya force close) dikarenakan masalah RAM penuh. Nah, maka dari itu dengan melihat RAM HP Android, kamu bisa mengeceknya di manajer RAM sembari mengatasi masalah tersebut.

Akhir Kata

Mungkin seperti itu beberapa manfaat dan cara melihat kapasitas RAM pada HP Android 100% berhasil. Cara di atas sangat ampuh untuk semua varian HP Android (sebut saja Samsung, Xiaomi, Realme, Oppo, Vivo, Huawei, Asus, dan lain-lain).

Exit mobile version